Cara Melatih Diri untuk Berpikir Kritis

1
101
Cara Melatih Diri untuk Berpikir Kritis

Pernahkah kamu memiliki suatu ide atau menerima masukan orang lain di tempat kerja, namun tidak yakin apakah ide tersebut baik untuk dirimu atau tidak? Apalagi di era digital ini, semakin banyak informasi yang berseliweran sehingga terkadang membuat kita bingung dalam mengambil keputusan.

Ternyata berpikir kritis dapat membantumu untuk menganalisis apakah suatu ide atau masukan dapat bermanfaat untuk dirimu dan perkembangan kariermu. Bahkan, berpikir kritis bisa diterapkan dalam kehidupan pribadimu juga. Berpikir kritis dapat membantu kita memutuskan dengan tepat dan cermat.

Berpikir kritis adalah sebuah metode berpikir rasional dengan menganalisis suatu fakta sehingga seseorang terhindar dari bias dan kesalahan dalam mengambil keputusan. Dengan berpikir secara kritis, seseorang bisa menyelesaikan masalah dengan mudah, mengenali diri dengan baik, dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi. Kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Kita dapat menentukan prioritas dan strategi terbaik, meningkatkan performa kerja, serta menjaga kualitas hubungan antar rekan kerja.  Berikut ini adalah 5 cara melatih dirimu untuk berpikir kritis:

1. Ketahui apa yang ingin dicari

Pertama kamu bisa membuat daftar pertanyaan seputar tujuan yang ingin dicapai. Hal ini bisa membantu menyeleksi pertanyaan relevan yang akan menjadi titik awal.

2. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin

Jangan pernah mengandalkan asumsi sendiri. Kamu perlu mencari tahu lebih lanjut tentang suatu hal, baik dengan bertanya pada pakar, pihak berwenang, rekan kerja, maupun membaca dari berbagai sumber yang kredibel di internet.

3. Terapkan informasi yang diperoleh

Pada tahap ini, lihat apakah konsep, asumsi, dan interpretasi yang kamu simpulkan terdengar logis. Gunakanlah tahap ini untuk menolongmu berpikir secara kritis.

4. Pertimbangkan dampak jangka panjangnya

Setiap pilihan pasti memiliki konsekuensi, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, bijaklah menetapkan pilihan yang paling tepat dengan dampak negatif paling sedikit.

5. Pelajari sudut pandang lain

Jika ada yang tidak setuju dengan kesimpulan yang kamu ambil, cari tahu alasannya dan pahami perspektif mereka. Kamu mungkin menemukan sudut pandang lain yang tak terpikirkan sebelumnya.

Itu lah kiat-kiat yang bisa kamu lakukan untuk melatih diri untuk berpikir kritis Selamat mencoba!

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut