Branding VS Marketing, Apa Bedanya?

1
119
Branding VS Marketing, Apa Bedanya?

Branding dan Marketing merupakan dua hal yang berbeda meskipun keduanya saling bersinggungan. Kedua hal ini tentu tidak bisa dilepaskan dari kemajuan suatu bisnis dimana keduanya saling melengkapi satu sama lain. Lalu apa saja perbedaannya?

Branding

Brand adalah identitas sebuah bisnis. Bidang ini menyoroti siapa dan apa yang bisnis kamu perjuangkan untuk pelanggan. Dengan branding yang tepat, kamu bisa ngebangun reputasi yang sesuai dengan sisi emosional pelanggan. Misalnya, pemilihan bentuk logo, font atau warna yang digunakan. Adapun tipe-tipe branding melingkupi personal branding, product branding, service branding, retail branding, dan corporate branding.

Marketing

Setelah branding terbentuk, marketing menjadi strategi yang dipakai untuk mempromosikan atau menyampaikan pesan brand atau perusahaan. Strategi ini nantinya akan membantu penjualan produk dan layanan. misalnya melalui iklan yang relevan dengan pelanggan. adapun tipe-tipe marketing mencakup printed campaigns and direct mail, search engine optimization (SEO), content marketing, social media marketing, radio/podcasts, dan commercial.

Lalu apa perbedaan Branding dengan Marketing?

Branding secara garis besar bertujuan untuk menjaga perhatian pelanggan juga meningkatkan awareness dan loyalitas. Branding juga umumnya harus ada sebelum strategi marketing dibentuk dan bersifat long-term. Sementara marketing secara umum bertujuan untuk mendapatkan perhatian pelanggan dan meningkatkan penjualan. Pada dasarnya, marketing bisa berjalan setelah branding karena lebih bersifat dinamis.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.