Apa Itu Spending Triggers?

1
178
Apa Itu Spending Triggers?

Pernahkah kamu mendengar istilah Spending Triggers? Spending triggers merupakan sesuatu yang memicu kita untuk mengeluarkan uang atau berbelanja. Pemicu ini bisa saja terdiri tidak hanya dari satu hal saja, bisa jadi disebabkan oleh banyak hal. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa spending triggers masing-masing supaya bisa meminimalisir pengeluaran yang tidak terlalu penting dan bisa menahan diri saat kamu terpicu untuk membeli sesuatu yang sebetulnya tidak dibutuhkan.

Pada dasarnya, spending triggers adalah emosi yang muncul dalam diri untuk mengeluarkan uang dan kamu tidak kuasa menahan emosi tersebut. Ketika kamu memutuskan untuk belanja karena emosi tersebut, kamu akan merasa puas, bisa lebih senang atau bahkan lebih sedih. Lalu apa saja jenis-jenis spending triggers?

1. Frustration Spending

Saat kamu suka belanja online karena kemudahan yang ditawarkan seperti tidak perlu mengantri, ataupun mendapatkan harga lebih murah, itu berarti kamu terpicu karena rasa frustasi saat belanja langsung di toko. Hal seperti ini tanpa terasa bisa membuat kamu membeli sesuatu lebih banyak karena diskon dan kemudahan yang ditawarkan.

2. Guilt Spending

Biasanya guilt spending banyak dilakukan oleh orang tua yang tak punya banyak waktu untuk anaknya. Sebagai salah satu bentuk perhatian dan kasih sayangnya, ketika sang anak meminta dibelikan apapun, orang tua pasti membelikan tanpa peduli apakah hal tersebut berlebihan karena mahal atau sebetulnya tidak dibutuhkan oleh anaknya.

3. Emotional Overspending

Spending trigger satu ini biasanya dipicu dari perasaan dalam diri kamu sendiri. Misalnya kamu belanja karena sedang sedih, bahagia, atau dengan alasan ‘self reward’. Kenyataannya, memang ada beberapa orang yang berbelanja untuk menumpahkan kesedihan atau kebahagiaan dalam dirinya.

4. Emptiness Spending

Pemicu berbelanja yang terakhir ini biasanya terjadi saat sedang WFH. Ketika kamu mulai merasa bosan, dan akhirnya memutuskan untuk membuka aplikasi belanja online. Di sana kebetulan kamu melihat barang yang sedang diskon dan akhirnya kamu beli barang tersebut. Padahal barang tersebut juga belum tentu kamu perlukan.

Itu lah tadi beberapa spending triggers yang harus kamu cermati. Jangan lupa untuk selalu memantau budget yang kamu miliki agar kamu tidak sampai memakai dana untuk keperluan lainnya.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.