Lebih Jauh Mengenal Sejarah Hari Perawat Nasional!

0
1387
Hari Perawat Nasional

Sudah genap 1 tahun Covid-19 berada di Indonesia, ya adanya Covid-19 ini juga memang membuat segala dampak dalam aspek kehidupan nasional berubah terutama mereka para garda terdepan yaitu para tenaga kesehatan (nakes). Selama Covid-19 ini mungkin mereka menjadi orang yang paling sibuk mengurus berbagai macam kebutuhan bagi orang-orang yang terdampak virus ini. 

Sebagai bentuk apresiasi untuk para perawat nasional, maka ditetapkan tanggal 17 Maret sebagai Hari Perawat Nasional.

Sejarah Hari Perawat Nasional!

17 Maret 1974 adalah hari dimana terbentuknya organisasi profesi perawat yang diberi nama yaitu PPNI atau Persatuan Perawat Nasional Indonesia. Jauh sebelum penetapan Hari Perawat Nasional organisasi perawat di Indonesia memang sudah berkembang pesat dahulu.

Sejak zaman penjajahan dahulu perawat di Indonesia sudah ada dengan nama Residen Vpabst (1819) di Batavia saat itu berubah menjadi Stadsverband (1919) dan berubah menjadi CBZ (Central Burgerlijke Zieken Inrichting). Lokasinya di daerah Salemba yang saat ini menjadi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Pada saat itu perawat sudah memiliki suatu perkumpulan sebagai wadah untuk menjalankan pergerakan dalam menentukan martabat profesi perawat. Ketika itu terdapat beberapa organisasi diantaranya perkumpulan kaum Verplegerfster Indonesia (PKVI), Persatuan Djuru Kesehatan Indonesia (PDKI). Ada pula Persatuan Perawat Indonesia (PPI), Ikatan Perawat Indonesia (IPI).

Organisasi-organisasi perawat tersebut saat itu mengadakan pertemuan dimana dihadiri oleh IPI, PPI dan PDKI. dihadiri juga oleh Ojo Radiat, HB. Barnas dan Drs. Maskoed Soerjasumantri sebagai pimpinan sidang. Mereka bersepakat untuk melakukan fusi organisasi dan menyatukan diri dalam satu wadah organisasi yang saat itu masih bernama Persatuan Perawat Nasional.

Baca juga: Macam Macam Asuransi Yang Berkembang di Indonesia

Penggabungan atau fusi organisasi perawat tersebut dilakukan di Ruang Demonstration Jalan Prof. Eykman Nomor 34 Bandung Jawa Barat. Sejak itu tanggal 17 Maret 1974 disetujui dan dilakukan pernyataan bersama terbentuknya Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). Serta, membentuk suatu kepanitiaan untuk mempersiapkan kongres pertama yang dilangsungkan pada tahun 1976.

Itulah sedikit sejarah terkait perawat dan Hari Perawat Nasional. Ingat! Mereka adalah garda terdepan dalam penanganan Covid-19 dan mereka juga berada dalam risiko yang paling tinggi terpapar virus Corona. Namun, dengan tanggung jawab profesional yang dimiliki menuntunnya untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Karenanya, dukungan dari berbagai pihak dapat terus diberikan agar semua perawat dan tim kesehatan dapat tetap merawat bangsa ini agar kondisi dapat aman, sehat dan tentunya sejahtera. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 18% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]