Ini 7 Cara Mencuci Emas Paling Mudah dan Aman

0
1270
Cara Mencuci Emas

Kepemilikan emas jadi salah satu cara yang tepat dalam berinvestasi atau mengamankan kekayaan. Kamu pun punya pilihan untuk memiliki emas dalam bentuk emas batang atau perhiasan. Terlepas apa pun pilihannya, kamu perlu mengetahui cara mencuci emas dengan baik. Dengan begitu, emas tetap terlihat berkilau dan menarik. 

Perawatan emas dengan cara mencuci bisa kamu lakukan secara sederhana. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tertentu untuk menggunakan jasa cuci emas profesional. Sebagai gantinya, kamu bisa mempraktikkan cara mencuci emas sendiri di rumah. Kamu pun bisa menggunakan berbagai jenis bahan untuk melakukan pencucian. 

Cara Mencuci Emas dengan Sederhana

Untuk membantu kamu dalam proses pencucian emas, berikut ini adalah 7 cara yang dapat dipraktikkan: 

1. Air Hangat

Cara pertama yang dapat kamu coba untuk membersihkan emas adalah dengan memanfaatkan air hangat. Proses pencucian dengan air hangat sangat sederhana. Kamu cukup merendam emas di dalam air yang hangat, lalu menggosoknya dengan sikat. Setelah itu, keringkan. 

Jangan sampai keliru menggunakan air panas sebagai sarana mencuci emas. Apalagi, kalau kamu memiliki emas dalam bentuk perhiasan. Penggunaan air panas untuk mencuci perhiasan emas dapat menimbulkan efek negatif. Suhu yang terlalu panas berisiko membuat logam lain di dalam perhiasan memuai, melunturkan lem, dan lain sebagainya. 

2. Campuran Detergen dan Soda

Solusi cara mencuci emas selanjutnya bisa kamu praktikkan dengan menggunakan campuran antara detergen dan soda. Kamu dapat mempersiapkan campuran kedua bahan tersebut dalam sebuah wadah dan memasukkan emas ke dalamnya. Diamkan sekitar 10-20 menit. Setelah itu, bersihkan emas memakai sikat dengan bulu lembut dan keringkan menggunakan kain. 

3. Sabun Cuci Piring

Bahan sederhana yang bisa kamu manfaatkan untuk mencuci emas selanjutnya adalah sabun pencuci piring. Cara pemakaian sabun pencuci piring untuk membersihkan emas tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mencampur sabun dengan sedikit air dan mengaduknya sampai rata. 

Setelah itu, kamu bisa memasukkan emas ke dalam cairan sabun dan merendamnya selama 5 menit. Setelah itu, ambil sikat lembut dan menggosok emas secara perlahan. Kalau sudah bersih, kamu dapat membilas emas dengan air dan mengelapnya menggunakan kain sampai kering. 

4. Pasta Gigi

Ada pula solusi cara mencuci emas menggunakan pasta gigi. Proses pencucian dapat kamu lakukan dengan terlebih dahulu mencampur pasta gigi dengan air. Setelah itu, kamu bisa menyikatkannya secara perlahan ke permukaan emas. Terakhir, kamu dapat membilasnya sampai bersih dan mengeringkan emas tersebut. 

Baca juga: Stok Barang: Pengertian, Tips dan Cara Mengelolanya

5. Amonia

Bahan selanjutnya yang dapat kamu manfaatkan untuk mencuci emas adalah amonia. Penggunaan amonia untuk mencuci emas bisa kamu lakukan setelah terlebih dahulu mencampurnya dengan air. Pencampuran tersebut dapat kamu lakukan dengan perbandingan 1:6. 

Kalau campuran amonia dan air sudah siap, kamu dapat merendam emas ke dalamnya selama kurang lebih 1 menit. Hindari kontak antara tangan dengan cairan amonia. Sebagai gantinya, manfaatkan pinset untuk mencelupkan dan memasukkan emas. Setelah itu, bilas emas menggunakan air bersih. 

Berkaitan dengan penggunaan zat kimia untuk membersihkan emas, kamu perlu hati-hati dengan senyawa klorin. Jangan pernah memakai klorin untuk mencuci emas. Alasannya, karena klorin berpotensi merusak emas. 

6. Soda Kue

Cara mencuci emas secara sederhana berikutnya dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan soda kue. Bahan yang satu ini memang terkenal efektif kalau digunakan untuk membersihkan berbagai jenis kotoran, termasuk kotoran yang menempel pada permukaan emas. 

Kamu dapat mencampurkan 60 ml soda kue dengan 2 sendok makan air putih. Setelah itu, masukkan emas ke dalam campuran soda kue tersebut dan diamkan selama beberapa menit. Selanjutnya, bilas emas memakai air bersih dan lap menggunakan kain lembut sampai kering. 

7. Alkohol

Solusi cara mencuci emas terakhir yang bisa kamu praktikkan adalah menggunakan alkohol. Proses pembersihan emas dengan alkohol sangat sederhana. Kamu cukup merendam emas dalam cairan alkohol dan menyikatnya. Setelah itu, bilas emas menggunakan air mengalir.

Nah, itulah tips cara mencuci emas secara sederhana yang bisa kamu praktikkan di rumah. Dengan cara tersebut, kamu tidak mengalami kesulitan untuk mempertahankan tampilan emas sehingga tetap berkilau dan menarik. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]