Kapan Dana Darurat Boleh Digunakan?

3
179
Kapan Dana Darurat Boleh Digunakan?

Salah satu kesalahan umum dalam pengelolaan finansial adalah jika kita tidak memiliki dana darurat. Dana darurat merupakan dana yang sengaja dipersiapkan untuk disimpan sebagai bentuk antisipasi dan dapat digunakan ketika ada peristiwa atau keadaan darurat yang tidak diharapkan terjadi. Oleh karenanya memiliki dana darurat merupakan komponen penting dari kesejahteraan finansial secara keseluruhan. Lalu kapan sebetulnya kita boleh menggunakan dana darurat tersebut?

1. Untuk biaya pengobatan

Dana darurat bisa digunakan ketika kita atau anggota keluarga sedang sakit atau mengalami kecelakaan yang membutuhkan biaya pengobatan cukup besar. Termasuk juga jika kita menggunakan asuransi yang memakai sistem reimbursement.

2. Kehilangan pekerjaan

Di tengah kondisi ekonomi yang masih belum menentu, bukan tidak mungkin beberapa orang akan kehilangan pekerjaan. Jika hal ini terjadi, dana darurat bisa digunakan untuk bertahan hidup hingga menemukan pekerjaan baru.

3. Perbaikan rumah atau kendaraan

Dana darurat juga bisa berfungsi ketika kita membutuhkan biaya untuk memperbaiki rumah jika terjadi atap bocor, pagar rumah roboh, kendaraan rusak, dan sebagainya.

4. Bencana alam

Di manapun kita tinggal, selalu ada potensi terjadi bencana alam dalam bentuk apapun. Dana darurat bisa dipergunakan untuk biaya hidup dan mengungsi sementara ketika kondisi seperti ini terjadi.

Itu lah kondisi-kondisi dimana kamu bisa menggunakan dana darurat yang kamu kumpulkan. Selain kejadian-kejadian itu, pastikan dana daruratmu tetap tersimpan dan tidak digunakan, ya!

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

3 COMMENTS

Comments are closed.