7 Fungsi Uang Selain untuk Melakukan Transaksi

0
13458
Fungsi Uang

Sejak uang resmi menjadi alat tukar sah dalam melakukan transaksi, otomatis sistem barter nyaris tidak pernah digunakan. Apalagi, kebutuhan hidup zaman sekarang jauh lebih kompleks. Jika zaman dulu manusia bisa memenuhi kebutuhan sendiri-sendiri, hal serupa tidak bisa terjadi pada masa kini. Di situlah fungsi uang hadir sebagai alat transaksi dalam kehidupan masyarakat. Dengan uang, kita bisa membeli semua barang yang dibutuhkan. Mulai dari kebutuhan dasar seperti pakaian dan makanan, hingga layanan atau jasa yang dinginkan. 

Fungsi Uang selain Alat Transaksi

Ilmu ekonomi modern menyebutkan uang sebagai alat pembayaran yang diterima secara umum guna pembelian barang dan jasa, kekayaan berharga lain, maupun pembayaran utang. Lebih lanjut, berikut penjelasan 7 fungsi uang selain untuk melakukan transaksi.

  • Satuan Hitung

Menjadi satuan hitung adalah salah satu fungsi asli uang di samping sebagai alat transaksi. Jika tidak ada satuan hitung, maka menentukan harga atau nilai barang dan jasa sulit dilakukan. Apalagi, nilai barang atau jasa yang ditawarkan bervariasi. Adanya satuan hitung membuat perkiraan nilai barang atau jasa lebih mudah ditaksir, sehingga orang mau membayar sejumlah uang guna membeli barang atau jasa tersebut.

  • Menyatakan Harga

Pertanyaan yang selalu diajukan sebelum kamu membeli sesuatu adalah berapa harga barang atau jasa tersebut. Di sini uang berperan untuk menyatakan harga suatu barang atau jasa. Berkat fungsi uang sebagai alat penunjuk harga, kamu bisa menimbang-nimbang sebelum memutuskan membeli sesuatu.

  • Untuk Alat Pembayaran

Berikutnya, uang penting untuk alat pembayaran. Selama ada uang, kamu bisa membeli barang atau jasa apa saja yang dibutuhkan maupun diinginkan. Tidak salah jika orang berpandangan uang adalah segalanya.

Pada era modern seperti sekarang tanpa uang kamu akan sulit memenuhi kebutuhan sehari-hari. Benar ada banyak hal yang tidak bisa dibeli oleh uang, tetapi kamu perlu uang untuk membayar makanan dan minuman, pulsa, paket data internet, hingga gaya hidup lainnya. 

  • Menunjang Kegiatan Ekonomi dan Sosial

Karena uang dipandang menunjang kegiatan ekonomi dan sosial, maka orang termotivasi untuk memperoleh uang dengan cara benar, seperti bekerja atau melakukan kegiatan ekonomi lainnya. Kamu bisa melihat bagaimana uang menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan manusia. Tidak ada yang gratis di dunia ini, kamu perlu bekerja keras demi mendapatkan uang. 

Dengan bekerja dan berpenghasilan, memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari terasa lebih ringan dan mudah. Sebaliknya, jika seseorang tidak bekerja dan tidak punya penghasilan, masalah finansial bisa berubah menjadi isu penting dalam kehidupan pribadinya, termasuk dalam berumah tangga.

Baca juga: Ini Perbedaan Ekonomi Makro dan Mikro Berdasarkan Ruang Lingkupnya!

  • Berperan Sebagai Alat Pembayar Utang

Berperan sebagai alat pembayar utang adalah kegunaan uang berikutnya. Di sini uang berfungsi dalam menentukan besaran kewajiban yang perlu dibayarkan terkait utang. Misalnya, kamu membeli ponsel baru dengan sistem kredit. Perlu diingat, kredit adalah utang. 

Saat kamu membeli sesuatu secara kredit, sama saja dengan menunda pembayaran barang atau jasa itu di masa mendatang. Kredit memungkinkan kamu mendapat pinjaman sejumlah dana dengan periode tertentu. Artinya, kamu harus menyiapkan sejumlah uang agar bisa melunasi utang tersebut.

  • Sebagai Alat Penimbun Kekayaan

Uang menjadi bagian penting dalam kekayaan seseorang atau perusahaan, khususnya terkait seberapa kuat kemampuan finansial yang dimiliki. Di sini uang berfungsi sebagai alat penimbun kekayaan. 

Berapa banyak uang yang kamu miliki dalam tabungan, misalnya, menunjukkan besar kekayaan kamu saat ini. Semakin banyak jumlah uang yang ada dalam tabungan, seseorang bisa disebut semakin kaya. Kemudian sejumlah uang yang ditimbun itu bisa diubah menjadi aset atau harta berharga lainnya.  

  • Sebagai Alat Pemindah Kekayaan

Bicara soal harta, uang berperan sebagai alat pemindah kekayaan. Fungsi ini merujuk pada aset berupa benda berharga yang dimiliki dengan uang sebagai perantara. Artinya, ketika seseorang punya banyak uang, ia bisa memindahkan kekayaannya itu dalam bentuk lain, seperti properti, emas, kendaraan, hingga membeli saham sebuah perusahaan. 

Dengan kata lain, uang juga berfungsi sebagai alat investasi guna memenuhi kebutuhan seseorang di masa mendatang. Namun, karena nilai uang tidak selalu stabil, berinvestasi menjadi cara cerdas untuk memanfaatkan kekayaan yang dimiliki. Demikian 7 fungsi uang selain untuk melakukan transaksi.

Sisihkan Sebagian Pendapatanmu Untuk Dikembangkan bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]