Apa Kabar Saham Otomotif dan Properti?

0
135
Ilustrasi industri otomotif

Pasca-Penurunan Suku Bunga Bank Indonesia (BI)

Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan (BI rate) sebesar 25 bps menjadi 3,5% pada 18 Februari 2021. Angka ini merupakan yang terendah sepanjang sejarah. Penurunan BI rate ditambah kebijakan DP 0%, merupakan stimulus positif bagi perekonomian nasional, termasuk pasar modal. Apa saja sektor yang berpeluang positif di bursa saham dengan adanya penurunan BI rate?

Pengamat pasar modal sekaligus Direktur Avere Investama Teguh Hidayat kepada Akseleran mengungkapkan, penurunan BI rate harapannya akan berdampak pada penurunan bunga kredit. Dengan begitu, masyarakat lebih berani untuk kembali mengajukan kredit usaha maupun kredit kendaraan bermotor atau properti. 

Sebagaimana diketahui, sektor properti maupun otomotif mengalami kelesuan sepanjang 2020 karena terdampak pandemi covid-19. Stimulus suku bunga dan DP 0% bisa memberikan angin segar bagi industri tersebut. 

“Hanya saja, kuncinya tetap di daya beli masyarakat. Tetap berpeluang untuk pulih tapi akan butuh waktu. Ketika bunga turun, pengusaha berani bikin pabrik dan mengembangkan usaha lagi. Lalu masyarakat yang di-PHK kembali bekerja, daya beli kembali meningkat,” papar Teguh.

Di lantai bursa, peluang hijau bagi saham-saham otomotif maupun properti pun terbuka untuk jangka panjang. 

“Secara sentimen positif mendukung. Kebijakan BI sudah tepat, tinggal menunggu efek yang perlu waktu. Sambil tetap kembali lagi harus lihat kinerja keuangan emitennya bagaimana. Di 2020, misalnya, emiten otomotif banyak yang kinerjanya turun, bahkan ada yang merugi,” kata Teguh.

Teguh mengingatkan agar investor lebih bersabar sambil menunggu kinerja keuangan para emiten di sektor otomotif maupun properti pada bulan-bulan mendatang. 

“Kalau kita melihatnya setahun ke depan, memang sekarang waktunya mencicil dulu. Jangan beli sekaligus. Misalkan, punya modal untuk membeli saham Rp10 juta, digunakan separuhnya saja dulu untuk investasi ke saham otomotif atau properti. Sisanya nanti lihat perkembangan,” jelas Teguh.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]