Sudah Tahu Apa itu Rekber? Ini Cara Kerjanya!

0
14342
Rekber

Rekber adalah singkatan dari rekening bersama. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan membuat rekening bersama. Salah satunya bertransaksi online. Bagaimana caranya? Ketahui dahulu apa itu rekber dan penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Apa itu Rekber?

Rekber atau rekening bersama merupakan salah satu metode pembayaran secara daring atau online yang dinilai relatif lebih aman dibandingkan metode transfer pembayaran langsung ke rekening toko online. Oleh karena itu, semakin banyak peminat metode transaksi via rekening bersama yang pertama kali dipopulerkan di Tanah Air oleh forum Kaskus.

Di luar negeri, rekening bersama ini dikenal dengan sebutan escrow service (ES). Demikian pula di dunia perbankan Indonesia, kita mengenal rekber dengan istilah escrow service. Sebutan “rekening bersama” ini sebenarnya hanyalah istilah yang lebih mudah dipahami masyarakat awam. 

Dioperasikan oleh pihak perantara transaksi di antara pihak penjual dan pihak pembeli online, rekening bersama merupakan sebuah tanggung jawab besar yang harus dijalankan perusahaan penyedia jasanya. Di Indonesia, untuk menjadi seorang pengusaha rekber, Anda dapat membuka rekening di suatu bank terkemuka dengan cara perseorangan saja. Modalnya hanya dengan membuka rekening di bank sebagai penampung uang transaksi antara pihak penjual dan pembeli. 

Penghasilan seorang pengusaha rekening bersama diperoleh dari biaya administrasi jasa yang mereka jalankan. Contohnya, mereka menetapkan tarif jasa sebesar Rp10.000 untuk setiap transaksi pembelian barang senilai Rp100.000 – Rp500.000 dan tarif Rp20.000 per transaksi sebesar Rp501.000 – Rp1.000.000 dan seterusnya. 

Cara Kerja Rekening Bersama

Seperti telah dibahas sebelumnya, rekber dinilai aman sebagai metode pembayaran online. Bagaimana bisa begitu? Mari temukan jawabannya dengan memahami cara kerja rekening bersama melalui contoh kasus transaksi berikut ini:

  1. A hendak membeli sebuah ponsel di toko online B.
  2. Harga ponsel dibanderol Rp4.000.000.
  3. Transaksi pun menggunakan jasa rekber C dengan tarif yang dibebankan kepada A sebagai pihak pembeli.
  4. Tarif rekening bersama yang ditetapkan C untuk transaksi senilai Rp4.000.000 adalah Rp20.000.
  5. A mentransfer Rp4.020.000 ke rekening C. Setelah proses transfer sukses, A harus mengkonfirmasi C sesuai dengan kebijakan.
  6. C wajib menjawab konfirmasi mengenai transfer dari A. Jika uang hasil transfer sudah diterima, C pun harus mengabari B selaku penjual mengenai transaksi antara A dan C tersebut. 
  7. Setelah mengetahui konfirmasi dari C, B pun segera mengirimkan paket ponsel jualannya ke A. Proses pengiriman paket ini juga harus diketahui C.
  8. A harus mengkonfirmasi C bila barang yang dibeli sudah sampai/diterima dan bahwa barang dalam kondisi baik dan sesuai pesanan. Bila ada keluhan pun A harus memberitahukan C. 
  9. Jika barang sudah sesuai, berikutnya, C mentransfer uang Rp4.000.000 ke B sesuai harga barang. Namun, jika faktanya berbeda, misalnya, barang tidak sesuai pesanan, tidak dalam kondisi layak, atau bahkan tidak dikirimkan sesuai perjanjian, C berhak mengembalikan uang Rp4.000.000 tersebut kepada A. 
  10. Apa pun hasil transaksi antara A dan B, uang jasa rekber sebesar Rp20.000 tetap menjadi hak C. 

Baca juga: Registrasi Rekening Dana Lender BCA dibuka di Akhir Tahun Ini!

Kesimpulan

Setelah memahami contoh kasus di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa jasa rekber berguna untuk mencegah penipuan yang berpotensi dilakukan penjual/pemilik toko online kepada calon pembeli. Dengan metode ini, win-win solution bisa dicapai. Pembeli tetap harus mentransfer uang terlebih dahulu, kemudian penjual hanya dapat menerima uang ketika barang sudah benar-benar dikirimkan dalam kondisi layak. Jasa rekening bersama merupakan pihak ke-3 yang berfungsi sebagai perantara dalam bertransaksi online.

Namun, Anda tetap harus berhati-hati. Meskipun rekber dinilai sebagai sebuah metode transaksi daring yang aman, tidak berarti luput dari kasus penipuan. Salah satu contohnya, kasus pengusaha jasa rekening bersama BlackPanda yang belum lama ini viral. Pengusaha ini dituduh membawa lari uang transaksi sebesar lebih dari Rp500.000.000! Jadi, tetaplah waspada dalam bertransaksi online

Nah, bila Anda tertarik berinvestasi, coba saja menginvestasikan modal Anda untuk menjadi pengusaha rekber. Dengan memupuk kredibilitas tinggi dari klien, Anda dapat menjadi pengusaha rekening bersama yang sukses dan meraih omset yang tinggi. Selamat mencoba!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]