Geliat Bisnis UKM di Tengah Pandemi Covid-19

0
2494
Ilustrasi UKM sebagai peminjam dana di Akseleran

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 61,41% dengan jumlah pelaku hampir mencapai 60 juta pada tahun 2019.

Maka tak diragukan lagi bahwa sektor bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menjadi salah satu penopang utama perekonomian nasional. Kini, di tengah pandemi Covid-19 daya tahan sektor yang menyerap jutaan tenaga kerja ini seakan diuji. Meski demikian, pemerintah baik pusat maupun daerah terus memberikan stimulus-stimulus kepada pelaku UKM agar tetap berjalan.

Melihat kondisi perekonomian yang tak menentu arah, beberapa pakar ekonom berpendapat bahwa pelaku UKM tetap masih bisa survive meski adanya pandemi Covid-19. Asalkan melakukan kegiatan yang tepat dan memiliki tim yang kuat.

Mengutip www.bisnis.com Tony Tardjo selaku Head of Small Medium Enterprise Bank CIMB Niaga mengatakan, hal yang sebaiknya dilakukan para pelaku UKM di saat pandemi Covid-19 adalah:

Pertama, tidak perlu panik dan terus waspada untuk menjaga kesehatan dan keamanan diri kita, karyawan, dan para pelanggan. Dengan ketenangan diri, kita dapat lebih siap dengan pola pikir yang sehat untuk membuat rencana yang diperlukan agar dapat bertahan.

Kedua, think positive dan percaya bahwa dalam setiap krisis pasti ada opportunity yang bisa kita ambil. Contohnya, sektor healthcare, telekomunikasi, basic consumer goods hingga alat-alat olahraga dan kesehatan. Siapa sangka bisnis sepeda justru melonjak dan mendapat permintaan tinggi dari masyarakat? Para pelaku UKM sejatinya harus sigap dan agile dalam mengambil setiap opportunity yang ada di tengah keterbatasan. Pada saat yang sama, perbankan juga memanfaatkan momentum pandemi untuk mengubah cara bekerja dan mendorong percepatan digitalisasi.

Ketiga, hal ini sangat berkaitan dengan strategi adaptasi dan sesuaikan model bisnis dengan kondisi saat ini. Apabila dulunya kita memiliki usaha dan kini mengalami penurunan penghasilan yang signifikan, harus pandai membaca situasi untuk memutar bisnis agar lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Menurut saya, sektor yang saat ini tak kalah menarik untuk digarap adalah pertanian.

Sektor pangan di Indonesia memiliki masa depan yang menjanjikan. Hal ini juga didukung meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi berbagai produk pangan yang sehat dan higienis. Ini tentunya menjadi peluang bisnis yang layak dicoba.

Tak hanya itu, sebagai pelaku bisnis pelaku UKM juga harus aware dan memahami berbagai program yang ditawarkan pemerintah agar dapat dimanfaatkan dengan tepat guna. Sudah banyak inisiatif pemerintah untuk membantu sektor UKM dalam kondisi saat ini. Salah satunya melalui pemberian relaksasi atau restrukturisasi kredit bagi debitur terdampak pandemi.

Baca Juga:
Seberapa Besar Peluang Investasi di Masa Resesi Ekonomi?
Memasuki 3 Tahun, Akseleran Berhasil Tumbuh 42% di Q3 2020
Ini Profesi Paling Menjanjikan di Masa Pandemi Covid-19

Senada dengan Tony Tardjo, mengutip www.investor.id, Wishnutama Kusubandio selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan UMKM perlu menjadikan pandemi Covid-19 sebagai momentum untuk mengakselerasi penggunaan teknologi digital dalam bisnis, khususnya optimalisasi pemasaran digital melalui platform ecommerce Indonesia. Wishnutama juga membeberkan sejumlah tantangan UMKM sektor kreatif di tengah pandemi Covid-19 berkaitan dengan urusan logistik, pengurusan dokumen dengan biaya yang tinggi dan pendapatan yang menurun.

Sobat, meski pelaku UKM bisa dikatakan sangat terkena dampak pandemi Covid-19, Sobat bisa loh membantu para pelaku UKM untuk mengembangkan bisnisnya. Caranya dengan memberikan pinjaman di Akseleran. Akseleran merupakan Financial Technology (Fintech) Peer to Peer (P2P) Lending yang menyalurkan pinjaman usaha kepada pelaku UKM di seluruh Indonesia. Memberikan pinjaman melalui Akseleran, Sobat akan mendapatkan imbal hasil hingga mencapai 21% per tahun. Menarik kan?!

Yuk mulai kembangkan dana di Akseleran. Bersama Akseleran Maju Lebih Cepat!

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]