Love Language di Tempat Kerja

1
84
Love Language di Tempat Kerja

Kamu pasti sudah sering mendengar love language dalam hubungan asmara. Namun tahukah kamu jika love language juga ada dan diperlukan di tempat kerja? Love language di tempat kerja bisa diterapkan agar kita bisa menjadi rekan kerja yang suportif sehingga membentuk teamwork yang baik.

Love language sendiri, pertama kali diciptakan oleh Gary Chapman dalam bukunya The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate di tahun 1992, yang menguraikan lima cars umum pasangan dalam mengekspresikan rasa cinta. Seiring berjalannya waktu, ternyata love language tidak hanya terpaku dalam hal asmara saja, melainkan di lingkungan kerja. Sama seperti memahami love language pasangan, memahami love language di tempat kerja dapat membantu kita memahami cara kerja dan komunikasi yang disukai oleh rekan kerja sehingga bisa lebih terikat. Berikut ini adalah penjelasan beserta contoh yang bisa kamu terapkan di kantor

Word of Affirmation

Apakah kamu pernah merasa sedang berada di fase malas bekerja? Kemudian setelah memutuskan sharing dengan teman-teman kantor dan mendapat feedback dari mereka, entah kenapa semangat kerja kamu jadi naik lagi. Jika kamu pernah mengalami hal ini, bisa jadi love language kamu adalah word of affirmation. Bahasa cinta ini memang identik ditunjukan melalui ucapan seperti pujian, kata-kata semangat atau selamat, hingga feedback yang dapat membuat kita belajar tentang diri kita sendiri dan berkembang. Jika kamu memiliki rekan dengan love language ini, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan seperti mengapresiasi setiap hal terkecil dengan mengucapkan terima kasih atau memberikan pujian

Receiving Gift

Love language yang satu ini identic dengan kesenangan ketika mendapat hadiah. Meski begitu, receiving gift tidak terbatas pada pemberian berbentuk benda atau barang. Love language receiving gift di lingkungan kerja bisa kamu lakukan atau didapatkan dalam bentuk lainnya. Misalnya memberikan atau mendapatkan cuti ulang tahun, promosi jabatan, kesempatan employment exchange ke luar kota atau ke luar negeri.

Quality Time

Sesuai dengan istilahnya, love language ini menunjukan rasa cinta dan sayang dengan meluangkan waktu bersama rekan untuk melakukan hal-hal yang berkualitas. Jika kalau kamu tipe orang yang suka diajak makan siang, diskusi, brainstorming hinga merayakan anniversary kantor, mungkin love language kamu adalah quality time. Sebab kamu percaya dengan menghabiskan waktu berkualitas bersama teman-teman kantor tak hanya membuat hubungan kalian lebih kompak dan erat, tapi juga bisa membuatmu lebih bersemangat alih-alih merasa Lelah saat menghabiskan waktu bersama mereka. Jika kamu memiliki rekan kerja dengan love language ini, ajak mereka sesekali makan siang diluar tanpa membahas pekerjaan.

Act of Service

Kunci utama dari love language ini adalah membantu hal-hal berat sulit bagi rekan kita sehingga menjadikan hal tersebut lebih mudah. Begitu pula dalam konteks pekerjaan, kalau kamu merasa senang banget ketika ada teman yang menawarkan bantuan di tengah kesibukan kamu karena kerjaan yang menumpuk, maka bisa jadi love language kamu adalah Act of Service nih. Dibandingkan sekadar ucapan kata, orang dengan love language act of service memang lebih percaya dan tersentuh dengan perilaku karena menganggap hal tersebut adalah bentuk nyata yang ditunjukan dari perhatian dan kasih sayang.

Physical Presence

Terakhir, kalau kamu lebih senang dan semangat kerja di kelilingi banyak orang dibanding sendirian, mungkin love language kamu adalah physical presence. Dibandingkan berkomunikasi lewat telepon, chat lewat aplikasi atau online, kamu lebih nyaman untuk berkomunikasi langsung dengan tatap muka, dan biasanya orang-orang yang memiliki love language in adalah orang yang memang senang bertemu orang lain.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut