5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia

1
602
5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia

Ada banyak daerah di Indonesia dengan beragam ciri khas, budaya, hingga biaya hidup yang dibutuhkan. Dikutip dari lembaga konsultan pendidikan SUN Education, ada beberapa kota yang terbukti memiliki biaya hidup termurah di Indonesia khususnya bagi para pelajar. Beberapa kota ini tentu bisa menjadi pilihan menarik untuk ditinggali terlebih untuk para pencari ilmu dengan budget tertentu. Lantas apa saja kota di Indonesia dengan biaya hidup termurah yang ramah untuk para pelajar tersebut?

1. Yogyakarta

Kota yang dikenal sebagai Kota Pendidikan ini mungkin sudah tidak asing lagi mendapat predikat biaya hidup termurah. Tak heran, banyak pelajar yang memilih untuk melanjutkan studi di kota ini. Bagaimana tidak, dengan berbekal uang Rp 5 ribu saja mahasiswa sudah bisa makan kenyang di Warteg. Rata-rata mahasiswa di Yogyakarta menghabiskan uang bulanan sekitar Rp 700 ribu hingga Rp 1,8 juta per bulan.

2. Solo

Kota Solo tercatat masuk ke dalam daftar dengan biaya hidup paling murah di Indonesia. Biaya hidup yang dihabiskan dalam satu bulan untuk seorang pelajar berkisar antara Rp 400 ribu hingga Rp 800 ribu. Bahkan hanya dengan uang Rp 10 ribu saja kita sudah bisa membeli nasi lengkap dengan sayur, lauk, dan minum.

3. Purwokerto

Selain Solo, ada kota lain di Jawa Tengah yang juga memiliki biaya hidup murah dan ramah di kantong terlebih bagi pelajar. Misalnya untuk biaya kos atau tempat tinggal, berkisar antara Rp 3,5 juta hingga Rp 9 juta per tahun untuk satu orang.

4. Cirebon

Cirebon juga menjadi salah satu kota dengan biaya hidup yang terjangkau untuk mahasiswa. Biaya hidup di Cirebon berkisar Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta yang sudah mencakup sewa kamar, uang makan, serta transportasi selama sebulan. Angka tersebut merupakan nilai yang cukup terjangkau bagi para pelajar.

5. Metro Lampung

Selain di pulau Jawa, kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia juga ada di pulau Sumatera, yaitu di Kota Metro Lampung. Biaya tempat tinggal di Metro rata-rata sebesar Rp 4 juta per tahun atau sekitar Rp 350 ribu per bulan. Sementara biaya makan di Metro per bulan berkisar Rp 600 ribu hingga Rp 800 ribu.

Itulah 5 kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Kisaran biaya yang disebutkan ini hanya estimasi karena setiap orang memiliki gaya hidup yang berbeda-beda. Namun jika ingin lebih berhemat, kamu bisa mempertimbangkan kota-kota tersebut sebagai tujuan.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.