Belajar Self-control Agar Terhindar dari Utang Konsumtif

1
82
Belajar Self-control Agar Terhindar dari Utang Konsumtif

Di era yang serba canggih ini, makin banyak godaan untuk berutang karena cara mendapatkannya yang juga semakin mudah. Mulai dari kemudahan penggunaan pay later, ataupun kartu kredit. Bagi sebagian orang, keberadaan fitur pay later dan kartu kredit bisa bikin keuangan berantakan, pasalnya sebagian orang tersebut menggunakan fitur ini untuk utang konsumtif. Untuk menghindar dari utang konsumtif kita harus tahu cara mengendalikan diri atau self-control. Self-control adalah kemampuan kita dalam mengendalikan perilaku, emosi, maupun pikiran. Dalam hal pengelolaan keuangan, self-control sangat penting untuk mengendalikan perilaku kita, terutama ketika mengatur pengeluaran. Berikut tips untuk self-control yang bisa kamu terapkan

1. Prinsip Tunggu 3 Hari

Ketika kamu ingin membeli barang yang kebutuhannya tidak terlalu mendesak, cobalah tunggu selama 72 jam atau 3 hari. Menurut Viktor Frankl, psikiater dan ahli saraf asal Austria, jika kamu tidak berubah pikiran atau tidak muncul keraguan setelah 3 hari, artinya pembelian kamu bukanlah pembelian impulsif semata.

2. Menabung Lebih Baik daripada Mencicil

Jika ingin membeli barang namun belum terkumpul cukup uang, ada baiknya menunggu hingga tabungan cukup daripada mencicil di kemudian hari. Selain menambah beban pikiran utang, jangan lupakan juga adanya tambahan beban bunga cicilan.

3. Hanya Berutang dalam Kondisi Mendesak

Terakhir, selalu pastikan kalau kamu hanya akan gunakan paylater, kartu kredit, atau layanan cicilan online lainnya dalam kondisi mendesak. Untuk barang-barang yang sifatnya keinginan dan bukan kebutuhan mendesak, sebaiknya menunggu sampai uang terkumpul.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut