Peluang Usaha dari Rumah?

0
980

Penetapan aturan Social Distancing bagi Sobat yang terbiasa aktif di luar rumah mungkin akan merasakan perubahan yang mencolok dari yang biasanya beraktivitas di luar rumah tetapi sekarang harus terus menerus berada di dalam rumah. Hal ini tentu tidak mudah karena harus beradaptasi dalam kondisi yang begitu cepat.

Untuk menghilangkan rasa jenuh dan tetap bisa beraktivitas maka penting sekali agar selama di rumah mampu memanfaatkan peluang usaha yang bisa dijadikan ladang pemasukan baru sebagai pos tambahan keuangan. Tentunya, dengan memanfaatkan momen di rumah saja sangat tepat untuk mulai memiliki peluang usaha apalagi di saat masih mewabahnya pandemi Covid19.

Membuka peluang usaha dari rumah sebenarnya sudah banyak dilakukan kebanyakan orang. Alasannya, tidak sedikit orang yang mengharapkan dapat penghasilan lebih selain dari gaji, karena jika mengandalkan gaji saja terkadang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ditambah gaya hidup.

Untuk menghilangkan rasa jenuh dan memberikan manfaat tambahan untuk keuangan pribadi maupun keluarga, berikut beberapa peluang usaha dari rumah yang bisa Sobat lakukan:

1. Berjualan Pulsa Elektrik dan Paket Internet
Perkembangan zaman yang semakin maju, telepon genggam sekarang telah menjelma menjadi komoditas utama yang hampir tidak bisa dipisahkan dengan kebutuhan manusia. Melihat situasi ini, berjualan pulsa elektrik tentu saja bisa menjadi peluang bisnis yang sangat disayangkan jika dilewatkan.

Peluang usaha dari rumah yang satu ini sebenarnya tidak memerlukan modal yang besar. Hal yang diperlukan hanyalah sebuah telepon genggam untuk mengirim pulsa elektrik dan paket internet. Untuk memulai bisnis ini, Sobat bisa mendaftarkan diri sebagai agen ke distributor pulsa dan paket internet ternama yang bisa Sobat cari secara online. Namun karena sekarang sudah banyak platform e-commerce yang menawarkan beragam promo, Sobat bisa menggunakan aplikasi e-commerce tersebut sebagai alternatif.

2. Berjualan Camilan atau Makanan
Kebanyakan orang memiliki kebiasaan ngemil, maka peluang usaha dari rumah dengan berjualan makanan atau camilan adalah peluang bisnis yang akan selalu ada peminatnya. Untuk meraup potensi yang besar, diperlukan juga riset sederhana agar usaha yang dijalankan di rumah berjalan dengan lancar. Seperti memberikan tester atau sharing dengan teman/tetangga.

Namun, jika Sobat memiliki resep keluarga yang enak dan unik, terlebih jika resep keluarga bisa memberikan rasa berbeda dari yang pernah ada atau memiliki ciri khas maka tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan.

3. Membuka Jasa Laundry Kiloan
Orang zaman sekarang suka sekali dengan hal praktis karena kesibukan setiap hari yang sulit dihindari. Dengan waktu yang banyak dihabiskan di kantor, banyak orang lebih memilih untuk “membeli” waktu orang lain untuk mengerjakan pekerjaan rumah mereka. Salah satunya adalah mencuci baju.

Dengan peluang seperti ini, membuka usaha laundry kiloan bisa menjadi ladang emas yang siap Sobat keruk. Dengan lokasi yang tepat dan strategi pemasaran yang direncanakan dengan matang, usaha rumahan ini akan segera memberikan pundi-pundi tambahan.

4. Membuka Jasa Penjahit Pakaian
Sobat memiliki hobi menjahit? Untuk itu, Sobat bisa menekuni peluang usaha ini di rumah. Mungkin peluang usaha yang satu ini terdengar ketinggalan zaman. Namun Sobat jangan keliru, karena usaha ini selalu dibutuhkan oleh orang banyak. Mungkin karena tidak memiliki alat atau juga tidak memiliki keahlian.

Peluang usaha seperti ini mungkin tak seperti rumput ilalang atau menambang emas, namun usaha ini tetap menjanjikan. Bayangkan saja jika menjahit celana bolong atau potong celana dihargai Rp15 ribu per celana lalu selama sebulan menjahit 30 celana, artinya dalam sebulan bisa meraup penghasilan Rp450 ribu dengan waktu pengerjaan yang cukup singkat. Menjanjikan bukan?

5. Membuka Jasa Air Minum Isi Ulang
Peluang usaha dari rumah yang satu ini sangat dibutuhkan oleh semua orang, karena semua orang pasti membutuhkan air, sehingga usaha ini bisa dibilang sangat menjanjikan. Namun karena usaha ini memerlukan modal yang tidak sedikit, Sobat perlu membuat riset terlebih dahulu agar modal yang dikeluarkan tidak sia-sia. Salah satunya adalah dengan memerhatikan sekitar lingkungan usaha, apakah warga sekitar terbiasa membeli air isi ulang atau tidak? Dan sebagainya.

Setelah mengumpulkan modal uang dan pengetahuan, Sobat bisa memulai bisnis ini tanpa keraguan lagi. Untuk strategi penjualan, Sobat bisa mengajak para pembeli untuk berlangganan serta titipkan produk Sobat di warung sembako sekitar rumah.

Baca Juga:
#dirumahaja CARI CUAN DARI BLOG
Jelang Lebaran, Tren Pendanaan di Akseleran Cenderung Meningkat

6. Peluang Usaha Menjadi Penulis Lepas
Saat ini cukup banyak pekerja lepas yang menjalani profesi sebagai penulis lepas, baik itu menulis artikel bahasa Inggris ataupun menulis artikel bahasa Indonesia bahkan bahasa asing lainnya. Untuk artikel bahasa asing biasanya tarifnya lebih mahal daripada artikel bahasa Indonesia. Ada beberapa tempat yang dapat dijelajahi untuk mendapatkan job dari orang yang sedang mencari penulis artikel, misalnya: Fiverr.com, Ads.id, Projects.co.id, Sribulancer.com, dan masih banyak lagi.

Tak jarang pula blog atau website yang sudah mulai banyak pengunjung akan membutuhkan tenaga penulis artikel untuk mengupdate konten blog atau websitenya. Semakin banyak konten yang dibangun, maka peluang untuk mendapatkan trafik juga akan semakin besar. Itulah sebabnya mengapa penulis lepas sering dicari oleh para pemilik blog atau website.

Tetapi Sobat harus tetap selektif untuk mendaftar sebagai penulis lepas karena tidak jarang pemilik blog atau website yang hanya ingin membayar penulisnya dengan rate yang sangat rendah. Rate yang rendah tersebut membuat para penulis tidak bersemangat untuk menciptakan konten yang baik. Tentukanlah rate yang Sobat inginkan sejak awal, sesuaikan dengan tingkat kesulitan topik konten dan kualitas tulisan Sobat.

7. Bisnis dengan Membuat Toko Online (Online Shop)
Memiliki sebuah toko online saat ini sudah sangat mudah. Bisnis online shop bisa dijalankan bagi Sobat yang memiliki toko offline dan ingin meningkatkan penjualan dengan cara menjual secara online. Namun bisnis ini juga bisa Sobat kerjakan jika tidak memiliki produk, caranya bergabung dengan supplier atau produsen yang menawarkan sistem dropship atau reseller.

Untuk memulai bisnis online shop tentunya Sobat harus punya toko online. Jika sudah punya, Sobat tinggal mencari produsen produk atau mitra kerja sama yang memberikan layanan reseller atau dropship. Setelah diterima menjadi mitra, Sobat bisa mulai memposting produk di toko online dan mempromosikan toko online tersebut. Sobat, mitra-mitra dropship atau reseller bisa dapatkan dengan mudah karena sudah banyak toko online yang menawarkan kerja sama tersebut.

Sobat, dari 7 (tujuh) peluang usaha bisa dilihat bahwa untuk memulainya mungkin tidak terlalu mudah, namun juga tidak terlalu sulit. Hal ini layaknya pekerjaan lainnya, usaha rumahan pun memiliki tantangannya tersendiri. Tentu saja tantangan ini bukanlah sesuatu yang harus Sobat hindari. Sebab, hanya dengan mengatasi tantanganlah Sobat dapat meraih penghasilan tambahan bahkan kesuksesan yang mungkin bisa menjadi penghasilan lebih besar daripada gaji bulanan sebagai karyawan.

Semoga ide peluang usaha di rumah tersebut bisa memberikan inspirasi untuk memulai bisnis sendiri. Ingat, keberanian untuk memulai adalah setengah dari kesuksesan. Jadi jangan takut untuk memulai.

Daftar sekarang dan dapatkan bunga hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang Sobat lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Daftar Akseleran dengan unduh aplikasi Akseleran di Google Play atau Apple App Store

Untuk Sobat yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]