Faucet adalah: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

1
363
Bit Faucet Adalah

Jika membicarakan crypto, sebenarnya ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk bisa mendapatkan mata uang digital ini. Cara paling mudah adalah membeli langsung, tapi bisa juga dengan menambang kripto. Pastinya, Anda memerlukan modal untuk bisa memiliki crypto. Nah, salah satu cara yang bisa Anda pilih untuk memperoleh crypto secara cuma-cuma adalah lewat faucet crypto.  

Apa itu Faucet Crypto?

Faucet crypto sendiri merupakan suatu laman website atau aplikasi yang memberikan kripto secara gratis dalam jumlah kecil. Hadiah ini diberikan untuk pengguna yang dapat mengerjakan beberapa tugas, misalnya menonton video atau iklan produk, melakukan registrasi di sebuah layanan, bermain gim, atau mengerjakan captcha maupun kuis.  

Besarnya nominal crypto yang diberikan berbeda, bergantung pada seberapa rumit pekerjaan yang diberikan. Selanjutnya, hadiah ini akan disimpan dalam dompet daring pengguna pada laman tersebut. Pengguna bisa melakukan penarikan crypto apabila jumlah uang digital tersebut sudah mencapai batas minimal.

Bisa dikatakan, faucet crypto menjadi salah satu cara mengenalkan kripto yang populer beberapa tahun terakhir. Saat semua hal yang berbau crypto masih terbilang baru, ada pihak yang memberikannya secara gratis. Tujuannya tentu saja supaya lebih banyak lagi orang yang menyempatkan diri untuk mengenal lebih dalam tentang crypto dan melakukan investasi.

Jenis Faucet Crypto

Terdapat beberapa contoh faucet crypto yang dapat Anda lakukan, di antaranya:

Bitcoin Faucet atau Bit Faucet

Cara ini dikenalkan pada tahun 2010 oleh Gavin Andresen. Bitcoin faucet atau bit faucet adalah memberikan imbalan untuk pengguna yang berhasil menyelesaikan pekerjaan ringan berupa 5 keping BTC. Ketika itu, crypto sendiri masih terbilang sangat baru, sehingga Andresen memilih membagikan mata uang tersebut sebagai cara pengenalan crypto pada dunia. 

Selain itu, belum tersedia wadah penukaran seperti saat ini. Melakukan pembelian sekeping Bitcoin bisa dibilang sangat sulit, sehingga membagikan secara gratis tentu menjadi ide bagus. Sayangnya, kini hadiah bit faucet sudah lebih rendah, bahkan menganut satuan satoshi. 

Satu satoshi sendiri bernilai sekitar 0.00000001 BTC untuk pengguna yang dapat menyelesaikan tugas captcha, klik link, atau lainnya. Meski demikian, bukan tidak mungkin ada website lain yang memberikan penawaran lebih menarik. 

Ethereum Faucet

Serupa dengan teknis kerja bit faucet adalah bedanya hanya pada bentuk hadiahnya, yaitu ether atau ETH. Sangat menjanjikan, bukan?Ada beberapa situs yang dapat Anda akses untuk mendapatkan ethereum faucet. Pastikan saja situs tersebut memang tepercaya. 

Litecoin Faucet

Punya nama lain LTC, litecoin faucet juga bisa Anda dapatkan secara gratis. Cara kerjanya juga tak jauh berbeda dengan bit faucet maupun ethereum faucet, yaitu Anda harus menyelesaikan pekerjaan dalam aplikasi atau website tertentu untuk mendapatkan koin. 

Baca juga: Apa Itu Bitcoin? Bagaimana Cara Kerjanya?

Bitcoin Cash Faucet

Jenis faucet ini akan memberikan Anda imbalan berupa token Bitcoin Cash. Tentunya setelah Anda menyelesaikan semua tugas yang diajukan. Setelahnya, provider akan mengirimkan token ke dompet digital Anda. 

Berbagai Manfaat Menggunakan Bit Faucet

Lalu, apa saja manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan bit faucet adalah? 

Memudahkan Mendapat Bitcoin

Melalui bit faucet, Anda tak harus menghabiskan banyak waktu untuk menambang atau menyiapkan banyak uang sebagai modal untuk mendapat Bitcoin. Bahkan, pemberian koin secara gratis akan lebih menghemat waktu dan biaya. 

Menghindari Risiko Jual Beli Bitcoin 

Jika Anda pernah ikut serta dalam dunia jual beli uang digital, maka Anda pasti tahu seberapa besar risiko melakukan trading Bitcoin. Tentunya, bagi pemula, mendapatkan Bitcoin secara cuma-cuma jadi langkah awal belajar cryptocurrency yang tepat. Meski keuntungannya tidak besar, setidaknya Anda terhindar dari kerugian yang bisa jadi lebih besar lagi. 

Mengenalkan Cara Pakai Bitcoin Secara Gratis

Faucet dapat menjadi cara tepat untuk melindungi calon pengguna pemula dari kerugian besar. Koin gratis yang diperoleh melalui faucet langsung masuk ke dompet digital Anda. Artinya, secara tidak langsung Anda telah mengetahui bagaimana cara membuat dompet digital sekaligus melakukan transaksi kirim Bitcoin tanpa adanya biaya. 

Memiliki Bitcoin secara gratis melalui faucet memang sangat menarik. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa tidak semua situs faucet crypto dapat dipercaya. Bahkan, Anda disarankan untuk lebih waspada dengan situs palsu maupun situs yang menawarkan imbalan yang tidak sepadan, misalnya hadiah yang jumlahnya terlalu sedikit dibandingkan dengan tugas yang dilakukan. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]