7 Ciri Ciri Emas Asli Serta Cara Membedakannya!

0
209
Ciri Ciri Emas Asli

Emas kerap menjadi pertimbangan sebagai sarana berinvestasi atau mengamankan kekayaan. Kamu bisa menggunakan emas dalam bentuk batangan atau perhiasan. Namun, kamu juga perlu waspada terhadap keberadaan emas palsu di pasaran. Sebagai langkah antisipasi, kamu harus mengetahui ciri ciri emas asli dan perbedaannya kalau dibandingkan dengan emas palsu. 

Terdapat 7 ciri ciri emas asli yang bisa kamu kenali sebagai sarana untuk membedakannya dengan emas palsu. Ciri ciri tersebut adalah sebagai berikut: 

1. Kondisi Fisik

Ciri pertama yang bisa kamu perhatikan untuk membedakan emas asli dengan emas palsu adalah kondisi fisiknya. Emas asli dalam bentuk batangan, lazimnya memiliki cap khusus yang menjadi tanda kadar emas tersebut. Penulisan kadar emas dilakukan memakai satuan fineness, tetapi lazim dipahami masyarakat dengan satuan karat, seperti 10k, 18k, atau 24k. 

Selain itu, kamu perlu tahu kalau emas adalah logam yang memiliki struktur yang relatif lunak. Kamu bisa mengujinya dengan cara menggigit emas. Kalau terdapat bekas gigitan, kemungkinan besar logam tersebut adalah emas asli. Meski begitu, pengujian seperti ini tidak bisa kamu jadikan patokan. Karena, logam lain seperti timah juga memiliki sifat serupa. 

2. Warna Emas

Kamu perlu waspada ketika mendapati emas yang dapat berubah warna dengan mudah. Kamu bisa melakukan pengujian sederhana dengan menggosokkan emas pada permukaan telapak tangan atau telunjuk. Kalau warna permukaan emas tersebut terlihat memudar dan jadi tidak seragam, kemungkinan besar adalah emas palsu. 

Berkaitan dengan warna, kamu perlu tahu kalau emas merupakan logam yang tahan terhadap korosi. Kalau kamu memiliki simpanan emas yang ternyata memiliki lapisan korosi di bagian permukaannya, maka dapat dipastikan kalau itu bukan emas asli. 

3. Sifat Magnetik

Emas merupakan jenis logam mulia yang tidak bersifat magnetik. Kamu bisa memanfaatkan sifat ini sebagai ciri ciri emas asli dan membedakannya dengan emas palsu. Proses pengujian bisa kamu lakukan secara sederhana, cukup mendekatkan emas dengan magnet. Kalau terdapat reaksi, kemungkinan besar logam itu adalah emas palsu. 

4. Suara

Ada pula cara mengenali emas asli atau palsu lewat uji suara. Logam emas akan menghasilkan suara deringan panjang dan bernada tinggi ketika diketuk menggunakan koin. Sementara itu, emas palsu akan mengeluarkan suara yang durasinya lebih pendek dan memiliki nada rendah. 

5. Reaksi Kimia saat Ditetesi Cairan Asam

Ciri-ciri emas asli berikutnya dapat kamu ketahui lewat pengujian menggunakan cairan asam. Contoh cairan yang kerap digunakan untuk mengetahui keaslian emas adalah asam nitrat. Kamu dapat melakukannya dengan meneteskan cairan tersebut ke permukaan emas. 

Emas asli tidak akan menimbulkan reaksi kimia apa pun saat ditetesi cairan asam. Warnanya pun tidak mengalami perubahan. Sebaliknya, kamu akan mendapati adanya reaksi kimia ketika cairan asam tersebut diteteskan pada logam emas palsu.

Jenis reaksinya beragam, bergantung pada logam yang terkandung pada emas palsu tersebut. Kalau emas palsu tersebut berubah menjadi warna susu, maka logam tersebut adalah perak. Kalau muncul gelembung kecil dan lapisan berwarna kekuningan, maka logam itu adalah kuningan. 

Baca juga: Perbedaan Emas Putih & Emas Kuning

6. Tes Goresan

Kamu dapat pula mengenali ciri-ciri emas asli dengan melakukan tes goresan. caranya dapat dilakukan dengan menggoreskan emas pada keramik atau kertas. Kalau muncul goresan berwarna abu-abu, bisa dipastikan kalau itu adalah emas palsu. 

Hal yang perlu kamu tahu, emas asli merupakan jenis logam yang tidak mudah tergores. Oleh karena itu, ketika emas asli digesekkan dengan kertas atau keramik, kamu tidak akan menjumpai adanya bekas goresan pada permukaannya. Hanya saja, metode pengujian seperti ini cukup berisiko, berpotensi merusak tampilan emas.

7. Sertifikat Emas 

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui keaslian emas adalah dengan memperhatikan sertifikat. Setiap jenis emas batangan bakal disertai dengan sertifikat yang menjadi bukti keasliannya. Hanya saja, kamu perlu pula mewaspadai keaslian sertifikat tersebut. Tidak sedikit oknum yang berupaya memalsukan sertifikat emas. 

Kamu dapat mengetahui keaslian sertifikat emas dengan menggunakan sinar ultraviolet. Sertifikat yang asli bakal menampilkan garis minor berwarna-warni seperti yang ada pada uang kertas. Selain itu, kamu akan mendapati watermark perusahaan yang mencetak emas batangan tersebut. 

Nah, itulah 7 tips yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui ciri ciri emas asli. Semoga bermanfaat, ya. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]