Auto Lending Tak Terpotong Penuh Sesuai Bid? Ini Penjelasannya

0
1339
fitur auto lending akseleran

Sobat Akseleran tentu sudah familiar dengan fitur memberikan pinjaman otomatis, Auto Lending. Fitur ini memudahkan Sobat mencari peluang pinjaman yang sesuai dengan preferensi tanpa harus menghabiskan waktu. 

Berkaitan dengan fitur Auto Lending ini, salah satu pertanyaan yang sering masuk ke Akseleran adalah mengapa Auto Lending tidak secara penuh memotong dana sesuai bid yang dipasang? Apakah Sobat Akseleran juga punya pengalaman serupa? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Dana yang terdebit kemungkinan akan diprorata dan nominalnya tidak sesuai dengan bid pinjaman (atau kurang dari Rp100 ribu) apabila ada lender lainnya yang mengaktifkan Auto Lending dengan preferensi sama (contoh: syarat rating kredit yang sama) dan jumlahnya melebihi pinjaman yang diperlukan.

Misalnya, lender A mengaktifkan Auto Lending dengan nilai bid per pinjaman Rp100 ribu dan kriteria pinjaman rating B+. Lalu, ada kampanye pinjaman baru yang memenuhi kriteria lender A, yaitu memiliki rating kredit B+ dengan jumlah pinjaman sebesar Rp300 juta. Berapa jumlah pinjaman yang dilakukan melalui Auto Lending? Ada dua alternatif kejadian yang bisa terjadi.

Alternatif pertama, jika ada seribu lender dengan kriteria Auto Lending yang sama dengan lender A (rating kredit B+), maka total potensi pendanaan seharusnya 1.000 x Rp100.000 = Rp100.000.000.000.

Karena total pinjamannya Rp300 juta, maka Auto Lending akan mendebit penuh dana lender A, sesuai bid yang dipasang.

Alternatif kedua, jika ada sepuluh ribu lender dengan kriteria serupa yang memasang bid pinjaman Rp100.000, maka potensi pendanaan di kampanye ini sebesar Rp1 miliar. 

Karena total pinjamannya (dana terdebit) sebesar Rp300 juta, maka akan ada prorata untuk tiap lender sebesar 30% yang berasal dari pembagian Rp300 juta dengan Rp1 miliar. Nah, ketika ini diturunkan untuk pendebitan dana lender A, maka dana yang terpotong untuk Auto Lending sebesar 30% x Rp100.000 = Rp30.000. 

Untuk memperbesar nilai yang terdebit jika terjadi pendebitan secara prorata, Sobat dapat memasang beberapa Auto Lending (maksimal tiga) dengan kriteria yang berbeda. Dengan begitu, dana kamu akan lebih tersebar dan peluang untuk mendanai melalui Auto Lending pun lebih banyak. Jangan lupa mengatur kriteria pendanaan, sesuai dengan kemampuan dan profil risiko Sobat.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]