Mencari Tahu Faktor yang Paling Utama Pendukung Keberhasilan Usaha

0
2227
faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha adalah

Faktor yang Paling Utama Pendukung Keberhasilan Usaha Adalah – Memiliki sebuah usaha bisnis sebagai pintu penghasilan memberi kebebasan tersendiri dibandingkan saat Anda harus bekerja sebagai karyawan di sebuah instansi. Kendati begitu, tantangan menjadi seorang pengusaha juga bukan hal yang mudah dilalui begitu saja.

Kompetitor adalah tantangan yang sangat nyata. Namun tak cuma itu, tantangan juga bisa berasal dari dalam, seperti manajemen bisnis, manajemen SDM yang terkait, dan lain-lain.

Di sisi lain, Anda tentu menginginkan usaha yang dilakukan dapat berkelanjutan, bukan? Maka dari itu, Anda harus benar-benar menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Penting pula bagi Anda mengetahui faktor paling utama dalam mendukung keberhasilan seperti berikut ini.

  • Budaya Disiplin

Faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha adalah kedisiplinan. Hal ini sesuai yang disebutkan Jim Collins dalam bukunya berjudul Good to Great:

“A culture of discipline is not a principle of business; it is a principle of greatness.”

“Greatness is not a function of circumstance. Greatness, it turns, is largely a matter of conscious choice, and discipline.”

Anda perlu membuat disiplin sebagai budaya kerja. Dengan disiplin, Anda akan lebih cepat mencapai tujuan karena meminimalkan risiko distraksi masuk untuk mengganggu rencana yang telah disiapkan.

Disiplin perlu Anda terapkan dalam berbagai elemen penting lainnya dalam usaha. Tentunya, budaya ini harus diterapkan tak cuma oleh Anda, tetapi juga orang-orang yang terlibat secara langsung dalam usaha tersebut sehingga tidak ada pihak atau pekerjaan yang menghambat proses secara keseluruhan.

  • Memilih Orang yang Tepat

Selalu ada orang yang tepat untuk setiap hal. Sayangnya, menemukan orang yang tepat memang tak selalu mudah.

Kendati begitu, hindari memilih orang secara terburu-buru atau berdasarkan penilaian yang tak komprehensif. Pasalnya, mengganti orang tidak segampang yang mungkin terbayang. Usaha bisnis yang dijalankan pun bahkan dapat terdampak karena adanya pergantian ini.

Seperti contoh, Anda bermaksud mengganti admin customer service yang baru tiga bulan bergabung. Untuk menjaga usaha tetap jalan, Anda harus mencari baru selagi admin yang lama masih harus menjalankan tugasnya. 

Anda pun harus tetap menggaji tenaga kerja tersebut, tetapi di sisi lain juga harus mengeluarkan effort ekstra baik uang, waktu, maupun tenaga untuk menyebar informasi lowongan. Padahal jika sedari awal Anda sudah memilih orang yang tepat, pekerjaan semacam ini tentu tak perlu terjadi dan menghambat Anda dalam melakukan kegiatan bisnis lainnya yang lebih esensial.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Akseleran Aman Untuk Mengembangkan Dana

  • Mempunyai Rencana Bisnis yang Jelas dan Rasional

Tidak mungkin Anda dapat menjalani disiplin sebagai faktor utama mendukung keberhasilan bisnis jika Anda tak mempunyai tujuan yang akan dicapai. Kalau tak ada sesuatu yang akan diraih, untuk apa mendedikasikan diri terhadap hal tersebut, bukan?

Buatlah rencana bisnis yang jelas dan rasional. Untuk mempermudah, bagilah ke dalam rencana jangka pendek, menengah, dan panjang. Ciptakan target tertentu berikut cara apa saja yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Tentunya, Anda tetap harus disiplin dalam melaksanakannya. Susun pula skala prioritas mengenai pencapaian yang diharapkan supaya lebih mudah untuk diraih.

  • Menyiapkan Keuangan dengan Tepat

Bicara soal bisnis, dalam skala apa pun, tidak bisa lepas dengan urusan keuangan. Langkah paling awal yang perlu Anda siapkan adalah dengan membagi antara keuangan pribadi dengan keuangan usaha.

Tidak sedikit pelaku UMKM khususnya yang masih menganggap sepele hal ini. Padahal, pembagian sumber dana merupakan faktor penting dalam menentukan kesuksesan usaha juga terutama dalam jangka panjang. Jangan sampai tidak adanya batas tersebut memengaruhi kondisi keuangan keseluruhan (khususnya saat mengalami masa sulit).

Di samping itu, jagalah agar cash flow tetap lancar. Sekalipun piutang merupakan harta, apabila pembayaran piutang dari pelanggan atau konsumen macet, Anda tentu akan kesulitan untuk memenuhi pembayaran modal berikutnya, bukan?

Pada dasarnya setiap bisnis memerlukan perencanaan yang matang dari berbagai aspek, baik dalam urusan internal maupun eksternal. Namun tentu saja, seluruh perencanaan tersebut tak akan berujung pada sukses apabila tak dibarengi dengan budaya disiplin yang diterapkan oleh setiap pihak yang terlibat dalam mata rantai bisnis tersebut.

Persiapkan Keuangan di Masa Depan dengan Melakukan Pengembangan Dana di Akseleran Hanya Mulai dari Rp100 Ribu!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]