Cara Dapat Modal Usaha Tanpa Harus ke Bank

0
8737
Akseleran_Article_Featured_Image_1366x768_caradapatmodalusaha

Beberapa tahun terakhir ini, geliat perkembangan entrepreneurship semakin terlihat pesat. Banyak anak muda yang lebih tertarik untuk mengembangkan bisnis sesuai passion-nya dibanding mengejar karir sebagai karyawan. Yang menarik adalah bagaimana cara dapat modal usaha untuk bisnis tersebut.

Menjadi pengusaha memang terlihat lebih menyenangkan. Bayangkan, Anda bisa bekerja sesuai dengan minat Anda, tidak terikat jam kerja, serta dapat menghasilkan pendapatan yang tak terbatas. Sangat nikmat kan? Sayangnya, banyak calon pengusaha yang gagal mewujudkan impiannya tersebut karena terkendala modal.

Sebagian besar orang berpikir satu-satunya cara mendapatkan modal adalah dengan mengajukan pinjaman dana ke bank. Sementara tidak semua orang memiliki aset berharga untuk dijaminkan sebagai syarat pengajuan pinjaman dana. Padahal jika ditilik lebih jauh, sebenarnya saat ini banyak cara dapat modal usaha tanpa harus berurusan dengan pihak bank. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan berikut.

  1. Barang Berharga yang Jarang Digunakan

Coba perhatikan di dalam rumah Anda, adakah barang-barang berharga yang tidak terpakai atau kurang maksimal penggunaannya. Anda bisa mengumpulkan barang-barang berharga tersebut lalu menjualnya. Uang hasil penjualan barang-barang tersebut dapat Anda gunakan untuk menambah modal usaha yang Anda butuhkan.

Dari beberapa barang seperti gadget, televisi, kipas angin, mesin cuci, tas, pakaian, dan sepatu, manakah yang sekiranya jarang Anda pakai namun masih memiliki nilai jual tinggi? Anda dapat menjualnya melalui garage sale atau menjualnya secara online melalui komunitas pencinta barang preloved atau melalui marketplace dan instagram. Meskipun dana yang diperoleh melalui cara ini mungkin tidak terlalu besar, namun setidaknya dapat menambah modal usaha Anda.

  1. Menabung

Menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung juga dapat menjadi modal usaha. Sisihkan sekitar 30% dari pendapatan Anda per bulan, maka modal yang Anda butuhkan dapat segera terkumpul. Misalnya pendapatan Anda setiap bulan sekitar Rp3 juta, sisihkan Rp1 juta per bulannya. Jika modal usaha yang Anda butuhkan Rp10 juta maka dalam 10 bulan modal tersebut akan terkumpul.

Menabung seperti ilustrasi di atas, memang terkesan mudah, namun nyatanya tidak banyak orang yang mampu disiplin menyisihkan uangnya untuk investasi atau modal usaha. Salah satu cara mudah untuk menabung yaitu dengan menyisihkan dana di awal bulan menggunakan rekening terpisah. Menabung di awal akan mengurangi risiko dana tabungan terpakai untuk kebutuhan konsumsif.

  1. Menggadaikan Barang

Jika Anda belum rela menjual barang berharga Anda untuk mendapatkan modal usaha, Anda bisa memilih menggadaikannya. Dana yang didapat dari gadai barang memang tidak sebanyak jika Anda menjual barang tersebut, namun dengan gadai barang Anda masih berkesempatan untuk menebus barang tersebut di kemudian hari.

  1. Meminjam Melalui Situs Crowdfunding

Jika dana yang Anda butuhkan tergolong cukup besar, Anda bisa mencoba pendanaan melalui situs crowdfunding. Pendanaan melalui situs crowdfunding cukup mudah dan praktis serta memiliki plafon pinjaman yang cukup tinggi. Salah satu situs crowdfunding ternama dan tepercaya di Indonesia yaitu Akseleran.

Melalui situs crowdfunding, Anda dapat mengajukan pinjaman puluhan juta, ratusan juta, bahkan miliaran. Untuk mengajukan pinjaman melalui situs crowdfunding semacam Akseleran juga tidak wajib memberikan jaminan atau agunan, hanya saja syaratnya Anda sudah harus punya bisnis yang telah berjalan minimal satu tahun dengan kondisi keuangan yang sehat (dalam keadaan laba). Jadi, pembiayaan melalui situs crowdfunding lebih cocok bagi Anda yang telah memiliki bisnis dan ingin mengembangkannya lebih besar lagi.

  1. Modal Gabungan dengan Teman

Bagi Anda yang baru ingin membangun bisnis dan belum bisa mengajukan dana melalui situs crowdfunding, salah satu cara mudah untuk mendapatkan modal adalah dengan cara patungan atau gabungan. Kumpulkan teman-teman Anda yang memiliki visi bisnis yang sejalan dengan Anda lalu ajak mereka bergabung untuk mendirikan bisnis bersama.

Usaha dengan modal gabungan memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, Anda dapat lebih berkomitmen dan berusaha keras untuk mensukseskan bisnis tersebut, demikian juga rekan-rekan Anda. Selain itu, Anda dan teman Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membiayai bisnis bersama tersebut karena menggunakan sistem gabungan, apalagi jika yang bergabung cukup banyak.

Namun, dibalik kemudahan tersebut terdapat kekurangan yakni jika terjadi perselisihan antar anggota serta pertanggungjawaban keuangan yang sedikit rumit. Tetapi hal ini bisa diatasi dengan membuat kesepakatan atau perjanjian di awal mengenai tugas, wewenang, dan tanggung jawab masing-masing pihak beserta haknya terdapat profit usaha yang dijalankan.

  1. Mencari Investor

Cara dapat modal usaha berikutnya yaitu dengan datang ke event-event atau workshop tentang kewirausahaan. Di event tersebut biasanya banyak wirausahawan yang datang. Semakin banyak Anda berkenalan dengan para pengusaha ternama, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan calon investor. Tetapi, para investor juga sangat jeli menganalisis suatu usaha, jika usaha Anda dianggap prospektif maka bisa saja Anda mendapatkan kucuran dana dari mereka.

  1. Dana Hibah

Saat ini banyak dana hibah kewirausahaan yang diberikan oleh lembaga pemerintah maupun swasta sebagai bagian dari CSR (Corporate Social Responsibility). Pemberian dana hibah tersebut biasanya dikemas dalam bentuk kompetisi ide usaha maupun produk yang inovatif. Dana yang didapat melalui hibah juga tergolong besar, bahkan mencapai ratusan juta bahkan miliaran rupiah.

Demikian beberapa cara dapat modal usaha tanpa harus ke bank. Bagaimana, tertarik untuk mencoba salah satunya?.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here