6 Kesalahan Finansial yang Banyak Terjadi di Usia 20an

0
162
6 Kesalahan Finansial yang Banyak Terjadi di Usia 20an

Masa muda memang hanya dapat dirasakan sekali seumur hidup. Terkadang hal ini cenderung membuat kita keliru dalam hal pengelolaan uang di usia muda. Terlebih lagi di usia ini biasanya seseorang baru mulai bekerja dan memiliki penghasilan sendiri sehingga tergoda akan euforia mengutamakan gaya hidup. Hal ini tanpa sadar akan membuatmu kesulitan secara finansial. Berikut ini adalah kesalahan saat mengatur keuangan di usia 20an yang bisa kita jadikan sebagai pelajaran.

1. Tidak Mengatur Pengeluaran

Hal sederhana tetapi banyak yang tidak melakukan adalah mengatur pengeluaran. Padahal hal ini memberi dampak signifikan pada keuangan seseorang. Kesalahan ini tentunya dapat membawa banyak kerugian untuk diri kamu sendiri. Selain pengeluaran jadi tidak terkontrol, beberapa kebutuhan primer pun terancam tidak dapat terpenuhi karena uang habis untuk hal yang tidak perlu. Lama kelamaan, kondisi seperti ini akan berujung dengan kesulitan di masa depan.

2. Mengutamakan Gaya Hidup

Tren gaya hidup dan lingkungan tempatmu berada terkadang membuatmu seakan tidak mau ketinggalan dengan yang lain. Hal inilah yang akhirnya dapat melahirkan sifat konsumtif pada diri. Mengikuti tren fashion terbaru, makan di restoran yang sedang hits, belanja barang-barang bermerk tentu sangat menggiurkan. Sayangnya, perilaku konsumtif dapat membuat pengelolaanmu menjadi berantakan. Jika kamu terus mengikuti dorongan ingin berbelanja, kamu akan rela mengeluarkan uang bahkan sampai berhutang untuk hal yang bersifat primer.

3. Tidak Memiliki Dana Darurat

Di usia 20an, seseorang kerap mengabaikan pentingnya memiliki dana darurat karena sudah merasa kebutuhannya dapat terpenuhi seakan tidak ada ketakutan di masa depan. Semestinya, setiap orang memiliki dana darurat yang dapat digunakan untuk menghadapi kondisi krisis. Idealnya, dana darurat dapat mencakup pengeluaran kamu selama enam bulan hingga satu tahun.

4. Menghabiskan Uang Berkedok Self-Reward

Memang betul bahwa kamu perlu memberikan menghadiahi dirimu sendiri karena telah bekerja keras. Namun apabila self-reward yang dilakukan secara berlebihan justru dapat menjadi boomerang bagi diri sendiri. Kamu boleh menyisihkan 10 persen dari total pendapatan khusus untuk menghadiahi dirimu sendiri. Menghargai diri sendiri itu penting dan sering kali baik, tetapi itu harus dilakukan dengan bertanggung jawab.

5. Tergiur Godaan Kartu Kredit

Sebetulnya, pemakaian kartu kredit tidaklah salah jika dikelola dengan benar. Namun jika kita menggunakannya untuk berbelanja secara impulsive akan berpotensi membuat keuangan berantakan. Pelayanan berbelanja dengan pembayaran di belakang, kerap membuat kita mudah tergoda untuk menggunakannya terus menerus. Pastikan dana yang kamu miliki cukup untuk melunasi utang di kartu kredit dan jangan sampai beban utang yang ada malah mengganggu ke depannya. 

6. Tidak Mempersiapkan Pensiun

Pada usia 20an, kamu mungkin belum merasakan pentingnya mempersiapkan pensiun karena merasa masih muda dan masih punya banyak waktu untuk mempersiapkannya. Semakin dini dana pensiun disiapkan, justru akan semakin cepat kamu bisa menikmati waktu ketika sudah berhenti bekerja. Oleh karena itu, persiapkanlah dana pensiun sedini mungkin.

Sebelum merugi terlalu banyak, yuk kita hindari kesalahan-kesalahan tersebut.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut