Butuh Modal Usaha? Berikut Daftar Penyedia Modal yang Bisa Membantu Anda

0
6681
Akseleran_Article_Featured_Image_1366x768_butuhmodalusaha

Saat hendak mendirikan usaha, tentu salah satu masalah utama yang harus dihadapi adalah ketika kita butuh modal usaha. Tidak bisa dimungkiri, modal merupakan salah satu roda penggerak dalam memulai usaha. Sayangnya, tidak sedikit calon pengusaha yang kurang paham ke mana harus mencari pinjaman modal sehingga jatuh ke tangan rentenir atau lembaga simpan pinjam yang tidak kredibel tanpa pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bagi Anda yang butuh modal usaha, sebenarnya ada banyak lembaga penyedia modal yang dapat membantu memecahkan masalah keuangan bisnis Anda. Berikut daftar penyedia modal yang kredibel dan tepercaya:

Bank

Bank selama ini memang menjadi lembaga resmi simpan pinjam yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyimpan dana, berinvestasi maupun meminjam dana. Bagi Anda yang butuh modal usaha, bank bisa menjadi salah satu lembaga keuangan tepercaya untuk meminjam sejumlah dana. Namun, untuk meminjam dana di bank, Anda tentu harus punya aset berharga untuk dijaminkan.

Besaran bunga pinjaman tiap bank bisa berbeda antar bank, tergantung kebijakan masing-masing bank meskipun semuanya mengacu pada kisaran suku bunga Bank Indonesia (BI). Hampir setiap bank juga memiliki program khusus bagi para pengusaha atau calon pengusaha yang ingin mendapatkan suntikan dana dari mereka. Biasanya, bunga yang ditawarkan untuk pinjaman modal usaha lebih ringan dibanding bunga pinjaman reguler.

Koperasi

Selain bank, lembaga simpan pinjam lainnya yang cukup dikenal masyarakat adalah koperasi. Bedanya dengan bank, untuk bisa melakukan penyimpanan atau peminjanan di koperasi, Anda harus menjadi anggota koperasi terlebih dulu. Selain itu, di koperasi Anda bisa mendapatkan sisa hasil usaha (SHU). Biasanya, jika pinjaman cukup tinggi maka SHU yang didapat juga lebih besar dibanding anggota koperasi yang tidak melakukan peminjaman.

Mengenai bunga yang diterapkan untuk penyimpanan maupun peminjaman, setiap koperasi memiliki besaran yang berbeda tergantung pada kebijakan masing-masing. Kebijakan ini biasanya diambil pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang diadakan setiap satu tahun sekali. Selain usaha simpan pinjam, banyak koperasi yang melebarkan sayap bisnisnya dengan mendirikan minimarket atau fotocopy untuk meningkatkan kesejahteraan para anggotanya.

Pegadaian

Pegadaian merupakan lembaga keuangan lain yang dapat membantu Anda mendapatkan modal usaha. Namun, untuk mendapatkan pinjaman dana dari pegadaian, Anda harus membawa barang berharga milik Anda untuk digadaikan. Jenis barang yang dijaminkan untuk peminjaman dana pada lembaga ini jauh lebih variatif dibanding dengan peminjaman pada bank.

Beberapa barang yang biasanya tidak bisa dijaminkan di bank, ternyata bisa “diuangkan” di pegadaian seperti: kamera, laptop, perhiasan emas, sepeda motor, dan benda berharga lainnya. Semakin besar taksiran nilai barang maka semakin besar pula dana yang bisa diperoleh. Namun, jika hingga tanggal jatuh tempo pinjaman tidak dilunasi maka barang jaminan akan diambil hak miliknya oleh pegadaian.

Leasing

Leasing atau sewa guna usaha merupakan kegiatan pembiayaan dalam bentuk pinjaman modal dengan kesepakatan atau perjanjian di awal. Perusahaan yang membutuhkan barang modal tambahan untuk melebarkan bisnisnya bisa mendapatkan bantuan melalui leasing. Setelah proses leasing selesai, perusahaan dapat mengembalikan atau membeli barang modal tersebut.

Situs Penyedia Modal

Saat ini juga berkembang situs pembiayaan secara online yang dapat membantu Anda mendapatkan modal usaha. Selain praktis, karena pendaftarannya dilakukan secara online, situs penyedia modal crowdfunding seperti Akseleran juga tidak mewajibkan adanya jaminan bagi para peminjam.

Situs penyedia modal usaha ini juga memiliki plafon pinjaman yang sangat besar, bahkan mencapai angka miliaran rupiah. Soal dana, situs penyedia modal usaha ini mendapatkan dana dari partner yaitu masyarakat umum yang ingin meminjamkan dana dan mendapatkan keuntungan dari modal yang dipinjamkan tersebut.

Syarat untuk mendapatkan pinjaman dari situs penyedia modal usaha seperti Akseleran juga tergolong mudah. Syarat peminjaman antara lain berwarga negara Indonesia, berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, serta memiliki bisnis yang telah berjalan minimal satu tahun. Form pengajuan pinjaman dilakukan secara online, termasuk mengunggah dokumen-dokumen pendukungnya.

Verifikasi akan dilakukan terhadap dokumen-dokumen ini, dan kemudian rating pinjaman  akan diusulkan untuk kemudian disetujui oleh calon peminjam.

Besaran bunga yang ditawarkan situs penyedia modal seperti Akseleran juga cukup kompetitif. Kisaran bunga yang ditawarkan sekitar 6.48% hingga 17% flat per tahun, nilai bunga yang sangat wajar bahkan cenderung ringan untuk sebuah pengembangan bisnis. Tentunya dengan adanya jaminan, bunga bisa ditekan menjadi lebih rendah.

Bagi Anda yang butuh modal usaha secara cepat dan mudah, situs penyedia modal seperti Akseleran tentu sangat membantu, apalagi akses untuk mengajukan pinjaman dibuka selama 24 jam penuh. Anda juga tidak harus repot keluar biaya transportasi serta tidak perlu kehilangan banyak waktu demi mendapatkan modal yang Anda butuhkan karena semuanya dilakukan secara online. Sangat praktis, kan?.

Demikian beberapa daftar penyedia modal yang bisa membantu Anda saat butuh modal usaha. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here