Biaya Tambal Gigi: Prosedur, Biaya Serta Penggunaan Asuransi

0
629
Biaya Tambal Gigi

Tambal gigi merupakan prosedur di bidang kesehatan yang dilakukan untuk memperbaiki gigi yang berlubang atau rusak. Untuk memperbaiki gigi, dokter akan memasukkan bahan tambalan ke bagian gigi yang berlubang atau rusak tersebut.  Sebelum melakukannya, ketahui terlebih dulu prosedur, biaya tambal gigi, serta cara menggunakan asuransi kesehatan gigi. Berikut penjelasan lengkapnya. 

Prosedur Tambal Gigi 

Dalam prosedur tambal gigi, ada beberapa tahapan yang harus dilalui seorang pasien, yakni:

  • Sebelum Tambal Gigi

Sebelum dokter melakukan tambalan pada gigi, seorang pasien harus diperiksa riwayat kesehatannya. Misalnya, apakah sedang menyusui atau memiliki alergi terhadap bahan-bahan yang terkandung dalam tambalan gigi. Setelah itu, kondisi gigi pasien akan diperiksa. Pada beberapa kasus, dokter akan menyarankan adanya data tambahan melalui rontgen gigi. Pada tahap ini, pasien akan diinformasikan mengenai berapa besar biaya tambal gigi yang harus dikeluarkan. 

  • Penentuan metode dan bahan tambalan

Setelah selesai melakukan pemeriksaan tahap awal, dokter kemudian akan melakukan analisis dan memilih metode yang sesuai dengan kondisi gigi pasien. Terdapat dua metode dalam memasukan bahan tambalan gigi, yakni secara langsung dan tidak langsung. 

Metode langsung adalah metode ketika dokter akan memasukkan tambahan secara langsung ke area gigi yang berlubang. Dengan metode ini, proses tambal gigi akan selesai dalam sekali pertemuan. Bahan tambalan yang umumnya digunakan pada metode ini adalah bahan amalgam dan komposit. 

Sementara itu, saat lubang gigi berukuran besar atau struktur gigi yang tersisa tak dapat menampung bahan tambalan, maka dokter akan menambal gigi secara tidak langsung. Dokter bahkan harus mencetak tambalan terlebih dulu sesuai dengan bagian gigi yang telah rusak. Karena itu, ketika seseorang melakukan prosedur tambal gigi dengan metode tidak langsung, dibutuhkan lebih dari satu kali kunjungan. Bahan tambalan yang kerap digunakan adalah emas dan porselen.

  • Setelah Tambal Gigi

Setelah selesai melakukan proses tambal gigi, dokter akan memberi arahan kepada pasien mengenai bagaimana cara merawat gigi tambalan dengan benar. Maksimal enam bulan sekali, pasien pun harus rutin melakukan kunjungan ke dokter gigi agar ada pemeriksaan lanjutan. 

Besar Biaya Tambal Gigi

Biaya tambal gigi pada suatu klinik atau rumah sakit sangat berbeda dengan yang lain. Namun, beberapa faktor berikut akan memengaruhi harga tambal gigi, yakni:

  • Tingkat kerusakan pada gigi
  • Besar lubang gigi
  • Bahan tambalan yang akan digunakan 
  • Fasilitas kesehatan di klinik atau rumah sakit yang dikunjungi
  • Ada atau tidaknya pemeriksaan penunjang seperti rontgen gigi

Sebelum pergi ke dokter gigi, sebaiknya cek harga tambal gigi yang harus Anda bayar. Pilihlah klinik atau rumah sakit yang menawarkan harga sesuai dengan pos dana yang Anda siapkan. 

Baca juga: Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Seputar BPJS

Penggunaan Asuransi Gigi

Tidak dapat dimungkiri, biaya tambal gigi di Indonesia tidaklah murah. Karena itu, sangat penting bagi seseorang untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menekan biaya perawatan gigi adalah memiliki asuransi gigi. 

Tak hanya menanggulangi biaya penambalan gigi, Anda bahkan bisa melakukan berbagai prosedur kesehatan gigi dengan asuransi jenis ini. Sebut saja proses membersihkan karang gigi, pencabutan gigi, pencabutan gigi bungsu, pemasangan gigi palsu, atau perawatan lainnya yang lebih kompleks, misalnya saat terjadi kecelakaan fatal di area wajah.

Untuk mendapatkan layanan asuransi gigi, seorang nasabah biasanya harus membeli asuransi kesehatan terlebih dulu. Namun, kini terdapat asuransi yang menyediakan produk asuransi khusus gigi (stand alone). Bila memilih produk stand alone, Anda dapat memiliki produk asuransi gigi tanpa harus memiliki asuransi kesehatan. 

Biaya premi asuransi gigi yang harus dibayarkan sangat bervariasi, sesuai dengan manfaat polis yang dipilih. Ketika memilih asuransi gigi, sebaiknya jangan hanya fokus pada biaya premi yang murah karena bisa saja tidak sebanding dengan biaya perawatan gigi saat ini. Akibatnya, Anda harus membayar biaya tambahan saat melakukan perawatan. Pilih besar premi yang bisa untuk meng-cover perawatan gigi yang hendak Anda lakukan di kemudian hari. 

Demikianlah informasi mengenai prosedur dan biaya tambal gigi serta pemanfaataan asuransi untuk penanggulangan biaya kesehatan gigi di kemudian hari. Semoga bermanfaat. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]