10 Aktivitas yang dapat dilakukan Saat Liburan Sekolah

0
1381
Aktivitas liburan sekolah

Liburan sudah tiba. Anda perlu merencanakan aktivitas liburan sekolah yang seru dan bermanfaat untuk anak-anak. Padatnya aktivitas belajar membuat anak-anak perlu waktu untuk menyegarkan kembali semangat saat nanti mereka masuk sekolah.

Aktivitas mengisi liburan sekolah ada banyak macamnya. Orang tua perlu mengarahkan dan menemani anak-anak. Selain bermanfaat untuk anak, kegiatan yang baik juga mendorong perkembangan anak lebih positif dalam lingkup kehidupan sosial.

Rekomendasi Aktivitas Liburan Seru Bermanfaat

Cerita aktivitas selama liburan sekolah akan menjadi inspirasi baru bagi anak-anak. Bukan hanya saat anak harus bercerita di sekolah, tetapi secara individu anak-anak juga akan merasakan manfaatnya.

Apa saja rekomendasi aktivitas liburan sekolah yang seru, bermanfaat, hal baru, dan bernilai sosial bagi anak? Berikut ini di antaranya:

1. Berkebun

Bagi anak-anak yang setiap harinya sibuk dengan kegiatan belajar, orang tua yang bekerja setiap hari, maka aktivitas berkebun ini menjadi hal seru dan mungkin juga pengalaman baru.

Anda bisa mencoba menanam bunga, menanam sayur, menanam tanaman lainnya yang bisa melibatkan anak. Supaya lebih seru, Anda juga bisa memilih menanam di media lain selain tanah.

Misalnya mengajak anak mencoba menanam bunga dengan media air. Cara ini akan jadi pengalaman seru dan baru bagi anak-anak.

Budget biaya berkebun cukup murah. Anda hanya perlu membeli bibit atau tanaman. Tergantung jenis tanamannya. Bibit bunga misalnya kisaran harga mulai dari Rp30 ribu, tergantung ukuran dan jenisnya. Sedangkan benih bisa lebih murah. Misalnya benih bunga matahari harganya Rp25 ribu. 

Selain bibit atau benih, Anda butuh polybag dengan harga sekitar Rp10 ribu. Total biaya berkebun ini sudah cukup sekitar Rp100 ribu. Hemat dan produktif.

2. Memasak

Kegiatan selama liburan sekolah di rumah buat anak-anak wanita salah satunya belajar memasak. Sekilas aktivitas liburan sekolah ini seperti hal yang biasa dan sederhana, tetapi akan menjadi hal seru bagi anak-anak.

Apa makanan kesukaan anak? Nah, di liburan kali ini cobalah mengajak anak untuk membuatnya bersama. Anak akan menemukan pengalaman baru sekaligus seru.

Selain itu, aktivitas ini juga sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan anak. Keterampilan memasak menjadi hal yang bisa mereka pelajari sejak kecil.

Anggaran biaya memasak ini juga murah. Jika Anda ingin hemat, budget Rp100 ribu sudah cukup untuk mengajak anak masak.

Misalnya Anda akan membuat menu kesukaan si kecil nasi goreng seafood spesial. Maka bahan-bahannya:

  • Beras 1 kilogram Rp16 ribu.
  • Udang 1/4 kilogram Rp20 ribu.
  • Telur 3 butir Rp5 ribu.
  • Bawang merah Rp5 ribu.
  • Cabai Rp10 ribu.
  • Bawang putih Rp5 ribu.
  • Daun bawang dan tomat Rp5 ribu.
  • Daging ayam Rp20 ribu.
  • Kecap Rp5 ribu. 
  • Minyak goreng Rp10 ribu.
  • Total sekitar Rp100 ribu.

3. Menjelajah Alam

Aktivitas liburan sekolah selanjutnya ada hubungannya dengan aktivitas outdoor. Alam adalah tempat untuk belajar bagi siapa saja. Jika selama ini Anda selalu menghabiskan liburan di tempat-tempat modern yang ramai, sesekali cobalah mencari lokasi alam yang tepat untuk Anda dan anak-anak.

Salah satu contoh misalnya mendaki gunung. Nah, jenis gunungnya tentu saja yang sesuai dengan kemampuan anak. Gunung yang tidak terlalu tinggi dan cocok untuk pemula bisa Anda kunjungi.

Menjelajah alam ini bisa menjadi hal yang baru bagi anak, bermanfaat untuk pengalaman dan pengetahuan.

Budget menjelajah alam bisa lebih hemat dengan sewa alat menjelajah saja. Tenda, tas dan perlengkapan mendaki bisa Anda sewa kisaran ratusan ribu saja.

Estimasi biaya kalau Anda ingin mendaki gunung yakni:

  • Sewa alat mendaki lengkap sekitar Rp300 sampai Rp500 ribu.
  • Transportasi menuju ke lokasi basecamp pendakian Rp1 juta.
  • Biaya makan jika perjalanan mandiri sekitar Rp100 ribu per hari.

Total biaya mendaki ini per orang bisa lebih dari Rp1,9 juta. Jika akan menyewa porter, maka biaya bertambah lagi.

4. Acara di Taman Baca

Cara melakukan kegiatan selama libur atau tidak sekolah juga bisa Anda lakukan dengan beraktivitas di taman baca.

Saat ini banyak keluarga yang mengelola taman baca untuk lingkungannya. Nah, kalau misalnya Anda punya kegiatan ini, maka pada saat liburan Anda bisa membuat kegiatan terbuka bersama anak-anak di lingkungan.

Anda bisa sebagai inisiatornya dengan melibatkan anak Anda dan anak-anak di sekitar tempat tinggal. Ini adalah kegiatan yang bisa mengasah skill kehidupan sosial anak-anak.

Jika Anda tak memiliki aktivitas mengelola taman baca, Anda bisa mengajaknya di tempat lain. Saat ini banyak kegiatan taman baca untuk anak-anak yang bersifat edukatif. Selain mendapatkan pengetahuan tentang buku, anak-anak juga akan mendapatkan kenalan baru.

Secara biaya acara ini juga bisa gratis kalau Anda sekadar datang ke acara taman baca yang ada di lingkungan. Anda hanya butuh biaya transportasi saja. Konsumsi biasanya tersedia dari pihak pengelola kegiatan. 

Namun, jika ingin lebih nyaman, biaya yang Anda butuhkan kemungkinan menyiapkan peralatan tulis atau mewarnai bagi anak-anak. Berikut estimasinya:

  • Buku gambar Rp20 ribu.
  • Crayon warna anak Rp50 ribu.
  • Snack pribadi anak Rp50 ribu.
  • Transportasi bisa kendaraan sendiri atau naik kendaraan online sesuai jaraknya.

5. Membersihkan Rumah

Sekilas mungkin kegiatan ini terlihat membosankan, tetapi Anda bisa melakukannya dengan pola yang menarik.

Misalnya kegiatan hari ini membersihkan kamar. Nah, setelah kamar bersih, ajak anak membuat desain kamar tertentu yang mereka sukai. Cara ini akan membuat anak semangat membersihkan kamar sekaligus menjadi pengalaman seru dan bermanfaat bagi anak-anak. Biaya kegiatan ini pastinya gratis.

Oh ya, Anda bisa memberikan suasana baru pada kamar. Beberapa alternatifnya plus biayanya sebagai berikut:

  • Membeli boneka baru Rp50 ribu.
  • Sticker Rp50 ribu.
  • Rak buku Rp300 ribu.
  • dll

6. Mengunjungi Keluarga

Liburan hemat dan bermanfaat adalah dengan mengunjungi keluarga. Di mana lokasi keluarga yang jarang Anda kunjungi, maka Anda bisa datang ke sana.

Bagi anak-anak, mengunjungi keluarga kadang menyenangkan kadang juga membuat mereka bosan. Caranya Anda harus mencari hal-hal unik dan menarik di tempat yang akan Anda kunjungi tersebut.

Misalnya saat ke rumah paman di kampung kita akan memanen buah, memancing, atau bermain kelinci.

Di sini nantinya anak-anak akan menemukan pengalaman baru. Liburan akan bermanfaat bagi mereka karena juga sambil menjalin silaturahmi dengan keluarga yang jarang Anda kunjungi.

Soal biaya tergantung transportasi dan jarak tempat yang Anda kunjungi. Pilihlah lokasi yang dekat dan transportasi lebih hemat. 

Berikut ini perkiraan biayanya kalau Anda memilih cara ini untuk liburan:

  • Biaya transportasi, misalnya per orang Rp100 ribu.
  • Biaya membeli oleh-oleh keluarga Rp500 ribu.
  • Konsumsi di perjalanan Rp300 ribu.
  • Biaya makan selama di rumah keluarga Rp1 juta.
  • Memberi uang saku kepada anak keluarga Rp500 ribu.

Total estimasi budget: Rp2.400.000.

Jika Anda liburan bersama keluarga tentunya budget akan lebih besar, tetapi totalnya masih tetap lebih hemat ketimbang liburan ke tempat-tempat wisata keren di luar daerah.

Baca juga: Mengatur Keuangan Keluarga Setelah Lebaran: Tips Menabung Pasca Idul Fitri

7. Berkemah

Di antara 20 kegiatan positif saat liburan, berkemah menjadi salah satu yang recommended untuk Anda.

Kemah bersama keluarga adalah hal seru dan menyenangkan bagi anak. Lokasinya bisa di pantai, di tempat-tempat perkemahan, kebun, tempat wisata, dan lainnya.

Manfaat berkemah bagi anak selain sebagai pengalaman juga bisa meningkatkan kemandirian, mendekatkan hubungan dengan keluarga dan bisa belajar langsung di alam.

Kegiatan selama berkemah bisa Anda isi dengan masak bersama, membuat permainan, mendirikan tenda, membuat api unggun, santai bersama, dan lainnya. 

Berikut ini estimasi biaya jika ingin memilih berkemah untuk mengisi liburan:

  • Transportasi ke lokasi tempat kemah Rp200 ribu.
  • Biaya makan selama kemah Rp300 ribu.
  • Tiket masuk tempat wisata Rp50 ribu.
  • Mencoba wahana tertentu di tempat kemah Rp100 ribu.
  • Sewa tenda dan peralatan kemah jika tidak punya Rp350 ribu.

Total berkemah ini kisaran biayanya sekitar Rp1 juta. Tergantung kebutuhan kondisional Anda dan keluarga.

8. Belanja Buku

Mendidik anak untuk cinta buku adalah hal positif yang perlu Anda lakukan. Bagaimana caranya? Di waktu liburan Anda bisa mengajak anak belanja buku-buku yang mereka sukai.

Buku adalah benda yang akan bermanfaat bagi anak selama hidupnya. Membaca merupakan investasi pengetahuan sepanjang masa. Membelikan anak buku-buku adalah bagian dari cara Anda mendidik anak. Mereka akan tumbuh dengan ilmu pengetahuan.

Budget belanja buku ini tak terbatas. Minimal Rp100 ribu untuk satu jenis buku novel dengan ketebalan 300 halaman.

Harga buku saat ini bervariasi, tergantung kualitas dan usia buku. Belanja buku bekas lebih murah, mulai dari Rp5 ribu. Namun, kalau kamu ingin beli buku-buku baru berkualitas seperti novel misalnya, rata-rata minimal Rp75 ribu.

Ada juga harga buku di bawah Rp50 ribu. Buku tips, hobi, buku agama, dan lainnya. Buku anak premium minimal Rp 100 ribu. Ada juga kisaran Rp1 juta, Rp3 juta hingga Rp7 juta untuk buku premium standar luar negeri. Jadi, untuk buku ini budget Anda relatif ya. 

9. Membuat Konten

Trend membuat konten saat ini tidak hanya menarik bagi orang dewasa, anak-anak pun sudah bisa menikmati keseruan bikin konten.

Nah, di saat liburan Anda bisa mengajak anak membuat konten. Lokasinya bisa di rumah, di taman, di tempat wisata, di kebun, atau tempat-tempat lainnya yang sesuai dengan konten yang Anda buat. Libatkan anak sebagai pelaku dalam konten tersebut.

Budget membuat konten bisa gratis kalau Anda sudah punya peralatan lengkap. Nah, kalau Anda belum punya alat-alat, berikut ini minimal peralatan yang perlu Anda miliki:

  • Tripod hp standar Rp50 ribu.
  • Mikrofon wireless Rp150 ribu.
  • Gimbal stabilizer (jika ingin hasil konten lebih bagus dan stabil) Rp700 ribu.

Total estimasi budget: Rp900.000.

Nah, untuk peralatan ini bisa Anda sesuaikan dengan budget. Semakin mahal alat kualitasnya lebih unggul. 

10. Melakukan Hobi

Di musim liburan juga menjadi waktu yang tepat untuk memaksimalkan hobi. Apa hobi anak Anda? Semua bisa Anda maksimalkan di saat liburan.

Misalnya anak suka melukis, menggambar, menyanyi, olahraga, bermain permainan tertentu, dan lainnya maka di musim liburan aktivitas bisa seputar hobi tersebut.

Misalnya olahraga di tempat khusus, mengikuti kompetisi lomba melukis, belajar menggambar, les menyanyi, dan lainnya.

Kegiatan selama liburan sekolah di rumah dalam bahasa Inggris juga bisa Anda lakukan untuk meningkatkan skill anak. Biayanya cukup seharga buku bahasa Inggris anak yang bisa Anda gunakan untuk mengajar. Rata-rata harga buku yang bagus di atas Rp100 ribu. 

Kesimpulan

Aktivitas liburan sekolah bisa Anda isi dengan kegiatan yang seru, baru, bermanfaat, dan bernilai sosial. Liburan tak harus mahal karena sejak kecil saatnya Anda mendidik anak untuk mulai berinvestasi dengan menabung. Selamat berlibur.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].