Ini 3 Cara Isi Token Listrik dengan Lebih Cepat dan Mudah!

0
171
Cara Isi Token Listrik

Cara Isi Token Listrik – Listrik adalah kebutuhan primer bagi manusia yang hidup di zaman modern seperti sekarang. Hampir semua benda-benda yang mendukung kehidupan sehari-hari menggunakan tenaga listrik. Sejak dikenalkan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) pada tahun 2008, kebanyakan rumah sekarang telah menggunakan listrik dengan metode prabayar atau token. 

Listrik prabayar ini memudahkan pelanggan untuk mengontrol sendiri pengeluaran listriknya tanpa takut diputus PLN jika telat bayar. Nah, buat kamu yang ingin baru beralih ke listrik prabayar, bisa disimak dulu cara isi token listrik berikut ini.

Cara Mengisi Token Listrik

Untuk mengisi ulang listrik prabayar di rumahmu tidak sulit, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masukkan 20 digit angka token listrik yang telah kamu beli ke meteran listrik lalu tekan “enter”. Jika melakukan kesalahan dalam mengetikkan angkanya, kamu tinggal tekan tombol “backspace”, lalu mengetikkan angka yang benar.
  2. Kalau angka token yang kamu masukkan sudah benar, akan muncul tulisan “benar” atau “accept” pada layar meteran listrik kamu dan jumlah kWh yang ditampilkan di layar akan bertambah sejumlah daya yang kamu beli.
  3. Kalau tulisan yang muncul di layar adalah “salah” atau “reject”, artinya kode yang kamu masukkan tidak benar.

Cara Membeli Token Listrik Secara Daring

Untuk mendapatkan 20 digit angka token listrik yang bisa kamu masukkan ke meteran di rumah, kamu bisa melakukan pembelian baik secara daring maupun secara langsung ke penjual voucher listrik atau melalui mesin ATM. Pembelian secara daring dapat kamu lakukan melalui fasilitas mobile banking dari Bank yang kamu punya ataupun melalui aplikasi marketplace yang kini telah banyak menyediakan fitur pembelian token listrik.

Jika kamu menggunakan Bank Mandiri, berikut cara isi token listrik melalui aplikasi Livin’ Mandiri:

  1. Buka aplikasi Livin’ by Mandiri di ponsel kamu lalu login menggunakan akun yang kamu punya. Jika kamu belum memasang aplikasinya di ponsel, kamu bisa unduh melalui Playstore dan Appstore secara gratis.
  2. Setelah sukses login, pilih menu “Beli”.
  3. Pilih menu “Buat Pembelian baru” lalu pilih “PLN Prabayar”.
  4. Tentukan di bagian atas layar rekening yang akan kamu gunakan untuk membayar, lalu pada “Penyedia Jasa”, pilih “PLN Prabayar”.
  5. Kemudian masukkan IDPEL/No. Meter kamu dan tentukan Nominal Token yang ingin kamu beli, lalu pilih “Lanjut”. 
  6. Konfirmasi dan masukkan nomor MPIN. 
  7. Jika proses pembelian berhasil akan muncul resi, jangan lupa untuk tangkap layar ataupun pilih icon unduh untuk menyimpan kode token PLN. Nomor token terdapat dalam resi pembelian di bagian bawah yang bertuliskan Token/Stroom.

Kamu juga bisa membeli token listrik melalui aplikasi Bukalapak, Shopee, ataupun Tokopedia. Prosesnya pun mirip-mirip di setiap marketplace, biasanya menu pembelian token tersebut terdapat pada menu yang berjudul Topup atau Tagihan. Kamu tinggal memasukkan nomor meter listrik, memilih nominal yang ingin dibeli, lalu melakukan pembayaran seperti biasa pada marketplace tersebut. Token listrik biasanya akan dikirim ke ponsel kamu setelah pembelian terkonfirmasi.

Baca juga: Ini Daftar Mobil Listrik yang Beredar di Indonesia

Cara Membeli Token Listrik Secara Langsung

Jika kamu lebih suka membeli token listrik secara langsung, kamu bisa datang ke minimarket atau kios penjual voucher listrik dan tinggal menyebutkan nomor meter listrik dan nominal yang ingin kamu beli ke kasirnya. Kasir akan memproses pembayaran dan memberikan struk yang berisi nomor token listrik yang bisa kamu masukkan ke meteran listrik di rumah. Biasanya kamu akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp2.000.

Kamu juga bisa membeli sendiri token listrik melalui mesin ATM. Caranya tidak sulit, setelah memasukkan kartu dan PIN, kamu bisa cari menu pembayaran yang biasanya muncul setelah kamu memilih menu “transaksi lainnya” pada menu utama. 

Setelah menu pembayaran muncul, kamu bisa pilih opsi “PLN” dan kemudian memilih “Prabayar”.  Masukkan 11 digit nomor meter, dan pilih nominal token yang ingin kamu beli, lalu selesaikan transaksi. Setelah pembayaran sukses, akan ada struk yang keluar dari mesin ATM yang berisi kode token listrik yang bisa kamu masukkan ke meteran di rumah.

Nah, itulah tadi beberapa cara isi token listrik yang mudah dan cepat. Jika ada kendala lebih lanjut yang kamu hadapi, jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan PLN 123 atau melalui akun media sosial PLN di Twitter atau Facebook.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]