Apa yang Harus Dilakukan Jika Terkena PHK?

0
103
Apa yang Harus Dilakukan Jika Terkena PHK?

Tahun ini menjadi tahun yang berat bagi beberapa perusahaan di Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, belakangan ini banyak perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya. Faktor yang menyebabkan hal ini pun beragam, entah karena pendanaannya terhenti, dampak pandemi COVID-19, maupun alasan lainnya. Badai PHK ini menerpa banyak sektor usaha, baik dalam negeri, luar negeri, startup, maupun perusahaan besar. Lalu apa yang harus dilakukan jika PHK menimpa dirimu?

Hitung Aset dan Cicilan

Jika gaji adalah pemasukan utama dan satu-satunya, hal pertama yang harus kamu lakukan setelah mendapat kabar bahwa kamu di PHK adalah menghitung aset yang kamu miliki, mulai dari gaji terakhir yang diterima, dana darurat, sampai pesangon yang didapat. Dari total aset yang dimiliki dan pengeluaran tiap bulannya, cobalah hitung berapa lama kamu bisa bertahan secara finansial selama kamu tidak memiliki pemasukan. Selanjutnya hitung cicilan atau tagihan yang kamu miliki dan buat skala prioritas untuk pengeluaran bulanan agar keuangan terkontrol.

Pikirkan Skenario Terburuk

Bayangkan berapa lama kamu akan bertahan tanpa pekerjaan dan seberapa bertahannya keuanganmu untuk memenuhi kebutuhan hidup. Mungkin saja kamu akan sulit mencari pekerjaan dalam waktu dekat atau uangmu akan habis dalam beberapa bulan ke depan. Rencanakan segala hal jika hal terburuk itu datang. Pikirkan juga apa yang akan kamu lakukan. Mungkin kamu akan menjual beberapa aset untuk bertahan, atau meminta pinjaman ke saudara atau teman. Hal ini perlu dilakukan, sebab kamu tak akan tahu dengan apa yang akan terjadi kemudian hari.

Pangkas Pengeluaran

Di masa krisis, jangan menunggu terlalu lama untuk menyesuaikan gaya hidup. Segera pangkas pengeluaran yang bukan prioritas seperti layanan TV digital, atau kebutuhan sekunder lainnya. Jika kamu tak punya dana darurat, terapkanlah gaya hidup sederhana. Alokasikan uang yang kamu punya hanya untuk kebutuhan dasar, seperti makan hingga biaya sewa tempat tinggal.

Cari Pemasukan Tambahan

Disamping mencari pekerjaan baru, pikirkan alternatif lain dalam berkarir selain bekerja pada sebuah perusahaan. Misalnya kamu bisa mencoba mencari pekerjaan freelance sesuai dengan skill yang dimiliki, atau memulai usaha yang minim modal seperti menjadi dropshipper.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut