Istilah Keuangan yang Harus Diketahui oleh Semua Pengusaha

0
2527
Istilah Keuangan yang Harus Diketahui oleh Semua Pengusaha

Kewirausahaan nampaknya sedang menjadi tren saat ini. Hampir semua orang yang Anda temui ingin menjadi pengusaha, namun jika Anda mengamati dengan saksama kebanyakan dari mereka kurang memiliki pengetahuan tentang beberapa istilah kunci yang digunakan di dunia kewirausahaan. Anda ingin mencoba berwirausaha namun juga belum memahami betul tentang hal-hal tersebut? Anda tidak perlu khawatir, sekarang kami akan menerangkannya untuk Anda.

KONSEP KEUANGAN DASAR

Untuk membuat struktur biaya dasar sebuah perusahaan, konsep keuangan ini harus ada di luar kepala Anda:

Biaya tetap, seperti namanya, tidak berubah, tidak peduli berapa volume barang yang Anda produksi di perusahaan Anda. Contohnya biaya sewa dan gaji karyawan. Biaya ini perlu direncanakan terlebih dahulu dan diperhatikan sebelum memulai bisnis.

Biaya Bervariasi, tidak seperti biaya tetap, biaya ini bervariasi dan dapat berubah-ubah menyesuaikan volume produksi barang dan mungkin terus berubah selama periode waktu tertentu. Biaya variabel bergantung pada jenis usaha, misalnya biaya variabel untuk bisnis berbasis Web (Amazon.com) berbeda secara signifikan dari bisnis jasa seperti restoran.

Hutang dan Ekuitas. Anda mungkin sudah menemukan istilah ini sejuta kali, tapi sejumlah orang masih tidak tahu apa maksudnya dan mengapa perbandingan keduanya sangat penting bagi masa depan bisnis Anda. Ekuitas adalah uang yang Anda dapatkan dari seseorang dengan memberi mereka saham perusahaan Anda sebagai gantinya. Di sisi lain, Hutang adalah pinjaman yang Anda dapatkan dari bank atau pihak lain. Pinjaman ini perlu dibayar kembali sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

Belanja modal (Capital expenditure/CapEx) adalah segala sesuatu yang telah Anda beli, yang akan membantu Anda menghasilkan pendapatan di masa depan. Contohnya laptop Anda yang dapat digunakan selama bertahun-tahun mendatang dan berbagai properti yang telah Anda beli, misalnya gedung kantor Anda.

Pengaruh (Leverage) dapat dijelaskan secara sederhana sebagai dana yang telah Anda pinjam—baik dari keluarga, teman atau bank—untuk menjalankan bisnis Anda. Pinjaman-pinjaman tersebut akan memengaruhi kemungkinan Anda mendapatkan investor. Jika Anda memiliki banyak uang pinjaman, investor akan menahan diri untuk tidak melakukan investasi dalam bisnis Anda karena dianggap sebagai investasi berisiko.

Ideation atau proses menghasilkan ide, mengkomunikasikannya satu sama lain, serta mengembangkannya dengan hati-hati.

Inkubator. Istilah ini digunakan untuk tempat yang dirancang untuk mendukung usaha kewirausahaan. Anda dapat membayangkan inkubator untuk menetaskan telur atau inkubator untuk merawat bayi di rumah sakit untuk membayangkan prosesnya. Startups yang tinggal di bagian pusat inkubasi lebih cenderung bertahan dalam bisnis.

Skalabilitas (Scalability). Sejauh mana sebuah gagasan dapat diperluas melintasi batas geografis dikenal sebagai skalabilitas. Perluasan bisnis sepertinya lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Proses ini perlu dipantau secara hati-hati.

Bootstrap adalah sebutan bagi startups yang mampu mendanai dirinya sendiri dan biasanya sangat berhati-hati dalam menangani pengeluaran mereka. Startups ini menghasilkan dana mereka secara internal.

Istilah-istilah di atas penting dipahami sebelum masuk ke dunia wirausaha. Memang terdengar sulit sebelumnya, tapi sekarang Anda lebih mengerti mereka, kan? Anda dapat memulai usaha Anda dan mencari investor untuk membantu usaha Anda untuk tumbuh dan berkembang. Jika masih ada yang tidak Anda mengerti, jangan takut! Anda dapat menggunakan portal equity crowdfunding Akseleran. Melalui Akseleran, Anda dapat melakukan kampanye penggalangan dana untuk usaha Anda. Salah satu keunggulan platform ini adalah bukan hanya akan menjembatani Anda dengan investor tetapi juga akan memberikan fasilitas bantuan bagi pelaku usaha yang belum memiliki pengalaman menggalang dana dengan menyediakan jasa konsultasi untuk mempersiapkan business plan dan financial model atau proyeksi keuangan untuk usaha Anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here