Software Akuntansi: Pengertian, Keuntungan dan Fiturnya

1
150
Software Akuntansi

Seiring perkembangan zaman kemudahan adalah hal yang paling sering dicari oleh banyak orang. Tanpa terkecuali perusahaan-perusahaan besar yang mulai banyak memanfaatkan software akuntansi untuk mengoptimalkan kegiatan bisnisnya. Software akuntansi juga akan mempermudah proses perhitungan serta pembukuan perusahaan dengan lebih cepat, tepat dan akurat.

Karena itu, untuk kamu yang memiliki minat pada penggunaan software yang dapat mempermudah kegiatan kamu ini kita akan membahas mengenai apa itu, fitur, manfaat hingga rekomendasi dalam memilih dan yang paling cocok untuk kamu.

Apa Itu Software Akuntansi?

Software akuntansi adalah suatu perangkat sistem yang dibuat untuk mendukung kegiatan akuntansi berbasis modularitas yang saling terhubung dengan meliputi modul pembelian (account payable), penjualan (account receivable), buku besar hingga penggajian. Hal tersebut ini dikembangkan melalui berbagai cara baik itu dilakukan sendiri, oleh perusahaan maupun penggunaan pihak ketiga yang menyediakan layanan ini.

Salah satu tujuan software akuntansi adalah mempermudah penyusunan laporan akuntansi keuangan berupa neraca, cash flow, laporan laba rugi hingga laporan akhir. Software akuntansi ini bekerja secara real-time dari berbagai divisi yang saling terhubung satu sama lain. Contohnya juga kamu tidak lagi perlu menunggu untuk mendapatkan laporan laba rugi karena berbagai transaksi yang berjalan akan secara otomatis masuk dalam jurnal dan terus diperbarui.

Hal tersebutlah yang akan mempermudah segala proses pembukuan serta perhitungan akuntansi di perusahaan menjadi lebih mudah.

Keuntungan Penggunaan Software Akuntansi

  • Laporan keuangan adalah aspek paling penting dalam suatu perusahaan yang mana saat menggunakan software akuntansi akan semakin mempermudah pengerjaan laporan dalam waktu yang relatif lebih cepat.
  • Meminimalisir kesalahan dalam perhitungan.
  • Dapat memperbaiki kesalahan input hanya pada modul yang ditemukan saja tanpa harus mengulang semua perhitungan dari awal kembali.
  • Meningkatkan efisiensi serta produktivitas perusahaan karena proses akuntansi dapat berjalan otomatis.
  • Dapat memberikan data yang lebih tepat dan akurat sehingga dapat menentukan langkah yang lebih baik ke depannya.

Fitur-Fitur Software Akuntansi yang Wajib Dimiliki

Pastikan saat memilihnya harus sesuai dengan visi dan misi dari perusahaan. Selain itu, beberapa fitur di bawah ini juga bisa menjadi pertimbangan sebelum memilihnya.

Memiliki Fitur Laporan Keuangan

Fitur yang satu ini memang menjadi hal yang paling utama. Karena itu penting untuk memperhatikan software dalam melakukan proses akuntansi double entry dan akrual. Fitur lainnya yang penting yaitu laporan neraca yang mana untuk menganalisis kondisi keuangan, laporan laba rugi, perubahan modal, jurnal, arus kas hingga laporan buku besar.

Memiliki Fitur Manajemen Utang Piutang

Selain fitur di atas, fitur yang satu ini juga penting untuk mendukung kegiatan bisnis kamu. Adanya fitur ini juga akan mempermudah kamu mengontrol serta membuat laporan utang atau piutang dari pelanggan maupun supplier terkait kapan jatuh tempo yang harus dibayarkan.

Memiliki Fitur Purchasing

Purchasing adalah kegiatan yang tentunya selalu ada dalam setiap usaha maupun bisnis. Fitur yang satu ini akan membantu kamu untuk melihat status serta laporan transaksi seperti pembelian jatuh tempo, pelunasan dan lainnya. Tidak hanya itu, biasanya juga memiliki fitur dalam pembuatan faktur serta retur pembelian dan pengiriman pada supplier.

Memiliki Fitur Budgeting

Untuk kamu yang ingin mencatat segala laporan terkait budgeting baik itu membuat anggaran bersisa atau yang tidak bersisa tentunya penggunaan software akuntansi ini akan sangat berguna. 

Memiliki Fitur Financial Forecasting

Fitur terakhir yang satu ini adalah fitur yang terbilang cukup penting, Financial forecasting ini adalah fitur yang dapat membantu serta mengontrol keuangan dengan lebih baik, karena dapat menghilangkan biaya yang tidak perlu dan keuntungannya akhirnya menjadi lebih optimal.

Baca juga: Pentingnya Melakukan Analisis Transaksi dalam Akuntansi

Cara Terbaik Memilih Software Akuntansi 

Untuk memastikan pembukuan atau akuntansi pada perusahaan berjalan dengan benar dan tepat pastikan untuk memahami penggunaannya dengan mengetahui beberapa caranya di bawah ini:

Keamanan

Apapun pilihan softwarenya pastikan untuk menggunakan atau memilih software akuntansi yang memiliki keamanan data terbaik. Selain itu, tanyakan secara lebih detail mengenai keamanan data dari segala bentuk ancaman yang dapat mengancam keamanan datanya.

Kemudahan dalam Akses Data

Setiap software akuntansi tentunya memiliki berbagai macam tampilan sesuai dengan gaya serta ciri khasnya masing-masing. Sebagai pengguna tentunya kamu membutuhkan software yang mendukung kegiatan kamu agar lebih baik dan mudah dalam penggunaannya.

Customer Service yang Baik

Saat pertama kali dalam penggunaannya tentunya kamu membutuhkan tuntunan agar dapat menggunakannya dengan lebih optimal. Dengan adanya customer service yang baik tentunya akan mempermudah penggunaan software akuntansi tersebut.

Memiliki Fitur Backup Data

Selanjutnya adalah adanya fitur back up data, karena biasanya laporan keuangan akan lebih sering diakses dengan Microsoft Excel sehingga penting adanya software yang mendukung fitur export import untuk backup data.

Ingat! Sebelum menggunakan atau memilih software akuntansi pastikan untuk mencari tahu lebih dalam dari penggunaannya sehingga dapat digunakan secara optimal.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.