Generalist atau Specialist? Mana yang Lebih Baik?

0
749
Generalist atau Specialist? Mana yang Lebih Baik?

Saat kamu mengembangkan karir, kamu bisa menjadi seorang generalist ataupun specialist. Pilihan menjadi generalist atau specialist dalam perjalanan karir memang terkadang membuat kita bingung, apalagi jika yang kamu jalani adalah pekerjaan pertamamu. Hal ini tergantung pada seberapa dalam pemahamanmu terhadap suatu bidang. Generalist adalah orang yang memiliki pengetahuan di banyak bidang. Seorang generalist umumnya memiliki beragam kemampuan dan minat. Sementara specialist adalah orang yang handal dalam bidang tertentu. Seorang specialist secara konsisten mengembangkan pengetahuannya terhadap suatu topik.

Sebagai contoh misalnya profesi Data Scientist yang memiliki pilihan dua jenjang karir: Data Generalist dan Data Specialist. Ketika menjadi data generalist, mereka akan melakukan berbagai macam hal seperti analisis data, pemodelan, visualisasi, hingga pembuatan laporan yang berhubungan langsung dengan bisnisnya. Sementara itu, data specialist akan lebih fokus pada optimalisasi teknis dan proses agar Analisa yang dilakukan lebih cepat dan hasil yang diperoleh lebih akurat.

Kelebihan yang ada pada seorang generalist adalah kemampuan adaptasi dan fleksibilitas karir tinggi. Meski begitu, generalist cenderung lebih sulit menunjukkan nilai diri terhadap perusahaan. Sedangkan seorang specialist memiliki kelebihan kemampuan yang spesifik sehingga memungkinkan mendapat gaji yang lebih tinggi. Meski begitu, seorang specialist hanya dapat bekerja di bidang yang sama saja

Lalu bagaimana menentukan pilihan? Pada dasarnya, baik generalist maupun specialist memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu harus mempertimbangkan minat mu terlebih dahulu. Apakah kamu lebih suka mempelajari berbagai hal atau fokus pada satu bidang saja.Tanyakan pada diri sendiri jalan karir mana yang lebih kamu nikmati karena keduanya sama baiknya.

Ada baiknya kamu memadukan kedua elemen tersebut agar memiliki daya jual yang semakin tinggi di lapangan pekerjaan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut