Tips Gadai BPKB Mobil di Pegadaian

0
1528
Gadai BPKB Mobil di Pegadaian

Hampir semua orang pernah mengalami kejadian darurat yang membutuhkan dana kilat. Selain itu, terkadang ada saja keperluan mendadak yang mengharuskan Anda menguras isi kantong tanpa diduga. Apapun alasannya, mengetahui cara gadai BPKB mobil di pegadaian mungkin saja bisa menjadi wawasan yang sangat bermanfaat suatu saat.

Pada umumnya, pegadaian menerima semua jenis BPKB kendaraan pribadi dengan surat-surat yang lengkap. Adapun besaran pinjaman gadai yang bisa Anda peroleh sangat bergantung dari model dan harga beli kendaraan tersebut.

Besaran dana yang dipinjamkan biasanya tidak lebih dari 70% harga mobil. Namun, persentase tersebut berlaku untuk mobil keluaran baru dengan kondisi yang masih prima. Sebagai contoh, jika Anda menggadaikan mobil Xenia keluaran tahun 2019 dengan harga beli 150 juta, dana maksimal yang bisa Anda dapat adalah sekitar 100 jutaan.

Tips Gadai BPKB Mobil Ekstra Lancar

Sebelum gadai BPKB mobil di pegadaian, ada beberapa tips yang harus Anda baca dengan saksama, yaitu:

Lengkapi Persyaratannya

Persyaratan gadai mobil sejatinya cukup sederhana. Anda hanya perlu membawa BPKB dan STNK asli, serta KTP pemilik. Dengan kata lain, Anda perlu memberikan semua surat resmi kendaraan yang hendak digadai karena pihak pegadaian tidak mau menerima kendaraaan bodong atau kendaraan yang pajaknya sudah mati cukup lama.

Pegadaian juga bisa menerima kendaraan roda empat yang masih dikredit selama tenor angsuran sudah hampir habis dan pemilik menyetujui surat kesepakatan secara langsung di kantor pegadaian.

Jangan Menggadaikan Mobil di Sembarang Tempat

PT Pegadaian adalah tempat paling aman untuk mencari dana segar dengan cara menggadaikan BPKB mobil. Kantor resmi pegadaian dapat ditemukan di hampir semua kota besar di seluruh Indonesia. Oleh sebab itu, jangan mengambil risiko dengan menggadaikan barang Anda di sembaran tempat.

Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak semua kantor PT Pegadaian menerima kendaraan bermotor sebagai barang gadai. Hal ini biasanya disebabkan oleh keterbatasan tempat di cabang tersebut. Untungnya, kini cabang pegadaian bisa ditemukan dengan mudah di mana-mana sehingga Anda punya opsi untuk memilih cabang yang menerima gadai mobil.

Pahami Skema Kredit

Gadai BPKB mobil di pegadaian memang mudah; yang sulit adalah melunasi angsuran dana gadai setiap bulan. Untuk memastikan Anda mampu menanggung beban angsuran tersebut, pastikan Anda melakukan simulasi kredit terlebih dahulu. Anda bisa menemukan berbagai situs web yang menawarkan simulasi kredit gratis di Internet atau berkonsultasi langsung dengan pihak pegadaian.

Perhitungkan semua biaya yang perlu dikeluarkan, seperti biaya administrasi, materai, dll. Selain itu, tentukan juga tenor kredit yang paling realistis. Anda tentu ingin kendaraan yang digadai cepat lunas, tetapi tenor yang terlalu singkat justru bisa membuat Anda kelimpungan membayar angsuran.

Baca juga: Rincian Lengkap Biaya Balik Nama Motor

Pilih Produk Pegadaian yang Paling Tepat

Saat ini, Pegadaian memiliki sejumlah produk gadai untuk para kreditur. Asyiknya, BPKB mobil termasuk salah satu surat berharga yang bisa menjadi jaminan gadai untuk produk-produk tersebut. Beberapa produk yang sangat diminati adalah:

  • Arrum

Produk ini merupakan skema gadai berprinsip syariah yang seluruh prosesnya diambil dari fatwa dan kebijakan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Anda bisa mendapat dana maksimal hingga 200 juta dengan tenor maksimal 3 tahun. Produk ini pada dasarnya dibuat bagi para pengusaha yang membutuhkan modal.

  • Kreasi

Produk ini dapat dipakai untuk gadai BPKB mobil di pegadaian. Produk ini diluncurkan untuk membantu menambah modal para pengusaha baru. Namun, Anda sudah harus menjalankan bisnis minimal selama satu tahun untuk memakainya.

  • Rahn

Produk ini hanya dapat Anda temukan di cabang-cabang Pegadaian Syariah di seluruh Indonesia. Karena ditujukan untuk keperluan gadai perorangan, nilai gadai Rahn tidak terlalu tinggi, serta memiliki tenor cenderung singkat (hanya 4 bulan, tetapi bisa diperpanjang).

Kesimpulan

Berdasarkan tulisan di atas, dapat disimpulkan bahwa gadai BPKB mobil di pegadaian sebenarnya adalah proses yang cukup mudah. Anda hanya perlu cermat menghitung tenor dan besaran angsuran, memilih produk gadai yang paling pas, serta menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].