Apa yang Sebenarnya Dicari Investor di Kalangan Pengusaha?

0
2578
Apa yang Sebenarnya Dicari Investor di Kalangan Pengusaha?

Ada beberapa hal yang tidak dibagikan oleh para investor mengenai keputusan investasi mereka, salah satunya adalah fakta bahwa keputusan investasi mereka tidak hanya didasarkan pada potensi sebuah usaha baru atau startup, tapi juga pada potensi wirausahawan yang mengelola usaha tersebut. Maka dari itu mereka pasti mencari entrepeneur yang memiliki kemampuan wirausaha yang memadai. Hal ini dikarenakan berhasil atau tidaknya sebuah usaha juga tergantung pada bagaimana pemilik usaha mengelola sumber daya yang ia miliki.

Anda dapat memenangkan sebuah investasi untuk startup Anda dengan cara mempresentasikan diri Anda dengan sebaik-baiknya di depan para investor, agar mereka dapat melihat potensi di dalam diri Anda. Jadi, sebenarnya apa saja potensi yang dicari oleh para investor?

4 Kemampuan Wirausaha yang Dicari Investor

Bakat

Menemukan bakat hebat yang dapat digunakan dalam skala internasional untuk perbaikan ekosistem kewirausahaan pada umumnya, merupakan salah satu prioritas utama para angel investor dan pemodal ventura. Mereka mencari orang-orang cerdas dan berbakat yang dapat mengubah gagasan mereka menjadi kenyataan dengan memadukan pengetahuan dan visi mereka dan kerja keras. Investor mencari wirausahawan handal yang memiliki kemampuan wirausaha untuk benar-benar menciptakan sesuatu yang revolusioner. Sekalipun ide di balik startup tidak begitu inovatif, jika pengusaha memiliki potensi dan kemampuan untuk menciptakan lebih banyak, kemungkinan proyek mereka akan didanai. Investor berinvestasi pada orang potensial dan sangat menjanjikan dengan talenta berharga.

Sikap yang benar

Investor memang mencari ide dan orang yang bisa mengubahnya menjadi kenyataan, namun bahkan wirausahawan paling berbakat pun tidak akan menerima jumlah investasi yang tepat jika mereka memiliki sikap buruk, seperti keras kepala. Bukan berarti Anda tidak harus memegang teguh ide utama dan melupakan visi Anda. Hanya saja wirausahawan yang tidak berpikiran terbuka, fleksibel dan siap untuk mendengar pendapat berbeda, tidak begitu menarik bagi orang-orang yang ingin berinvestasi.

Keahlian

Investor siap mempercayai seseorang yang tahu apa yang mereka inginkan dalam usaha startup mereka. Orang yang kuat dan jujur ​​didorong oleh visi dan mampu melihat dunia bisnis secara realistis adalah apa yang dibutuhkan investor. Investor mungkin akan memberikan bimbingan dan nasihat, tapi tidak ada yang mau “mengasuh” pemilik usaha yang mereka investasikan.

Keterampilan

Daftar keterampilan pribadi dan perusahaan yang luas yang dapat membantu pertumbuhan perusahaan sangat penting bagi keputusan investor. Ada banyak keterampilan yang harus dimiliki seseorang untuk memberi nilai terbaik bagi bisnis mereka. Keterampilan pribadi seperti fleksibilitas, kreativitas, kemampuan wirausaha saat berkomunikasi, keterampilan kepemimpinan, keterampilan mendengar dan berbicara merupakan ciri khas pengusaha sukses. Sedangkan keterampilan perusahaan seperti keterampilan manajemen, keuangan dan akuntansi, pengelolaan SDM, pemrograman dan pengetahuan ilmu komputer mungkin tidak terlalu menonjol, namun dapat membawa keuntungan baik bagi pengusaha.

Setelah mengetahui tentang hal-hal yang dicari investor di kalangan pengusaha, Anda dapat mulai mempersiapkan diri dan usaha Anda untuk menemui investor. Untuk dapat meyakinkan investor terhadap usaha Anda, kuncinya adalah yakin terhadap usaha Anda sendiri. Jenis investasi apa yang Anda inginkan untuk usaha Anda? Salah satu jenis sumber pendanaan yang patut Anda pertimbangkan adalah equity crowdfunding. Pilihan ini sangat cocok bagi usaha startup atau UKM yang umumnya memiliki arus kas atau pendapatan dan aset yang terbatas. Tanpa beban kewajiban pembayaran bunga atau pokok investasi serta kewajiban untuk memberikan agunan, penggalang dana dapat mengembangkan usahanya dengan efektif.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here