Era New Normal, Cerdas Mengelola Isi Kantong

0
938

Penyebaran pandemi Covid-19 belum diketahui hingga kapan akan berakhir. Kondisi ini mau tidak mau mendorong kita untuk beradaptasi dengan keadaan sehingga aktivitas sehari-hari tidak terhenti. Meski demikian, kita harus tetap disiplin dengan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam kondisi New Normal atau tatanan normal baru, Sobat harus siap mengencangkan ikat pinggang. Mengingat dalam kondisi ini banyak pengeluaran tambahan untuk kesehatan seperti membeli masker, hand sanitizer, vitamin hingga kebutuhan laundry atau detergen untuk mencuci pakaian yang harus dibersihkan setiap hari bahkan tambahan kuota internet terutama bagi Sobat yang masih bekerja dari rumah (work from home/WFH).

Sobat, sebenarnya banyak pos-pos pengeluaran yang bisa dihemat dalam kondisi New Normal atau tatanan normal baru ini. Jika Sobat sudah mulai bekerja ke kantor, sebagai seorang pegawai atau karyawan Sobat bisa membawa bekal makanan atau jajanan sendiri, sehingga dapat menghemat pengeluaran. Selain menghemat, makanan atau jajanan yang dibawa sendiri terjamin kebersihannya. Di sisi lain, dengan tidak jajan di luar, Sobat juga sudah menerapkan disiplin protokol kesehatan dengan social atau physical distancing.

Maka dalam kurun waktu minimal tiga sampai empat bulan ke depan, pengeluaran yang bersifat tidak terlalu penting disarankan untuk tidak dilakukan seperti ganti mobil baru atau ganti hp baru kecuali rusak atau hilang, jalan-jalan atau rekreasi. Hal-hal tersebut bisa ditunda sehingga dana dapat dialihkan untuk membeli keperluan lain yang lebih dibutuhkan pada masa New Normal seperti sekarang ini.

Bagi Sobat yang berencana melakukan rekreasi atau jalan-jalan di era New Normal. Mengutip CCNIndonesia, pemerintah berencana menaikkan tarif angkutan bus antar kota antar provinsi (AKAP) pada penerapan tatanan normal baru atau new normal. Penyesuaian tarif dilakukan karena kapasitas angkut maksimal hanya 50% dari total kursi yang tersedia. Tidak hanya bus. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI juga akan menaikkan harga tiket kereta api jarak jauh untuk mengkompensasi okupansi yang turun akibat penyebaran pandemi Covid-19.

Selain itu, tiket pesawat juga berpotensi naik karena pemerintah akan menaikkan tarif batas atas (TBA) untuk tiket pesawat demi meminimalisir kerugian maskapai di tengah pandemi Covid-19. Lalu tidak menutup kemungkinan kapal penyeberangan bisa saja tarifnya akan dinaikkan demi menjaga arus kas perusahaan di tengah pembatasan kapasitas maksimal yang hanya 50% dari total kursi yang ada. Artinya, tarif transportasi darat, udara dan laut akan mengalami kenaikan.

Untuk itu, pikirkan kembali jika Sobat ingin tetap melakukan perjalanan atau rekreasi di era New Normal. Tetapi jika memang Sobat mendesak dan harus melakukan perjalanan seperti ada keluarga yang sakit atau keluarga meninggal maka dipersilakan.

Baca Juga:
Peluang Usaha dari Rumah?
Era New Normal, Berakhir Pekan Kemana?

Beberapa perencana keuangan pun mengatakan, masyarakat harus siap dengan kehidupan serba baru. New normal, artinya siap-siap juga menyiapkan dana lebih untuk membiayai kebutuhan sehari-hari. Bahkan Sobat disarankan jangan sampai berutang hanya demi mengikuti ego untuk jalan-jalan karena bosan saat new noral. Kalau pun ingin liburan, biaya yang dikeluarkan tetap disesuaikan dengan kemampuan. Karena jika berutang akan menambah masalah, artinya kewajibannya akan bertambah lagi per bulan.

Jika Sobat tidak cermat mengelola keuangan, maka Sobat harus siap-siap merogoh kantong lebih dalam atau membuat kantong jebol ketika hendak bepergian. Padahal di masa pandemi Covid-19, Sobat seharusnya banyak menabung di tengah ketidakpastian ekonomi.

Memasuki era New Normal, gaya hidup hemat alias tidak boros sangat disarankan. Maka prioritaskan uang untuk alokasi belanja yang wajib atau harus. Jangan buang uang dengan sia-sia meski sekedar untuk hang out, hobi atau belanja-belanja online yang tidak berfaedah atau bahkan nongkrong-nongkrong. Lebih baik, uang tersebut bisa Sobat tabung untuk masa depan, mungkin untuk cicil rumah bahkan untuk modal usaha.

Kita semua berharap, pandemi Covid-19 ini segera berakhir agar kita dapat bekerja dan berusaha dengan baik sehingga roda perekonomian bisa kembali normal dan lebih baik di masa yang akan datang.

Daftar sekarang dan dapatkan bunga hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang Sobat lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Daftar Akseleran dengan unduh aplikasi Akseleran di Google Play atau Apple App Store.

Untuk Sobat yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]