Memahami Peran Pepohonan dalam Kehidupan Pada Hari Hutan Sedunia!

0
884
Hari hutan Sedunia

Hari Hutan Internasional adalah hari hutan sedunia dimana hari tersebut melakukan promosi terkait pentingnya hutan dan pepohonan dalam kehidupan yang kita miliki ini. Hari yang membicarakan isu-isu sentra seperti deforestasi dan pengembalian hutan pada fungsi aslinya. 

Diawali melalui resolusi Majelis Umum PBB di tanggal 28 November 2012 lalu, Hari Hutan Internasional diperingati setiap 21 Maret. Setiap tahunnya juga para aktivis lingkungan merayakan hari tersebut sebagai pengingat akan pentingnya pohon tumbuhan untuk generasi sekarang dan masa depan.

Fakta Penting Seputar Hari Hutan Sedunia

  • Setiap tahunnya lebih dari 13 juta hektar wilayah hutan hilang atau terbakar. Padahal seperti yang kita ketahui hutan ini memiliki peran penting dalam perubahan iklim termasuk pemanasan global. Deforestasi ini juga menghasilkan 12% hingga 18% emisi karbon dunia atau hampir sama dengan semua CO2 dari sektor transportasi global.ini juga sama pentingnya dimana hutang yang sehat adalah salah satu cara untuk menyerap karbon primer di dunia.
  • Saat ini hutan mencakupi hingga sepertiga dari daratan di dunia. Sekitar 1,6 miliar orang termasuk lebih dari 2000 budaya pribumi juga bergantung kepada hutan untuk penghidupannya. Karena itu, hutan ini sangat penting bagi planet kita mengingat hutan dapat menyediakan tempat berlindung bagi para spesies hewan darat, tumbuhan dan serangga, berkontribusi pada keseimbangan oksigen, karbondioksida serta kelembaban di udara dan melindungi daerah aliran sunga sebagai pemasok air bersih.
  • Merayakan hari hutan sedunia PBB bekerja dengan pemerintah, organisasi masyarakat dan masyarakat umum untuk mempromosikan kegiatan lokal dan global untuk hari hutan sedunia. Kegiatannya meliputi kampanye penanaman pohon, pameran foto yang melukiskan pentingnya hutan serta pepohonan dan berbagi informasi melalui berbagai macam media.
  • Berawal dari Inggris di tahun 2007 dimana dua ilmuwan merasa bahwa orang-orang mulai meremehkan pentingnya hutan dalam mengurangi emisi karbon serta melihat kebutuhan yang mencolok untuk penelitian kehutanan terbaru serta berpikir untuk menginformasikan pembuat kebijakan global dan negosiator UNFCCC.  Mereka tidak tahu terlebih dahulu bahwa konferensi tersebut akan menjadi salah satu peristiwa global paling berpengaruh mengenai hutan dan perubahan iklim hari ini. 

Hari hutan juga pertama kali diadakan di Bali, Indonesia (2007), hari hutan kedua diadakan di Poznan, Polandia (2008), hari hutan ketiga diadakan di Copenhagen, denmark (2009), hari hutan keempat diadakan di Cancun, Meksiko (2010), hari hutan kelima diadakan di Durban, Afrika Selatan (2011), hari hutan keenam diadakan di Doha, Qatar (2012). 

Pada tahun 2013, hari hutan bergabung dengan hari pengembangan pertanian dan pedesaan untuk membentuk Forum Bentang Alam Global dengan acara peresmian yang diadakan di Warsawa, Polandia bersamaan dengan Konferensi Perubahan Iklim PBB 2013.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 18% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/