Debt Securities Adalah : Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

0
2679
Debt Securities Adalah

Debt securities mengacu pada berbagai instrumen utang. Debt securities adalah surat utang yang dapat diperjualbelikan antara dua pihak. Surat ini menetapkan beberapa hal, seperti jumlah yang dipinjam, suku bunga, tanggal jatuh tempo, dan perpanjangannya.

Ada beberapa jenis surat utang, antara lain obligasi pemerintah atau Surat Utang Negara (SUN), obligasi perusahaan, sertifikat deposito, obligasi pemerintah daerah, dan saham preferen.

Mengenal Debt Securities

Debt securities adalah aset keuangan yang memberikan hak perolehan aliran pembayaran bunga pada pemiliknya. Berbeda dari investasi saham, obligasi mewajibkan peminjam membayar kembali pokok pinjamannya. Bunga pinjaman tergantung pada tingkat kelayakan kredit yang dilakukan peminjam.

Jenis obligasi ditentukan oleh penerbit surat tersebut. Misalnya, obligasi perusahaan diterbitkan oleh perusahaan untuk dijual kepada investor. Dalam hal ini, investor meminjamkan sejumlah uang pada perusahaan untuk mendapatkan bunga yang telah ditetapkan dan disepakati bersama. Dalam surat obligasi itu akan tercantum pengembalian pokok dan tanggal jatuh tempo.

Ciri-Ciri Utama Debt Securities

  • Tanggal dan Harga Penerbitan

Tanggal dan harga penerbitan surat obligasi saat investor pertama kali membeli surat itu akan tercantum di dalamnya.

  • Coupon Rate

Pihak penerbit juga diwajibkan untuk membayar suku bunga yang juga disebut sebagai coupon rate. Nilainya bisa tetap sama selama obligasi masih berlaku atau berbeda dengan adanya inflasi dan keadaan ekonomi lainnya.

  • Tanggal Jatuh Tempo

Tanggal jatuh tempo adalah tanggal ketika pihak penerbit harus membayar pokok dan sisa bunga. Tanggal ini menentukan masa yang membedakan antara obligasi satu dan lainnya.

Jatuh tempo untuk obligasi jangka pendek adalah kurang dari setahun, obligasi jangka menengah adalah satu sampai tiga tahun, dan obligasi jangka panjang adalah tiga tahun atau lebih. Lamanya jatuh tempo memengaruhi harga dan suku bunga yang diserahkan ke investor. Semakin lama jatuh temponya, semakin tinggi pengembaliannya.

  • Pengembalian pada Jatuh Tempo

Ciri utama ini menunjukkan jumlah pengembalian tahunan yang bisa didapatkan investor jika utang belum dibayarkan hingga tanggal jatuh tempo.

Beda Surat Utang dan Surat Ekuitas

Surat ekuitas merupakan klaim pada pendapatan dan aset suatu perusahaan, sedangkan surat utang adalah investasi pada berbagai instrumen utang. Contohnya, saham tergolong surat ekuitas dan obligasi adalah surat utang.

Ketika seorang investor membeli obligasi perusahaan, ia sebenarnya meminjamkan uang pada perusahaan itu dan berhak mendapatkan pengembalian modal dan bunga atas obligasi tersebut. Sebaliknya, ketika seseorang membeli saham dari perusahaan, ia sebenarnya membeli sebagian kecil dari perusahaan itu. Jika perusahaan mendapatkan untung, investor juga mendapatkan bagian dari keuntungan itu, begitu juga jika perusahaan mendapatkan kerugian.

Manfaat Investasi Surat Utang

Walaupun tidak banyak orang melakukannya, investasi ini cukup menghasilkan. Beberapa manfaat investasi debt securities adalah:

Baca juga: Surat Utang Negara: Pengertian, Manfaat, dan Cara Penggunaannya

  • Pengembalian Modal

Salah satu manfaat yang didapat dari berinvestasi debt securities adalah investor bisa mendapatkan pengembalian modal dari obligasi yang dibeli. Obligasi memang diterbitkan untuk memberikan bunga dan pengembalian modal pada investor pada tanggal jatuh tempo. Pengembalian modal tergantung pada kemampuan penerbit dalam memenuhi janjinya.

  • Aliran Pendapatan Tetap dari Pembayaran Bunga

Pembayaran bunga dari obligasi juga menjadi aliran pendapatan tetap sepanjang tahun bagi investor. Sifatnya yang tetap ini dapat membantu memenuhi kebutuhan aliran dana investor.

  • Diversifikasi Portofolio

Strategi yang dipakai investor saat berinvestasi obligasi tentunya berbeda tiap individu. Namun, obligasi bisa menjadi cara investor untuk mendiversifikasi portofolio mereka. Kebalikan dari ekuitas yang berisiko tinggi, investor bisa menggunakan aset keuangan tersebut untuk mengatur risiko portofolio mereka.

Investor juga bisa mengatur tanggal jatuh tempo beberapa surat obligasi, mulai dari jangka pendek hingga jangka panjang. Keuntungan ini memungkinkan para investor untuk menyesuaikan portofolio mereka dengan kebutuhan masa mendatang.

Debt securities adalah salah satu bentuk investasi yang memberikan pendapatan melalui aliran pembayaran bunga yang dilakukan orang yang membelinya. Salah satu contohnya yang paling terkenal adalah obligasi. Salah satu manfaatnya adalah pemilik bisa mendapatkan pemasukan tetap dari bunga tiap bulan dan pembayaran pokok pada tanggal jatuh tempo.

Di dunia ini ada berbagai jenis investasi. Investasi utang adalah salah satunya dan yang tergolong berisiko rendah. Jika ingin mempersiapkan tabungan untuk hari tua dan situasi mendadak, inilah saatnya Anda berinvestasi. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 18% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]