Butuh Pinjaman? Siapkan Hal Berikut agar Pengajuan Anda Lancar

0
1444
Akseleran_Article_Featured_Image_1366x768_butuhpinjaman

Anda butuh pinjaman dana untuk memulai bisnis atau mengembangkan usaha? Jangan khawatir, untuk mendapatkan modal usaha, saat ini bukanlah menjadi sebuah persoalan yang pelik. Banyak bank dan penyedia dana modal yang siap memberikan kucuran dana untuk bisnis Anda. Namun, sebelum mendapatkan kucuran dana, tentu ada proses pengajuan dan verifikasi yang harus Anda lalui.

Setiap pihak penyedia dana modal tentu memiliki kebijakan masing-masing mengenai syarat dan besaran bunga yang diterapkan, namun sebagian besar proses untuk memvalidasi calon peminjam tidak jauh berbeda. Berikut beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan sebelum Anda mengajukan pinjaman.

Mengapa Butuh Pinjaman?

Sebelum investor menanyakan hal ini pada Anda, Anda harus siap dengan pertanyaan ini. Sebenarnya hal apa yang mendasari Anda untuk mengajukan pinjaman dana? Mengapa Anda butuh pinjaman? Apakah Anda ingin memulai usaha? Atau melakukan ekspansi usaha? Menambah jumlah karyawan atau menambah stok persediaan barang?.

Anda harus memiliki alasan yang kuat untuk melakukan pinjaman dana, karena dibalik pinjaman tersebut terdapat bunga pinjaman yang harus Anda bayar. Pastikan Anda memiliki rencana yang matang mengenai alasan dan penggunaan dana pinjaman tersebut. Jika alasan Anda cukup kuat dan rencana bisnis Anda jelas maka investor juga tak akan segan menggelontorkan dana untuk membiayai bisnis Anda.

Berapa Besar Pinjaman yang Dibutuhkan?

Anda juga harus menghitung besar pinjaman yang Anda ajukan secara cermat. Pastikan Anda melakukan analisis terlebih dulu, sehingga Anda dapat menentukan jumlah yang tepat. Investor atau lembaga penyedia modal akan menanyakan hal ini kepada Anda saat Anda melakukan pengajuan pinjaman.

Mengajukan besaran pinjaman yang terlalu minim dapat berisiko menimbulkan kesulitan dana di kemudian hari, namun mengajukan pinjaman dengan plafon terlalu tinggi juga sangat memberatkan karena bunga pinjaman juga semakin besar.

Bagaimana Kondisi Finansial Anda saat ini?

Anda harus memiliki laporan keuangan yang baik dan terperinci. Pihak penyedia modal akan menganalisis arus kas masuk, arus kas keluar, dan kesehatan neraca keuangan Anda. Jika kondisi keuangan Anda bagus dan dianggap mampu mengembalikan pinjaman tepat waktu maka pengajuan pinjaman Anda akan mudah disetujui. Sebaliknya jika Anda dinilai tidak mampu menjalankan bisnis dengan baik atau memiliki kondisi finansial yang kurang baik maka pihak investor dapat menolak pengajuan pinjaman modal Anda.

Lembaga Penyedia Modal manakah yang Paling Cocok dengan Kondisi Anda saat ini?

Saat ini banyak sekali lembaga penyedia modal yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan pinjaman dana segar bagi bisnis Anda. Selain bank dan koperasi, saat ini tengah berkembang pembiayaan melalui situs crowdfunding. Pembiayaan melalui situs crowdfunding memiliki beberapa keunggulan karena lebih praktis, lebih fleksibel, dan lebih cepat.

Bagi Anda yang sudah memiliki bisnis yang berjalan dan ingin melakukan ekspansi bisnis maka pembiayaan melalui situs crowdfunding merupakan pilihan yang tepat. Situs crowdfunding seperti Akseleran mampu memberikan pinjaman mulai Rp20 Juta hingga Rp2 Miliar dengan proses yang tidak terlalu rumit dan persyaratan yang lebih fleksibel dari institusi keuangan konvensional.

Syarat utama untuk mendapatkan pendanaan dari situs tersebut yaitu telah memiliki usaha yang telah berjalan minimal satu tahun. Tidak ada omzet minimal yang disyaratkan tetapi keuangan harus dalam keadaan laba/untung. Terdapat kemudahan lainnya yaitu tidak diperlukannya jaminan aset atau barang berharga untuk mengajukan pinjaman di situs tersebut.

Proses pencairan dana pinjaman juga tergolong cepat. Setelah Anda mengajukan pinjaman secara online dengan mengisi form online yang tersedia dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan, dalam beberapa hari berikutnya Anda akan dihubungi oleh pihak Akseleran. Jika lolos verifikasi, proses penggalangan dana akan dimulai dengan jangka waktu 30 hari. Apabila jumlah dana terkumpul memenuhi target dalam jangka waktu tersebut, maka pinjaman akan diberikan. Cukup mudah dan praktis kan? Bunga pinjaman yang diterapkan juga cukup terjangkau, sekitar 6.48% hingga 17% flat saja per tahunnya.

Penuhi Persyaratan dari Calon Investor

Setiap lembaga penyedia modal, baik berupa bank, koperasi, atau situs crowdfunding tentu memiliki persyaratan tersendiri bagi setiap nasabah yang ingin mengajukan pinjaman. Pelajari secara seksama persyaratan tersebut dan penuhi semua persyaratannya. Jika Anda tidak memenuhi semua persyaratannya maka percuma saja, pihak penyedia modal tidak akan meluluskan permohonan Anda.

Buat Rencana Bisnis yang Matang

Jika Anda butuh pinjaman untuk mengembangkan bisnis Anda, pastikan Anda sudah memiliki rencana bisnis yang matang. Rencana bisnis yang matang akan memudahkan Anda dalam menjawab pertanyaan calon investor saat proses wawancara. Apabila Anda sudah punya proyeksi keuangan beberapa tahun ke depan serta laporan keuangan yang rapi tentunya akan lebih meyakinkan calon investor yang akan meminjamkan uang.

Siapkan Dokumen secara Lengkap

Jika seluruh dokumen yang dibutuhkan sudah disiapkan, maka saat dilakukan wawancara Anda akan dinilai profesional dan lebih siap oleh calon investor. Jadi pastikan Anda menyiapkan seluruh dokumen persyaratan peminjaman dana secara rapi dan lengkap sebelum mengajukan aplikasi peminjaman.

Demikian beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat Anda butuh pinjaman dan ingin mengajukan pinjaman dana ke pihak penyedia modal. Tidak terlalu sulit, kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here