Apa Itu Subsidi: Definisi, Jenis hingga Dampaknya

0
4013
Subsidi Adalah

Kerap disamakan dengan bantuan, subsidi adalah istilah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Subsidi diberikan dalam berbagai bentuk dan memberikan dampak yang cukup besar bagi penerimanya. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan subsidi?

Untuk memahami lebih jauh tentang subsidi, jenis serta dampaknya bagi masyarakat, simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Pengertian Subsidi

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), subsidi adalah bentuk bantuan dalam berbagai bentuk (baik uang maupun lainnya) yang diberikan kepada masyarakat, yayasan, perkumpulan dan lain sebagainya. Subsidi biasanya berasal dari pemerintah.

Sementara itu menurut Investopedia, subsidi merupakan manfaat yang diberikan kepada individu, lembaga, atau bisnis yang umumnya berasal dari pemerintah. Bentuknya bisa bermacam-macam baik secara langsung (contohnya BLT/Bantuan Langsung Tunai) atau tidak langsung (seperti BBM dan gas bersubsidi).

Milon H. Spencer dan Orley M. Amos Jr dalam bukunya Contemporary Economics menyebutkan bahwa subsidi merupakan bentuk pembayaran tunai yang diberikan oleh pemerintah kepada badan usaha atau rumah tangga dengan maksud untuk mencapai tujuan.

Subsidi diberikan dengan tujuan untuk mengurangi beberapa jenis beban dan seringkali dianggap sebagai kepentingan umum. Subsidi pemerintah biasanya merupakan bagian dari kebijakan ekonomi di negara tersebut.

Jenis-jenis Subsidi

Subsidi biasanya diberikan untuk mendukung sektor-sektor tertentu dari ekonomi suatu negara. Subsidi dapat membantu industri yang sedang berjuang dengan menurunkan beban yang mereka miliki. Lewat dukungan ini diharapkan kondisi keuangan usaha tersebut akan membaik dan mendorong perkembangan baru. Ada beberapa jenis subsidi yang perlu Anda ketahui yakni:

Subsidi Langsung dan Tidak Langsung

Subsidi langsung adalah subsidi yang melibatkan pembayaran dana aktual kepada individu, kelompok atau industri tertentu. Sementara subsidi tidak langsung biasanya berbentuk kebijakan menurunkan harga baik barang maupun jasa kepada seluruh masyarakat. Lewat subsidi tidak langsung, masyarakat bisa memperoleh produk atau layanan tertentu dengan nilai kurang dari harga pasar yang sebenarnya. Contoh subsidi tidak langsung ini adalah pemberian keringanan pajak atau adanya BBM dan gas bersubsidi yang disediakan oleh pemerintah.

Subsidi Pemerintah

Ada banyak bentuk subsidi yang diberikan oleh pemerintah di berbagai belahan dunia. Di luar negeri misalnya, ada subsidi yang diberikan untuk mendukung kesejahteraan dan untuk tunjangan pengangguran. Contoh subsidi lain adalah subsidi suku bunga untuk pinjaman mahasiswa. Adanya subsidi ini bertujuan mendorong masyarakat untuk melanjutkan pendidikan.

Di Indonesia, bentuk subsidi pemerintah juga cukup beragam. Beberapa contoh subsidi langsung pemerintah adalah:

  • BLT (Bantuan Langsung Tunai)
  • Subsidi langsung seperti BPUM (BLT untuk pelaku UMKM)
  • Paket sembako bansos
  • Subsidi Kartu Indonesia Pintar
  • Kartu Indonesia Sehat.

Sementara itu subsidi tidak langsung yang diberikan pemerintah contohnya adalah:

  • Subsidi BBM dan gas 3 kilogram
  • Subsidi pajak bagi para pelaku industri
  • Subsidi KPR rumah
  • Untuk sektor pertanian ada subsidi benih dan pupuk
  • Insentif untuk tagihan listrik dan masih banyak lagi.

Baca juga: Kegiatan Konsumsi: Pengertian, Contoh, dan Ciri-Cirinya

Dampak Subsidi 

Secara umum, pemberian subsidi oleh pemerintah dilakukan untuk menjaga daya beli masyarakat serta menjaga harga pasar agar tetap stabil. Adanya subsidi mampu membantu harga produk barang maupun jasa turun ke harga normal. Bagi masyarakat miskin, adanya subsidi akan membantu mereka tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sedangkan bagi para pelaku usaha, petani maupun pelaku industri lainnya, adanya subsidi bisa memberikan sejumlah dampak positif antara lain:

  • Membantu mendorong peningkatan produktivitas
  • Mendorong harga yang lebih kompetitif bagi sektor ekspor dan impor baik produk barang maupun jasa
  • Membantu mencegah kebangkrutan dengan membantu perusahaan menutupi kerugian yang dialami.

Selama pandemi berlangsung, pemerintah memberikan banyak sekali bentuk subsidi bagi kepada masyarakat umum maupun pelaku industri. Hal ini dilakukan agar sektor perekonomian kita terus berputar dan tidak terpuruk.

Itulah pengertian subsidi, jenis-jenis, dan manfaat subsidi bagi para penerimanya. Sebagai salah satu warga negara Indonesia, subsidi jenis apa saja yang sudah Anda nikmati?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]