7 Orang yang Belum Boleh Investasi

0
231
7 Orang yang Belum Boleh Investasi

Berinvestasi tentu hal yang menarik bagi kamu yang ingin merasakan cuan tambahan. Namun sebelum memulainya, sebaiknya kamu pastikan dulu apakah kamu termasuk orang yang sudah layak berinvestasi atau belum. Nah kondisi seperti apa yang membuat seseorang belum boleh investasi?

1.    Tidak punya modal

Untuk memulai investasi, kamu tentu harus memiliki modal terlebih dahulu. Besar kecilnya modal bisa disesuaikan dengan instrumen yang akan digunakan.

2.    Punya penghasilan yang pas-pasan

Jika tertarik untuk berinvestasi namun penghasilanmu sebetulnya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tunda lah terlebih dahulu keinginan tersebut. Pasalnya, kebutuhan utama adalah hal yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Untuk menyiasati hal ini, coba untuk menambah kapasitas pendapatan.

3.    Belum memiliki dana darurat

Saat ini kebanyakan orang ketika memiliki penghasilan langsung dialokasikan pada investasi. Padahal dana darurat adalah hal penting yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. Pastikan dana darurat mu aman, baru alokasikan budget untuk investasi.

4.    Belum ada proteksi

Proteksi diri minimal jaminan kesehatan perlu kamu miliki untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan. Pastikan kamu sudah menyisihkan penghasilanmu untuk proteksi diri terlebih dahulu.

5.    Belum tahu tujuan

Memulai berinvestasi memerlukan tujuan yang jelas, baik jangka pendek atau jangka panjang. Tentukan apa yang ingin kalian capai dari berinvestasi. Biasanya investor pemula tidak memiliki tujuan yang jelas dalam berinvestasi karena hanya ikut-ikutan namun tidak mengerti instrumen yang digunakan untuk berinvestasi

6.    Ingin kaya dengan instan

Kebanyakan orang berinvestasi karena dipandang bisa cepat kaya. Padahal untuk memiliki keuntungan yang berlipat tentu membutuhkan proses. Kenali terlebih dahulu jenis-jenis investasinya agar tidak salah pilih dan terjebak pada investasi yang salah.

7.    Tidak mau belajar lebih dalam seputar investasi

Terakhir, yang tidak kalah penting adalah memahami lebih dalam mengenai investasi. Dengan pengetahuan yang kamu miliki, kamu bisa menganalisis dengan matang kemungkinan keuntungan yang diperoleh dalam suatu periode beserta risiko yang mungkin terjadi sehingga terhindar dari kerugian.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut