Cara Membangun Relasi untuk Meraih Kesuksesan

1
206
Cara Membangun Relasi untuk Meraih Kesuksesan

Banyak yang berpendapat bahwa orang akan mudah mendapat pekerjaan jika memiliki kenalan atau lebih sering disebut orang dalam. Pada kenyataannya relasi adalah hal yang terpenting jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan dan target sesuai keinginan dengan cepat. Menurut studi yang dikutip dari laman Lifehack, 70% pekerjaan tidak pernah diiklankan pada iklan baris pekerjaan dan 80% posisi diisi karena seseorang mengenal seseorang. Ini berarti pekerjaan yang didapat banyak orang kebanyakan dari bantuan relasi, bukan karena kolom pencari pekerjaan atau sejenisnya. Lalu bagaimana kiat membangun relasi tersebut?

1. Menjangkau Koneksi yang Sudah Ada

Kamu bisa mulai dengan cara sederhana seperti chat WhatsApp menanyakan kabar dan apa yang mereka lakukan adalah cara yang bagus untuk memulai. Ini bukan hanya tentang siapa yang kamu kenal, tetapi siapa yang mereka kenal juga. Kamu tidak perlu takut canggung dan mulai tanyakan apakah mereka mengenal seseorang di bidang terkait yang dapat mereka kenalkan kepada mu.

2. Tunjukan Kamu Serba Bisa

Pola pikir yang baik untuk dimiliki dalam networking adalah memikirkan tentang bagaimana kamu juga dapat berkontribusi atau membantu mereka tanpa mengharapkan imbalan apapun. Pikiran semacam inilah yang dapat menumbuhkan ketergantungan seseorang kepada kamu. Sangat mudah untuk memanfaatkan networking sebagai cara mendapatkan keuntungan untuk diri kamu sendiri untuk mendapat peluang dan kesempatan baru.

3. Dengar dan Pelajari

Memperluas dan membangun network yang kuat melibatkan pola pikir yang berfokus pada mendengarkan dan belajar. Jika orang tersebut bekerja di bidang yang coba kamu masuki, ini saatnya mengajukan beberapa pertanyaan yang mungkin mereka pahami tentang bidang tersebut.

4. Tunjukkan Keahlian yang Dimiliki

Ada kemungkinan baik bahwa pada suatu saat seseorang akan bertanya tentang apa yang kamu lakukan atau keahlian yang dimiliki. Ini adalah kesempatan mu untuk berbagi pengalaman dan keahlian yang dimiliki. Ceritakan apa yang telah kamu lakukan di masa lalu dan mengapa menyukai bidang tersebut. Namun, perlu diingat tidak perlu terlalu panjang menjelaskan tentang kelebihan agar tidak terkesan pamer. Jika mereka ingin tahu lebih banyak, mereka pasti akan bertanya lebih jauh tentang keahlian yang kamu miliki.

5. Terapkan Everyday Networking sebagai Bagian dari Hidup

Tidak ada alasan untuk menunggu acara networking besar karena ada peluang untuk networking, membangun, dan memperkuat koneksi setiap saat. Terapkan everyday networking sebagai bagian dari hidup. Jangkaulah beberapa kontak lama yang belum pernah dihubungi sejak kamu mengenal mereka, seperti teman komunitas, teman organisasi, atau teman sekolah dulu, juga bangunlah relasi sebaik dan sebanyak mungkin dengan beberapa orang lainnya yang akan kamu temui nantinya.

Dengan mengadopsi pola pikir relasi sebagai bagian dari hidup, pada akhirnya akan menjadi kebiasaan, dan dengan begitu, kamu akan dengan mudah mendapat bantuan dari relasi dan kepercayaan yang kamu tanam setiap harinya.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut