Apa Itu Dunning Kruger Effect?

0
582
Apa Itu Dunning Kruger Effect?

Dewasa ini, banyak terpaan informasi khususnya melalui internet yang memungkinkan seseorang dengan mudah bisa terlihat seperti mahir di suatu bidang. Dengan kata lain, ada orang-orang yang sebetulnya tidak kompeten namun dianggap kompeten. Padahal untuk menjadi ahli dalam suatu bidang membutuhkan waktu dan bukan hanya belajar dari internet saja.

Fenomena ini disebut sebagai Dunning Kruger Effect. Dunning Kruger Effect adalah bias kognitif dimana seseorang yang mengalaminya keliru atas kemampuan yang dimiliki, sehingga menganggap orang bodoh dan yang paling pintar adalah dirinya sendiri. Hal ini tentu saja berbahaya karena orang yang mengalaminya bisa jadi mempercayai informasi yang salah lalu ia menyebarkannya ke orang lain.

Di tahun 1999, dua orang psikolog bernama David Dunning dan Justin Kruger mengadakan serangkaian penelitian mengenai kemampuan logika, tata bahasa, dan selera humor. Dunning dan Kruger menemukan bahwa peserta dengan hasil yang rendah justru menilai kemampuan mereka di atas rata-rata. Pada penelitian mengenai selera humor contohnya, beberapa peserta menunjukkan kemampuan yang rendah dalam menentukan seberapa lucu suatu objek. Uniknya, kelompok peserta inilah yang merasa bahwa selera humornya sangat baik. Sebab itulah fenomena ini merujuk pada kondisi dimana seseorang keliru menilai kemampuannya. Mereka merasa lebih hebat, pintar, dan superior.

Pada dasarnya Dunning Kruger Effect bukan penyakit mental, melainkan memang kerap hadir pada setiap orang dengan batas tertentu. Menurut David Dunning dan Justin Kruger, fenomena ini ada karena dorongan akibat beban ganda yang dimiliki oleh orang tersebut. Pada satu sisi seseorang itu memang tidak ahli dalam kompetensi tertentu, dan di sisi lain dia tidak bisa mengelola mentalnya untuk mengakui bahwa ia tidak mampu.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut