Canvasser Adalah: Pengertian, Tugas Serta Kualifikasinya

0
85
Canvasser Adalah

Canvasser adalah orang yang bekerja di sebuah perusahaan untuk menawarkan produk kepada target pasar sekaligus meyakinkan mereka untuk membelinya. Inti pekerjaan canvasser terletak pada adanya komunikasi secara langsung dengan orang yang berstatus sebagai calon pembeli. 

Sebelumnya, penawaran produk kepada calon pembeli dilakukan door to door. Seiring perkembangan zaman, strategi yang digunakan pun berubah. Untuk meningkatkan penjualan, penawaran produk juga bisa dilakukan lewat email atau telepon. 

Mengapa Peran Canvasser Penting?

Keberadaan canvasser adalah sangat penting di sebuah perusahaan. Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan yang menggunakan peran canvasser untuk mendorong penjualan. Apa saja di antaranya?

Memudahkan Penetrasi Produk

Perusahaan dapat menjual produknya melalui toko-toko yang tersebar di berbagai tempat. Namun, penetrasi pasar akan lebih cepat dan efektif dengan keberadaan canvasser. Canvasser bertugas melakukan penjualan langsung kepada target pasar sehingga peluang penjualan lebih besar.

Membantu Pemerataan Produk

Jika perusahaan tidak memiliki toko di wilayah tertentu, potensi penjualan bisa disebut tidak maksimal. Namun, karena pertimbangan tertentu, membangun toko dianggap belum ideal. Untuk membantu pemerataan produk di wilayah tersebut, peran canvasser menjadi vital.

Memperoleh Feedback yang Akurat

Pembeli tentu akan mengetahui kualitas sebenarnya dari suatu produk setelah menggunakannya. Begitu pula jika ada produk yang tidak bagus, pembeli bisa langsung menilainya. Perusahaan membutuhkan masukan dari pengguna produk untuk memperbaiki kualitas. Melalui canvasser, masukan tersebut bisa disampaikan.

Memperoleh Peluang Lebih Tinggi

Keunggulan canvasser adalah dapat berkomunikasi langsung dengan calon pembeli. Kondisi ini membuka kesempatan terhadap peluang penjualan yang lebih tinggi. Canvasser berperan untuk memperkenalkan produk secara lebih baik dan tepat sesuai target pasarnya. Canvasser juga bisa meyakinkan calon pembeli dengan lebih optimal.

Kualifikasi Utama Canvasser

Untuk melakukan tugasnya dalam menawarkan produk kepada calon pelanggan, seorang canvasser harus memiliki sejumlah kualifikasi atau kemampuan. Berikut di antaranya:

Product Knowledge

Seorang canvasser tentu tidak akan maksimal dalam menjalankan tugasnya jika tidak mengenal produk yang akan dijual secara detail. Supaya dapat menjelaskan kepada calon pembeli dengan yakin, canvasser harus lebih dahulu memahami seluk-beluk produk, mulai dari spesifikasi, cara menggunakan, dan sebagainya. 

Kemampuan Bernegosiasi

Ketika menawarkan produk, kemampuan lain yang harus dimiliki canvasser adalah bernegosiasi kepada calon pembeli. Dalam proses tersebut, calon pembeli bisa saja menawar harga produk atau meminta keuntungan lain. Canvasser harus bisa menanggapinya dengan tepat sehingga bisa membuat kedua pihak saling menguntungkan.

Baca juga: Struktur Teks Negosiasi dan Contohnya!

Kemampuan Berkomunikasi

Dalam menjalankan tugasnya, seorang canvasser juga perlu memiliki kemampuan berkomunikasi. Kemampuan ini berguna agar canvasser dapat melakukan persuasi kepada calon pembeli sehingga mau mempertimbangkan produk. Cara mengasah kemampuan berkomunikasi adalah dengan latihan sebanyak mungkin.

Tugas dan Tanggung Jawab Canvasser

Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui tugas sekaligus tanggung jawab dari seorang canvasser. Apa saja hal yang harus dilakukan canvasser?

Melakukan Penjualan Melalui Berbagai Media

Tugas canvasser adalah melakukan penjualan produk. Metode canvasser adalah sangat beragam, mulai dari mendatangi rumah calon pembeli, menawarkan lewat telepon dan email, dan sebagainya. 

Mengikuti Event Perusahaan

Canvasser juga diwajibkan untuk menghadiri event yang diadakan perusahaan. Tujuannya supaya dapat menawarkan produk kepada peserta event yang hadir. Kesempatan ini menjadi peluang bagi canvasser untuk meningkatkan volume penjualan.

Menghubungi Pelanggan

Canvasser sebisa mungkin menghubungi pelanggan secara berkala. Hal ini dilakukan untuk menyampaikan informasi penjualan, misalnya program promosi yang sedang berlangsung. Melalui tindakan tersebut, pelanggan bisa melakukan pembelian.

Menjalin Hubungan Baik

Seorang canvasser wajib menjaga hubungan baik dengan orang lain. Baik sebelum melakukan promosi penjualan maupun setelahnya. Dengan demikian, canvasser memiliki lebih banyak peluang untuk memperkenalkan produk serta membuat pelanggan tidak beralih ke produk lain.

Jadi, kehadiran sales canvasser adalah penting di sebuah perusahaan. Canvasser menjadi ujung tombak pemasaran yang melakukan penawaran produk secara aktif. Namun, untuk mencapai hasil yang optimal, canvasser wajib memiliki kualifikasi yang memadai. Dengan kemampuan yang dimiliki, canvasser akan dapat mendorong pembelian secara optimal.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]