Berikut Pertimbangan Penting dalam Mencari Pinjaman untuk Modal Usaha

5
10784
Akseleran_Article_Featured_Image_1366x768_mencaripinjaman

Saat Anda memutuskan untuk membuka atau mengembangkan usaha, kesulitan dalam hal dana bisa saja muncul. Untuk menanggulangi masalah ini, opsi mencari pinjaman dari pihak luar boleh saja dilakukan. Namun begitu, hal apa saja yang harus menjadi bahan pertimbangan dalam mengajukan pinjaman?

Secara garis besar, ada dua aspek yang harus dipertimbangkan. Pertama adalah dari segi kondisi bisnis. Dan yang kedua adalah pilihan-pilihan tempat yang akan menjadi sumber dana. Untuk penjabaran yang lebih mendetail, berikut ulasannya.

Dari Aspek Bisnis yang Sedang Dikelola

Aspek ini berkaitan erat dengan kondisi bisnis yang nantinya akan mempengaruhi (1) seberapa mendesak opsi peminjaman itu, (2) seberapa besar jumlah dana yang harus diajukan, dan (3) kesanggupan dalam melunasinya.

Aspek ini harus diteliti lebih dulu sebelum mencari pinjaman untuk meminimalkan dampak produksi yang tidak stabil. Bayangkan jika sebuah bisnis hanya menambah utang tanpa hasil yang disebabkan oleh pengelolaan keuangan yang buruk.

Pihak atau Instansi Mana yang Akan Anda Jadikan Tempat Mencari Pinjaman?

Dalam tulisan kali ini, ada dua instansi yang umum dipakai dan satu alternatif yang bisa Anda jadikan sumber mencari pinjaman. Dan, berikut penjelasan tentang masing-masing penyedia.

Bank

Setelah melengkapi perencanaan peminjaman berdasarkan kondisi bisnis, saatnya untuk melihat-lihat bank terdekat untuk mencari pinjaman. Cobalah mencari tahu fasilitas pinjaman seperti apa saja yang bank tawarkan beserta ketentuan-ketentuannya. Selain jenis fasilitas peminjaman biasa, beberapa bank juga menawarkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah sebuah layanan kredit atau pendanaan bentukan Pemerintah. Layanan ini ditujukan kepada bisnis-bisnis yang dianggap berpeluang untuk berkembang dan sanggup mengembalikan kredit tersebut.

Sebelum akhirnya mengajukan peminjaman dana ke bank, sebaiknya terlebih dahulu menentukan jumlah yang ingin dipinjam (berdasarkan kebutuhan mendesak), memperhatikan suku bunga pinjaman yang bank terapkan, dan juga menentukan jangka waktunya. Lihat juga apakah bank tersebut memperbolehkan pengajuan pinjaman tambahan (top up) walaupun pinjaman sebelumnya masih berjalan.

Apa Itu Kredit Tanpa Agunan (KTA)?

Masih berkutat dengan bank, Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah jenis penawaran yang tidak mewajibkan Anda untuk menyediakan jaminan seperti surat BPKB atau sertifikat tanah saat ingin mencairkan sejumlah dana. Namun begitu, sistem ini juga cukup ketat.

Terlepas dari proses pencairannya yang cepat, peminjam harus puas dengan nominal pinjaman yang kecil dan terbatas. Dan, karena proses pemberian pinjaman tanpa jaminan, suku bunga cenderung lebih tinggi. Untuk kisarannya, hal ini tergantung dari bank penyedia.

Penyedia pinjaman berbasis daring peer-to-peer lending (P2P Lending)

Di era yang semakin canggih dan serba digital, perusahaan penyedia pinjaman berbasis online juga tumbuh pesat. Dengan tanpa jaminan dan proses cepat, jenis penawaran seperti ini semakin digemari oleh pebisnis.

Namun begitu, walaupun tanpa jaminan, si calon peminjam harus melengkapi beberapa persyaratan seperti menyerahkan data diri yang sah beserta informasi pendapatan melalui slip gaji dan sejenisnya.

Saat memutuskan untuk menggunakan layanan jenis ini, pastikan untuk melihat profil penyedia secara teliti. Salah satu penyedia layanan p2p lending yang aman adalah Akseleran karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Crowdfunding, sebuah alternatif yang menjanjikan

Tidak jauh berbeda dari poin nomor 2, sistem ini juga bisa menjadi sumber pencarian dana. Pengertian dari crowdfunding (pendanaan secara berama-ramai) sendiri adalah pengumpulan dana untuk satu jenis proyek dari sejumlah besar investor (pemodal). Dana yang terkumpul melalui perantara (platform) akan disalurkan kepada pemilik proyek atau orang yang mengajukan permohonan suntikan dana. Dalam mengumpulkan dana untuk UKM, Akseleran pun memakai konsep crowdfunding ini.

Untuk sistem kerjanya adalah (1) si pemilik proyek akan mengampanyekan rancangan proyeknya melalui saluran media sosial. Ia harus mampu meyakinkan para pemodal. (2) Perjanjian bagi hasil atau jenis keuntungan lain juga harus ia jabarkan. (3) Akan ada batas waktu atau deadline untuk pengumpulan dana tersebut. (4) Jika target belum terkumpul setelah melewati batas waktu yang sudah ditentukan, dana dari pemodal yang sudah masuk akan dikembalikan ke rekening masing-masing.

Di luar negeri, sistem keuangan berbasis teknologi (fintech) ini sudah sangat menjamur. Dan di Indonesia sendiri, mengutip dari CNN Indonesia edisi 16 Juni 2017, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana akan merampungkan penetapan regulasi untuk fintech crowdfunding di tahun ini.

Saat ini, pihak OJK masih mengkaji sistem layanan crowdfunding, bersama-sama dengan institusi seperti pemerintah, Bank Indonesia, dan pelaku industri fintech lainnya. Jika sistem layanan keuangan jenis crowfunding ini memenuhi syarat, maka sistem ini akan diminta mendaftarkan diri ke bagian Otoritas Jasa Keuangan.

Ada banyak cara dalam mencari sumber pinjaman. Namun yang harus selalu diperhatikan adalah, jangan sampai kondisi yang mendesak membuat Anda lalai dalam memilih penyedia dana yang aman. Untuk indikator atau tolak ukurnya, pastikan penyedia tersebut memiliki izin dan sudah menjadi kepercayaan banyak orang.

Dengan begitu, bisnis Anda akan terhindar dari ancaman penipuan. Jika perlu, mintalah referensi dari seseorang yang Anda kenal yang pernah menggunakan layanan tersebut.

5 COMMENTS

  1. Rakan sekutu,

    Adakah anda memerlukan pinjaman yang sangat cepat dan mudah? Pinjaman rumah, pinjaman Pelajar, Pinjaman Peribadi, Pinjaman Perniagaan, Pinjaman Pelabur dll. Kami menawarkan pinjaman kepada setiap individu, syarikat, dan syarikat yang memerlukan bantuan kewangan dengan kadar faedah yang rendah sebanyak 2% setahun. Lakukan Hubungi Kami Untuk Maklumat Lanjut Melalui E-mel: ([email protected]) atau WhatsApp kami: + 1- (606) -206-8358.

    Sudah tentu

    Dr. Grace Sugeilyn
    Setiausaha
    Untuk: Firma Ray Kewangan
    E-mel: [email protected]
    Tel / Whatsapp: + 1- (606) -206-8358.

  2. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA ([email protected]) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah ([email protected])

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: ([email protected]) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ([email protected]). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: ([email protected]) Terima kasih semua

  3. Halo,
    Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita? Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai usaha kecil dan menengah yang menyenangkan? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi di bidang spesialisasi tertentu? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai di ujung jari Anda karena dana yang tidak memadai? Inilah kesempatan untuk mendapatkan pinjaman Anda hari ini untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda.

    kredit kami dijamin untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, tujuan utama kami adalah membantu Anda mendapatkan layanan keuangan terbaik yang layak Anda dapatkan, program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Mengurangi pembayaran untuk mengurangi tekanan pada pengeluaran bulanan. Dapatkan fleksibilitas untuk digunakan untuk tujuan apa pun – mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik

    Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Pinjaman Pribadi, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pendidikan, Pinjaman Hipotek, Pinjaman Hari Bayaran, Pinjaman Komersial, Pinjaman Perumahan / Real Estate, Pinjaman Mobil, Kredit Kredit Otomatis, Pinjaman Investasi, Pinjaman untuk Pengembangan, Pinjaman Pembelian, Pinjaman Konstruksi, Suku Bunga Rendah Dari 2% untuk Pembatalan untuk Perorangan, Perusahaan dan Badan. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga dan rumah impian Anda serta skema pinjaman umum kami.

    Kami menawarkan semua jenis pinjaman – berlaku Sekarang.

    Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut:
    ([email protected])

    Salam,
    Nyonya Victoria Carol
    [email protected]
    WhatsApp: + 1-315-284-1764
    Viber: + 1-315-284-1764

  4. Halo
    Terima kasih kepada pencipta saya ALLAH yang menggunakan mother cheryl martins untuk mengubah hidup saya dengan pinjaman 50 juta, nama saya Handrawan, saya adalah korban 3 kali penipuan pemberi pinjaman, saya telah kehilangan sebanyak 7 juta, karena saya perlu modal besar Rp50 juta untuk investasi, saya hampir mati, tidak ada tempat untuk pergi, bisnis saya hancur dalam proses saya kehilangan semua yang penting bagi saya, ini semua terjadi pada bulan juniuari 2018 saya kehilangan saya semua sampai saya bertemu seorang teman yang memperkenalkan saya kepada perusahaan ibu muslim yang berbakti, Mrs. CHERYL MARTIN, Yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di perusahaannya. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Tuhan, terus memberkati Anda. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi tahu Anda, bahwa ada banyak scammer dan penipu di luar sana, jika Anda memerlukan pinjaman cepat dan mendesak dengan cepat mendaftar hanya melalui Mrs. CHERYL MARTINS PINJAMAN PERUSAHAAN melalui Email: [email protected] .com atau Whatssap: (+2349014625526) untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, silakan dia satu-satunya tempat yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya. Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here