Harga Emas 24 Karat Hari Ini: Update Harga Emas Antam dan Logam Mulia Lainnya secara Real-time

0
515
Harga Emas 24 Karat Hari Ini

Selain terhindar dari inflasi, keuntungan berinvestasi pada emas bisa disetarakan dengan dana tunai karena lebih mudah dicairkan. Anda bahkan bisa menjual dan menggadaikan emas jika butuh dana darurat.

Harga emas 24 karat hari ini mengalami perubahan yang signifikan jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Ada kenaikan sebesar Rp6.767,87 hingga harga emas hari ini 1 gr untuk 24 karat kini di angka Rp950.284,55 atau sekitar USD63,55.

Harga tersebut bisa naik ataupun turun untuk hari besok. Selengkapnya, tentang harga emas 24 karat, bisa Anda cek informasinya berikut ini. 

Serba-serbi Pasar Emas dan Emas 24 Karat

Emas menjadi salah satu aset berharga yang digunakan untuk investasi. Ini karena emas dianggap aman apalagi untuk investasi bagi orang awam dan tidak mau mengambil resiko. 

Di pasar emas sendiri, emas memiliki pergerakan yang cukup statis. Jikapun ada kenaikan atau penurunan, jarang yang mengalami perubahan yang terlalu mencolok. 

Untuk investasi itu sendiri, ada beberapa pilihan jenis emas berdasarkan dari tingkat kemurniannya.

Emas 24 karat adalah emas dengan kemurnian paling sempurna (99%) dan menjadi salah satu yang banyak diincar. Namun, semakin tinggi karat atau semakin sedikit tingkat campuran pada emas, maka harganya akan semakin tinggi. 

Lalu, apa kelebihan emas 24 karat? Kenapa banyak orang yang memilih emas 24 karat untuk investasi?

Hal tersebut karena emas 24 karat memiliki keunggulan seperti berikut ini:

  • Mudah dicairkan. Artinya, Anda bisa mencairkan uang dari hasil investasi emas 24 karat di mana saja dan kapan saja. 
  • Memiliki nilai yang stabil dan lebih tahan terhadap inflasi. 
  • Mudah untuk Anda simpan. 
  • Bisa Anda gunakan sebagai dana darurat.
  • Mudah untuk Anda temukan atau beli baik secara offline ataupun online.

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi pada emas, tentu Anda perlu memantau harga emas 24 karat hari ini berapa, secara berkala. 

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Harga Emas

Walaupun bisa dikatakan stabil, tetapi harga emas di pasaran mengalami perubahan yang cukup signifikan. Memantau harga emas 24 karat hari ini akan sangat berguna bagi Anda yang memilih instrumen investasi ini. Sebab, harga buyback emas hari ini tentu akan berbeda dengan harga emas beberapa jam setelahnya. 

Lantas, apa yang menyebabkan naik turunnya harga emas di pasaran?

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga emas, termasuk harga jual emas perhiasan hari ini 24 karat, yaitu:

1. Kondisi Global yang Tidak Stabil

Dalam hal ini, tidak hanya ekonomi tapi juga politik, krisis global hingga adanya resesi dan perang jadi faktor eksternal. Ini karena emas dianggap memiliki nilai tetap dan terjaga serta permintaan emas akan selalu ada. 

Dengan kata lain, walaupun ada perubahan pada harga emas, tapi tetap ada pergerakan karena selalu ada permintaan. 

2. Permintaan dan Penawaran Emas

Hukum penawaran dan permintaan berlaku dan sangat memengaruhi harga emas. Ketika banyak yang membutuhkan emas, maka harga emas akan lebih tinggi. Sedangkan jika nilai penawarannya lebih besar, maka harganya akan semakin turun. 

Ini sebabnya, penting untuk mengecek harga emas 24 karat hari ini. Namun karena emas termasuk logam mulia dan jumlahnya terbatas, maka tidak bisa dipungkiri, jika harganya cenderung semakin tinggi. 

3. Kebijakan Moneter

The Fed atau Federal System atau bank sentral Amerika Serikat merupakan pihak yang paling memengaruhi kebijakan harga emas. The Fed menerapkan kebijakan moneter yang bisa menaikkan dan menurunkan suku bunga. Jika suku bunga turun, maka ada potensi jika harga emas akan naik. 

Baca juga: Pengertian, Cara Menghitung Inflasi, serta Cara Negara Mengatasinya

4. Inflasi

Walaupun tahan terhadap inflasi, bukan berarti inflasi tidak akan memengaruhi harga emas sama sekali. 

Semakin tinggi inflasi maka harga emas akan semakin tinggi. Hal ini disebabkan karena masyarakat memilih untuk menyimpan aset selain bentuk uang. Karena permintaan semakin tinggi, maka harganya pun akan semakin meningkat. 

5. Nilai Tukar Dolar AS

Tidak bisa dipungkiri, jika nilai emas di Indonesia mengacu pada nilai tukar dolar AS atau konversi dari dolar Amerika ke rupiah. 

Jadi, ketika nilai dolar melemah, maka harga emas akan meningkat. Sebaliknya, jika dollar menguat, maka harga emas akan cenderung menurun. 

Cara Membeli Emas 24 Karat

Disebutkan sebelumnya jika saat ini, Anda bisa lebih mudah untuk membeli emas 24 karat baik secara online ataupun offline

Lantas, bagaimana membeli emas 24 karat yang tepercaya?

Sebelum Anda membeli emas, pastikan jika Anda mengecek berapa harga emas 24 karat 1 gram hari ini. Apakah ada perubahan yang signifikan atau tidak. Hal ini berlaku juga untuk Anda yang ingin menjual emas. 

Untuk pembelian offline, Anda bisa langsung ke toko emas terdekat atau ke pegadaian. Lalu, lakukan pembelian sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. 

Sedangkan jika Anda membeli secara online, pastikan Anda membeli di website resmi atau aplikasi khusus untuk jual beli emas. 

Misalnya Anda beli di Logam Mulia, Anda bisa melakukan cara berikut:

  • Buka website “Logam Mulia”.
  • Klik masuk untuk yang sudah punya akun, atau daftar untuk yang belum punya akun. 
  • Pilih “Emas batangan” dan klik “Beli Emas batangan” atau produk lain.
  • Untuk harganya sendiri akan berbeda sesuai dengan lokasi yang Anda pilih.
  • Masukkan jumlah produk lalu klik “Checkout” dan masuk ke metode pengiriman atau pengambilan di butik. 
  • Klik “Bayar sekarang” dan lakukan pembayaran ke nomor yang sudah ditentukan. Sebagai catatan, pastikan Anda melakukan pembayaran dalam 45 menit atau pembelian emas akan hangus. 
  • Transaksi selesai. 

Tips Membeli atau Menjual Emas agar Tidak Tertipu

Ada kalanya, Anda berkeinginan untuk membeli atau menjual emas karena investasi atau butuh dana darurat. Namun sebelum itu, Anda wajib mengecek tips dan trik berikut ini agar Anda bisa mendapatkan atau menjual emas dengan harga yang tinggi, yaitu:

1. Cek Dulu Harga Emas Hari Ini

Jangan lupa untuk mengecek harga emas. Pengecekan tersebut bisa Anda lakukan di website atau aplikasi yang tepercaya. 

Harga emas hari ini by Harga-emas.org. GDrive

Di website tersebut, Anda bisa mengecek perkembangan harga emas, baik harga jual ataupun beli. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari penipuan.

2. Pastikan Karat Emas dan Tempat Penjualan/Pembelian Emas

Cek dulu berapa karat emas yang akan Anda jual untuk tahu harga jual atau beli saat itu. Setelah itu, pastikan tempat beli atau jual emas yang Anda pilih adalah tempat terpercaya. 

Jika Anda ingin menjual emas, jangan lupa untuk menyiapkan dokumen. Misalnya sertifikat pembelian emas. Tujuannya untuk membuktikan kalau emas yang Anda jual sesuai dengan sertifikatnya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan harga jual yang tinggi. 

3. Jangan Langsung Dijual

Jika Anda sudah membeli emas, maka jangan langsung dijual karena Anda tidak akan mendapatkan keuntungan yang signifikan. 

Setelah beli, Anda bisa menjual emas 5-10 tahun setelahnya. Tujuannya untuk mencegah kerugian karena perubahan harga emas dan memperbesar potensi keuntungan yang akan Anda peroleh. 

4. Jual ke Kolektor

Jika emas yang Anda miliki cukup langka, maka Anda bisa menjual emas tersebut ke kolektor untuk mendapatkan harga yang tinggi. Namun, pastikan jika kolektor tersebut terpercaya ya.

Jadi, harga emas 24 karat hari ini mencapai Rp950.284,55. Harga tersebut bisa berubah-ubah karena 5 faktor utama, seperti nilai tukar dolar AS. Jadi, cek dulu harga emas saat ini baik sebelum membeli atau menjual emas.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].