Biaya Konsultasi Psikolog dan Biaya Psikiater

0
3563
Biaya Konsultasi Psikolog

Kesadaran masyarakat tentang kesehatan mental mengalami peningkatan selama beberapa waktu terakhir. Sayangnya, kesadaran tersebut masih belum sepenuhnya selaras dengan pengambilan tindakan yang diperlukan. Salah satu alasannya adalah karena sebagian masyarakat masih awam dengan biaya konsultasi psikolog maupun psikiater. Asumsi bahwa biaya yang mahal itu pun membuat orang enggan untuk berkonsultasi.

Biaya Konsultasi Psikolog dan Psikiater

Berkonsultasi ke psikolog maupun psikiater dapat dilakukan melalui berbagai cara. Jika dulunya kamu harus berkunjung ke puskesmas, klinik, atau rumah sakit, kini telah hadir pula layanan konsultasi secara online. Cara ini pun menjadi alternatif yang sangat membantu terutama jika kondisi untuk bertemu secara langsung tidak memungkinkan.

Biaya konsultasi psikolog maupun psikiater pun berbeda-beda. Umumnya, biaya untuk konsultasi di klinik maupun rumah sakit berkisar antara Rp100 ribu higga Rp450 ribu. Namun, angka ini tentu bisa jadi lebih besar maupun kecil. Lazimnya, psikolog dan psikiater yang memiliki jam terbang tinggi akan memiliki tarif yang lebih mahal.

Sementara itu, biaya konsultasi secara online relatif lebih murah. Berbagai aplikasi kesehatan tepercaya bahkan menawarkan harga mulai Rp50 ribu untuk setiap sesi konsultasi.

Perlu diingat, bahwa biaya konsultasi psikiater dan psikolog dihitung per sesi. Umumnya, waktu konsultasi per pasien secara offline dibatasi hingga 1 jam, sedangkan konsultasi online dibatasi hingga 30 menit. Apabila melebihi batas waktu tersebut, maka akan ada biaya tambahan yang dikenakan (untuk konsultasi online biasanya akan terputus secara otomatis).

Selain itu, biaya konsultasi tidak meliputi biaya perawatan lain yang diperlukan. Saat ke psikiater khususnya, jika memang diperlukan adanya obat yang harus dikonsumsi, maka kamu perlu membayar lagi untuk obat-obatan yang diresepkan.

Apakah Konsultasi ke Psikolog dan Psikiater Ditanggung BPJS?

Faktanya, berobat ke pihak profesional kesehatan mental juga dapat ditanggung secara gratis oleh BPJS Kesehatan. Prosedur yang dilakukan pun tidak jauh berbeda dengan saat berobat karena keluhan fisik ke dokter menggunakan BPJS.

Kamu hanya perlu berkunjung ke faskes tingkat 1 (puskesmas atau klinik yang didaftarkan pada BPJS Kesehatan). Nantinya, kamu akan mendapat sesi konsultasi dengan psikolog yang tersedia di faskes tersebut. Jika diperlukan rujukan (seperti ke psikiater), maka pihak dari faskes atau psikolog terkait akan memberi surat rujukan ke rumah sakit (Poli Jiwa).

Namun, bagi kamu yang memiliki asuransi swasta, maka kamu bisa memilih sendiri klinik atau rumah sakit yang menyediakan layanan psikolog atau psikiater (pastikan faskes tersebut telah bekerja sama dengan asuransi yang digunakan). Tentu saja, hal ini memberi nilai lebih karena kamu mempunyai keleluasaan memilih psikolog atau psikiater mana sesuai kenyamanan.

Baca juga: Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Seputar BPJS

Perbedaan Psikolog dan Psikiater

Sebagian orang mungkin masih bingung tentang perbedaan psikolog dan psikiater. Lantas, sejauh mana wewenang yang dapat dilakukan keduanya?

Pada dasarnya, psikologi dan psikiatri adalah cabang ilmu yang sama-sama mempelajari masalah psikologis atau kejiwaan. Namun, psikologi merupakan ilmu non-kedokteran yang mempelajari perilaku dan perasaan seseorang, sedangkan psikiatri merupakan ilmu kedokteran yang berfokus pada kesehatan jiwa. 

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa seorang psikiater adalah seorang dokter, sementara psikolog bukanlah dokter. Oleh sebab itu, seorang psikiater berwenang dalam melakukan diagnosis hingga memberi obat-obatan kepada pasiennya sesuai dengan kondisi yang dialami oleh pasien.

Walau begitu, psikologi dan psikiatri tetap saling berhubungan dan melengkapi. Itulah mengapa seseorang boleh melakukan konseling terlebih dahulu ke psikolog. Jika memang dirasa memerlukan penanganan lebih lanjut dan menyeluruh, psikolog biasanya akan merujuk pasien ke psikiater. Adapun jika pasien memang sudah dalam kondisi mengalami gangguan mental serius seperti skizofrenia dan depresi parah, sebaiknya perlu dibawa langsung ke psikiater.

Biaya konsultasi psikolog dan psikiater adalah biaya yang perlu dikeluarkan untuk jasa konseling saja, tanpa termasuk treatment khusus yang diperlukan. Umumnya, biaya konsultasi ini berkisar mulai Rp50 ribu hingga ratusan ribu rupiah, baik online maupun offline sesuai jam terbang psikolog dan psikiater yang bersangkutan. Kendati demikian, biaya konsultasi ke psikolog maupun psikiater juga bisa sama sekali gratis dengan memanfaatkan BPJS maupun asuransi swasta.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]