Cara Cepat dan Mudah Gadai BPKB Motor di Pegadaian

0
611
Gadai BPKB Motor

Gadai BPKB motor adalah praktik yang umum digunakan untuk memperoleh dana cepat untuk keadaan darurat atau menambah modal usaha. Mengingat besarnya jumlah pengguna sepeda motor di Indonesia, praktik gadai ini mungkin lebih populer daripada gadai barang lain, seperti emas atau BPKB mobil.

Terlepas dari tujuan Anda menggadaikan kendaraan, PT Pegadaian biasanya mau menerima gadai beragam model motor dari berbagai merek. Dengan kata lain, selama surat-suratnya masih lengkap dan kendaraan masih berfungsi baik, seharusnya tidak akan ada masalah selama proses pengajuan gadai meskipun motor Anda sudah cukup berumur.

Umumnya, nilai gadai motor berkisar mulai dari angka jutaan hingga belasan juta rupiah. Harga tersebut sangat bervariasi berdasarkan jenis dan tahun produksi motor. Namun, untuk gadai BPKB tanpa menyertakan unit motor secara langsung, besaran pinjamannya tentu lebih kecil, maksimal hanya sekitar Rp4.500.000 dengan masa tenor 2 tahun.

Syarat dan Cara Gadai BPKB Motor

Alur dan persyaratan gadai BPKB motor pada dasarnya cukup sederhana. Pada dasarnya dokumen yang diperlukan tidak lebih dari surat identitas dan bukti kepemilikan kendaraan. Inilah persyaratan dasar yang Anda butuhkan:

  • Warga negara Indonesia
  • Berusia di atas 20 tahun dengan batas maksimal 60 tahun
  • Memiliki penghasilan atau pekerjaan tetap minimal selama satu tahun
  • Mampu menunjukkan bukti-bukti asli kepemilikan kendaraan (dalam hal ini BPKB)

Setelah memenuhi persyaratan dasar, Anda akan diminta menyiapkan dokumen dan surat-surat yang dibutuhkan dalam proses gadai. Berikut adalah dokumen-dokumen tersebut:

  • Identitas asli, biasanya berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), SIM, atau identitas lain yang berlaku.
  • Kartu Keluarga. Anda biasanya diminta menyerahkan fotokopi, tetapi bawalah kartu asli untuk berjaga-jaga.
  • Surat kepemilikan kendaraan atau BPKB asli.
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang masih berlaku.

Saat mengajukan gadai ke kantor cabang pegadaian terdekat, Anda hanya perlu mengambil nomor antrian dan menunggu giliran dipanggil. Sampaikan maksud kedatangan Anda kepada petugas di loket, lalu tunggu sampai Anda diminta menandatangani surat perjanjian gadai di atas material. Proses ini biasanya cukup cepat dan dana akan langsung masuk saat itu juga ke rekening (Anda pun bisa meminta pinjaman dana secara tunai).

Baca juga: Akseleran Salurkan Pinjaman Usaha dari Pegadaian Rp300 Miliar

Jika Anda memutuskan untuk melakukan gadai unit kendaraan, juru taksir akan melakukan pemeriksaan kendaraan terlebih dahulu sebelum proses gadai dilakukan.

Jika diringkas, alur gadai BPKB/unit motor adalah:

  • Menyerahkan dokumen persyaratan
  • Mengisi formulir yang diberikan oleh petugas pegadaian
  • Melakukan penaksiran harga kendaraan apabila Anda menggadaikan unit motor
  • Menunggu pembuatan surat perjanjian gadai (biasanya sekitar 10 sampai 15 menit)
  • Menandatangani surat perjanjian gadai dan membayar biaya administrasi sesuai ketentuan
  • Selesai. Dana akan Anda terima saat itu juga, baik melalui rekening atau secara tunai.

Kisaran harga gadai BPKB motor sangat beragam. Namun, umumnya Anda dapat mengajukan pinjaman antara Rp2.000.000 hingga Rp4.500.000 dengan tenor 12, 16, atau 24 bulan. Konsultasikan hal ini dengan pihak pegadaian untuk mencari pilihan tenor yang paling pas dengan kemampuan Anda.

Mengenal Sistem Gadai Fidusa

Jika Anda hanya berniat menggadaikan BPKB tanpa menyerahkan unit motor, pakailah sistem fidusa agar kendaraan bisa tetap berada di tangan Anda tanpa perlu diserahkan ke kantor pegadaian.

Persyaratan dan alur pengajuannya mirip dengan sistem gadai barang biasa. Bedanya, Anda hanya perlu menyerahkan BPKB asli, fotokopi STNK, serta bukti pembelian kendaraan tanpa perlu memberikan kunci atau melakukan penaksiran unit motor.

Akan tetapi, penting untuk dicatat bahwa skema gadai ini umumnya hanya berlaku bagi para wirausahawan yang sudah menjalankan bisnis minimal selama 1 tahun. Pegadaian biasanya tidak memberikan opsi gadai fidusa secara perorangan. Namun, Anda bisa bertanya langsung ke kantor cabang pegadaian terdekat untuk mencari informasi lebih lanjut.

Kesimpulan

Dari artikel ini, dapat disimpulkan bahwa proses gadai BPKB motor ternyata cukup ringkas dan persyaratannya tidak terlalu rumit. Apabila Anda benar-benar membutuhkan dana darurat atau modal usaha dalam waktu singkat, memanfaatkan praktik gadai bisa jadi merupakan jalan keluar yang paling mudah dan aman.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]