Cara Mudah Mencari Persen Menggunakan Kalkulator dan Excel

1
105
Cara Mencari Persen

Persen menjadi sesuatu hal yang kerap Anda jumpai, baik itu dalam pelajaran matematika, ekonomi dasar, maupun akuntansi. Anda juga pastinya sering menjumpai persen saat sedang berbelanja di pusat perbelanjaan. Biasanya, ini terjadi apabila toko memberikan diskon atau potongan harga. Memang benar, sangat menggiurkan melihat besarnya persen diskon barang yang ditawarkan. 

Namun, sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian, tidak ada salahnya mengetahui berapa harga pasti dari barang tersebut. Anda bisa mendapatkannya dengan menggunakan cara mencari persen baik dengan menggunakan kalkulator maupun dengan memasukkan rumus formula di Excel. 

Definisi Persen

Sebenarnya, apa itu persen? Jika diartikan secara umum, persen merupakan suatu bentuk bilangan yang menggantikan setengah atau semua dari suatu barang atau nilai dengan membentuk perbandingan perseratus. Tidak ada batasan nilai paling tinggi untuk persen, sementara nilai paling rendahnya adalah 0%. Perlu diketahui bahwa tidak terdapat angka minus pada bilangan persen.

Rumus Dasar Perhitungan Persen

Sebenarnya, cara mencari persen tidak sulit. Anda hanya perlu menggunakan rumus berikut:

Persentase = Jumlah Bagian : Jumlah Total x 100%

Supaya Anda lebih mudah memahami rumus tersebut, coba perhatikan contoh soal di bawah ini.

Misalnya, terdapat 100 orang yang tengah mengerjakan ujian matematika. Hasilnya, ada 20 orang tidak lulus. Lalu, berapa persentase orang yang tidak lulus ujian matematika tersebut?

Menerapkan rumus di atas, perhitungan persen didapat dengan 20 : 100 x 100% = 20%.

Jadi, persentase orang yang tidak lulus matematika adalah sebesar 20%.

Cara Mencari Persen dengan Menggunakan Kalkulator

Setelah mengetahui cara mencari persen secara umum, Anda bisa mencoba mencari persen dengan menggunakan kalkulator. Berikut langkah-langkahnya:

Mengetahui Persentase Secara Manual

Tak berbeda dengan rumus dasarnya, cara mencari persen dengan menggunakan kalkulator juga bisa dibilang sangat mudah. Misalnya, Anda hendak menghitung jumlah persen secara manual dengan kalkulator, berikut caranya:

  • Contohnya, 20 berapa persen dari 80?

Pertama, ketik dahulu angka 20. Selanjutnya, kamu bagi angka 20 tadi dengan 80 (20 : 80). Lalu, kalikan dengan 100, dan tekan ikon sama dengan (=). Anda akan mendapat hasilnya. 

Menghitung dengan Tombol Persen

Cara kedua yaitu menggunakan ikon persen (%) yang ada pada kalkulator. 

  • Contohnya, hitunglah 50% dari 100.

Langkah pertama, tekan terlebih dahulu angka 50. Selanjutnya, tekan simbol persen pada kalkulator (%). Anda akan mendapatkan hasil perhitungan tersebut. Lalu, kalikan hasilnya dengan angka 100 dan tekan ikon sama dengan (=). 

Baca juga: Ini Cara Menghitung Diskon yang Benar Serta Rumusnya!

Cara Mencari Persen Menggunakan Kalkulator Ponsel

Kini, menggunakan kalkulator untuk menghitung persentase tertentu juga dapat dilakukan melalui ponsel. Bagaimana caranya? Simak langkahnya berikut ini.

Agar perhitungannya jadi lebih mudah, ambil contoh persen potongan harga atau diskon pada suatu gerai tas. Sebuah tas ransel mendapatkan diskon 20% dengan harga awal Rp300 ribu. Jadi, berapa harga tas ransel itu setelah mendapatkan potongan harga?

  • Setelah membuka aplikasi kalkulator, ketik angka 20 dan ikuti dengan ikon persen (%).
  • Selanjutnya, kalikan hasil perhitungan persen dengan harga awal tas tersebut (300.000 x 0,2). Hasilnya adalah persen dari potongan tas ransel tadi, yaitu Rp60 ribu.
  • Terakhir, kurangi harga jual awal tas dengan harga diskon, yaitu Rp300.000,00 – Rp60.000,00 = Rp240.000,00.

Jadi, harga tas ransel setelah mendapatkan diskon adalah sebesar Rp240 ribu.

Cara Mencari Persen Menggunakan Excel

Sementara itu, cara mencari persen dengan menggunakan Excel bisa Anda dapatkan dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

Mengetahui Jumlah Persen

Misalnya, Anda hendak mencari hasil perhitungan 10% dari kolom C. Perhitungannya bisa didapat dengan menggunakan formula berikut

=10%*C1, dengan C1 adalah bagian kolom yang hendak dihitung persennya.

Mengetahui Besaran Persen

Misalnya, Anda ingin menghitung 50 itu berapa persen dari 100. Formula yang bisa Anda gunakan adalah:

=50/100, lalu tekan ikon simbol % yang terdapat pada menu bar.
Nah, demikian tadi cara mencari persen dengan menggunakan kalkulator, baik kalkulator konvensional maupun kalkulator ponsel dan menggunakan Excel. Anda bisa mulai mencobanya sendiri untuk jenis perhitungan persen lainnya menggunakan rumusan dan cara di atas. Semoga bermanfaat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]