Cara Mengatur Keuangan dengan Lancar Meski Pendapatan Tidak Tetap

0
207
Cara Mengatur Keuangan dengan Lancar Meski Pendapatan Tidak Tetap

Di era modern seperti sekarang yang serba mungkin, tidak sedikit orang yang memilih menjadi freelancer atau menjadikan usaha sebagai profesi. Dengan memilih profesi tersebut tentu alur pendapatannya berbeda dengan pegawai yang setiap bulannya mendapatkan penghasilan dengan jumlah dan waktu yang sudah pasti. Penghasilan menjadi sesuatu yang tidak pasti bagi para freelancer atau pengusaha. Oleh karenanya kamu harus mengatur keuangan agar tetap lancar meski penghasilan tak menentu. Nah bagi kamu yang memiliki penghasilan tidak tepat, simak cara cerdas mengatur keuangan berikut ini.

1. Hitung pengeluaran rata-rata tiap bulan

Supaya kondisi keuangan aman, catatlah pengeluaran bulanan mu dan buat perhitungan rata-rata untuk pengeluaran bulanan. Dengan cara ini, kamu jadi tahu berapa biaya yang kamu butuhkan setiap bulan dan bisa membantu kamu dalam menyusun anggaran pengeluaran.Jangan lupa untuk mematuhi anggaran yang sudah kamu buat.

2. Buat dua rekening tabungan

Memisahkan rekening mungkin bisa membantu kamu agar kamu tidak bingung mengalokasikan dana yang kamu miliki. Gunakan rekening pertama untuk mencatat segala transaksi untuk kegiatan freelance atau usaha mu. Sementara rekening lainnya bisa kamu gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti berbelanja, membayar cicilan, berinvestasi, dan lainnya.

3. Siapkan dana darurat sebanyak mungkin

Dengan kondisi penghasilan yang tidak dapat diprediksi, sebaiknya kamu menyisihkan dana darurat sebanyak mungkin jika memungkinkan. Terlebih lagi jika kamu sudah berumah tangga, sisihkan lebih banyak dari pengeluaran bulanan mu. Hal ini penting supaya ketika ada hal yang tak diinginkan, kamu tidak harus kerepotan mencari pinjaman sana-sini.

4. Lakukan proteksi keuangan

Sebagai bentuk tindakan preventif, jangan lupa untuk melakukan proteksi keuangan, terlebih lagi jika kamu adalah pencari nafkah utama di keluargamu. Kamu bisa menggunakan jaminan kesehatan seperti BPJS Kesehatan dan asuransi untuk melindungi diri dari hal yang tidak diinginkan.

5. Berhati-hati dengan piutang

Memiliki piutang yang menumpuk bisa menjadi masalah dan mempengaruhi cash flow mu. Buat lah sistem kontrak kerjasama dengan klien yang mengatur tentang pembayaran untuk meminimalisasi keterlambatan pembayaran atas pekerjaan yang telah kamu lakukan.

Selain tips di atas, disiplin dan konsistensi dalam hal keuangan juga menjadi kunci agar keuangan mu tetap lancar.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut