Fundraising, Alternatif Pencarian Dana untuk Usaha Startup Anda

0
2607
Fundraising, Alternatif Pencarian Dana untuk Usaha Startup Anda

Penggalangan dana atau fundraising, suka atau tidak, merupakan kunci kesuksesan usaha startup Anda. Bila dilakukan dengan benar, Anda dapat menghasilkan kemitraan yang menguntungkan dengan angel investor dan pemodal ventura. Berikut ini langkah-langkah paling penting dalam fundraising pada umumnya.

Pendekatan Penggalangan Dana dalam Tahapan

Dalam menggalang dana, Anda mungkin perlu membaginya ke dalam beberapa fase yang menyesuaikan fase perkembangan rencana bisnis Anda. Strategi terbaik adalah dengan menyiapkan major milestone perusahaan Anda dan menemui investor sebelum serta sesudah major milestone itu tercapai.

Pertama, Anda perlu mencari “seed money” untuk mendanai pengembangan awal dan perancangan produk. Sebagian dari investasi ini juga harus mengarah pada upaya pemasaran sehingga calon investor tertarik pada kelanjutan dari bisnis Anda.

Kedua, pada tahap ini beban dana mencakup biaya operasi, branding, pertumbuhan, pengoptimalan, pemasaran, penempatan staf, promosi produk, dan kerjasama dengan media/komunitas sosial untuk menyebarkan berita dan menarik pengguna.

Ketiga, setelah mencapai major milestone, contohnya memiliki 100.000 pengguna, Anda dapat menggunakannya sebagai leverage untuk penilaian dari investor. Dengan mendapatkan lebih banyak dana pada saat ini, Anda dapat terus menyeimbangkan tugas pengembangan bisnis dengan akuisisi pengguna.

Keempat, kebutuhan dana pada tahap ini antara lain untuk membayar biaya operasional dan pengeluaran, pemasaran, pertumbuhan, perbaikan, inovasi berkelanjutan, pelepasan produk baru dan pengembangan berkelanjutan.

Presentasikan Usaha Anda dengan Baik

Setelah memahami langkah-langkah tersebut, ini saatnya Anda melakukan demo atau presentasi kepada investor. Presentasi yang Anda berikan harus padat dan jelas, sehingga tidak terkesan bertele-tele. Beri pemahaman kepada investor gambaran besar mengenai penggunaan dananya. Jangan lupa juga untuk menyertakan model bisnis startup dan strategi marketing Anda.

Tidak familiar dalam mempersiapkan slide deck atau business plan maupun proyeksi keuangan untuk startup anda? Jangan takut! Anda dapat menggunakan portal equity crowdfunding Akseleran. Akseleran tidak hanya menjembatani Anda dengan investor, tetapi juga akan memfasilitasi bantuan bagi Anda yang belum memiliki pengalaman menggalang dana dengan menyediakan jasa konsultasi untuk mempersiapkan business plan dan financial model atau proyeksi keuangan untuk startup Anda. Daftar sekarang juga di akseleran.com/daftar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here