Cara Menumbuhkan Etos Kerja dalam Diri!

1
173
Etos Kerja

Saat kamu memiliki tanggung jawab dalam sebuah perusahaan, maka kamu perlu melaksanakan tanggung jawab tersebut dengan baik. Selain itu, kamu perlu memiliki etos kerja yang baik dalam pekerjaan yang kamu jalani. Kenapa perlu memiliki etos kerja yang baik? Karena saat kamu memiliki hal tersebut, maka kamu dapat mengoptimalkan pekerjaan yang kamu jalani agar mendapatkan hasil yang terbaik. Namun, mungkin sebagian dari kalian ada yang belum mengetahui sebenarnya apa yang dimaksud dengan etos kerja itu sendiri. 

Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Etos Kerja

Setiap orang yang memiliki sifat ini, tentu akan terlihat pada sikap serta tingkah lakunya dalam bekerja. Lalu, apa saja ciri-ciri orang yang memiliki sifat tersebut?

  • Menghargai Waktu

Salah satu esensinya adalah dimana seseorang dapat memahami, merasakan serta menghayati betapa berharganya waktu. Mereka sadar bahwa waktu adalah hal yang berharga waktu juga akan terus bergerak dari detik ke detik lainnya, karena itu dia pun sadar bahwa waktu tidak akan pernah kembali apabila ia tidak memanfaatkan waktu bekerjanya dalam baik.

  • Memiliki Komitmen

Komitmen merupakan sebuah keyakinan yang mengikat kemudian dengan keyakinan tersebut perilaku menuju arah tertentu yang diyakininya. Dalam komitmen juga tentu terdapat sebuah tekad untuk membuat keyakinan itu ada. Karenanya mereka yang memiliki etos kerja, tentu memiliki komitmen yang kuat terhadap pekerjaan yang dijalaninya.

  • Memiliki Kejujuran

Mereka yang memiliki etos kerja tentu akan bekerja dengan kejujuran dari setiap langkah pekerjaan yang dia jalani. Kejujuran inilah yang tidak dapat dipaksakan, melainkan sebuah panggilan dari dalam hati setiap orang.

  • Konsisten

Konsisten adalah salah satu kemampuan untuk bersikap taat, pantang menyerah dan mampu mempertahankan prinsip yang dimilikinya. Walaupun harus berhadapan dengan risiko yang ada, mereka tetap dapat mengelola emosinya secara baik.

Faktor yang Dapat Mempengaruhi Etos Kerja

Memang sangat penting untuk dimiliki setiap individu, karena semakin tinggi, maka akan semakin seseorang dapat dipercaya dan diandalkan oleh atasannya. Mereka yang memiliki sifat ini juga dapat memberikan energi positif kepada yang lainnya.

Namun, apa saja sih yang faktor yang dapat mempengaruhi?

  • Agama

Cara berpikir, bersikap dan bertindak seseorang tentunya akan dipengaruhi oleh agama yang dianutnya. Salah satu contohnya, jika kamu beragama tentu kamu diajari nilai kehidupan untuk berlaku jujur dalam hidup.

Inilah salah satu hal yang dapat mempengaruhi kamu untuk meningkatkan etos kerja.

  • Budaya

Sikap mental, tekad, disiplin dan semangat kerja masyarakat juga disebut sebagai etos budaya dan secara operasional etos budaya ini juga lah disebut sebagai etos kerja. Untuk masyarakat yang tinggal bersama dan menganut nilai budaya yang sama.

Kualitas seseorang yang menerapkan prinsip ini juga ditentukan oleh sistem orientasi nilai budaya yang ada di masyarakat sekitar orang tersebut.

  • Sosial Politik

Ini juga dapat mempengaruhi tinggi rendahnya etos kerja. Karena, ini akan berpengaruh terhadap hasil kerja keras yang dilakukannya. Salah satu contoh di Jepang. Jepang adalah salah satu negara yang menuntut warganya untuk lebih disiplin. Karakter tersebut juga sudah dibentuk sejak dini.

Karenanya hal seperti ini juga tentu akan mempengaruhi etos kerja seseorang dalam sebuah perusahaan.

Cara Menumbuhkan Etos Kerja dalam Diri

Kerap disalahartikan sebagai suatu nilai yang hanya berdasarkan pada kerja keras dan ketekunan seseorang dalam bekerja. Padahal etos kerja ini meliputi berbagai hal lain yang perlu dimiliki seseorang, tidak hanya sebatas kerja keras.

Baca juga: 5 Peluang Kerja dari Rumah Tanpa Modal!

Selain itu, sangat salah apabila bekerja berlebihan akan meningkatkan produktivitas. Yang terpenting adalah kamu dapat bekerja dengan pintar demi meningkatkan kualitas produktivitas itu sendiri sehingga hasilnya akan terlihat.

Menurut Jansen H. Sinamo terdapat 8 prinsip dan pola pikir yang dapat menumbuhkan etos kerja dalam diri yaitu:

  • Kerja Adalah Rahmat
  • Kerja Adalah Amanah
  • Kerja Adalah Panggilan
  • Kerja Adalah Aktualisasi
  • Kerja Adalah Ibadah
  • Kerja Adalah Seni
  • Kerja Adalah Kehormatan
  • Kerja Adalah Pelayanan

Kamu bisa menerapkan etos kerja pada diri sendiri sebelum kamu memulai langkah awalmu di dunia kerja.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil 18%-21% per tahun di Akseleran

BLOG100

Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Omar (+62812-9799-7917) dan Rizky (+62811-1312-309) atau bisa via email [email protected]

Selamat Berinvestasi!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here