Asal Usul Perkembangan E-Commerce

0
642
Asal Usul Perjalanan E-Commerce

Siapa yang tidak pernah berbelanja online melalui e-commerce? Di zaman yang modern ini rasanya semua orang pernah memanfaatkan teknologi tersebut. Pasalnya, sistem perdagangan online ini sangat membantu untuk mempermudah dan mempercepat proses. Namun bagaimana awal mula perjalanan e-commerce?

Seperti yang kita tahu, e-commerce (electronic commerce) membutuhkan internet, karena itu perkembangan e-commerce dibarengi dengan perkembangan internet. E-commerce pertama kali dilakukan dengan memanfaatkan primitive computer network, yaitu EDI (Electronic Data Incharge) yang bisa mengirimkan dokumen antar mesin yang ada pada perusahaan lain dan pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 1969 – 1970an.

Di Indonesia sendiri, perkembangan e-commerce diawali dengan kehadiran IndoNet sebagai Internet Service Provider di Indonesia. Hal inilah yang menjadi cikal bakal digitalisasi di Indonesia, salah satunya dalam bidang e-commerce. Pada 1996, muncullah Dyviacom Intrabumi atau D-Net yang dianggap sebagai perintis jual-beli online di Indonesia.

Pada awalnya sistem belanja online hanya menampilkan produk tanpa transaksi pembayaran, sehingga pembeli dan penjual tetap harus bertatap muka untuk melakukan proses jual-beli atau dikenal dengan COD (Cash On Delivery). Seiring berkembangnya kemajuan teknologi, hadirlah toko online di media sosial dan forum jual-beli yang akhirnya menjadi awal mula dari kehadiran e-commerce di Indonesia.

Sejak 2010, satu per satu e-commerce buatan Indonesia mulai bermunculan. Hingga akhirnya sekarang e-commerce menjadi kebutuhan bagi masyarakat Indonesia, baik sebagai konsumen maupun penyedia jasa.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut