5 Tips Aman Menyewa Kendaraan saat Traveling

0
224
5 Tips Aman Menyewa Kendaraan saat Traveling

Ketika kita hendak merencanakan bepergian ke suatu tempat, terkadang kita perlu memanfaatkan jasa penyewaan kendaraan untuk mempermudah mobilitas. Baik bepergian di dalam atau di luar negeri, pemilihan transportasi menjadi salah satu aspek penting dalam perencanaan liburan. Jika kamu bepergian bersama keluarga, maka sewa mobil adalah pilihan yang cocok untuk mempermudah mobilitas mu. Namun tentunya kamu harus memperhatikan beberapa hak agar aktivitas sewa mobil yang kamu lakukan berjalan sesuai dengan rencana. Berikut beberapa tips aman dalam menyewa kendaraan saat traveling:

1.    Pilih kendaraan sesuai kebutuhan

Sebagai langkah awal, kamu bisa membuat anggaran untuk menyewa kendaraan di tempat tujuan. Kamu harus tentukan terlebih dahulu jenis mobil yang sesuai dan dapat mengakomodir kebutuhan mu seperti kapasitas penumpang, medan yang akan dilalui dan lain sebagainya.

2.    Pesan sebelum keberangkatan

Pesanlah kendaraan sebelum kamu berangkat ke tempat tujuan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari mendapat kendaraan sisa yang dalam kondisi kurang baik ataupun harga penyewaan yang kurang bersahabat. Oleh karenanya pesanlah beberapa hari lebih awal agar kamu memiliki pilihan kendaraan dengan kondisi yang prima dengan harga yang wajar.

3.    Cek kondisi kendaraan

Setelah kamu menerima kendaraan sewa, pastikan untuk mengecek kondisi mobil secara keseluruhan baik tampilan fisik dan non fisik, hal ini untuk menghindari masalah dengan pihak penyedia jasa. Misalnya jika kamu menemukan penyok atau baret sebelum penggunaan, sampaikanlah kepada penyedia jasa agar hal tersebut menjadi perhatian bersama.

4.    Periksa dokumen pendukung

Pastikan kamu selalu membawa SIM di dalam dompet. Jangan lupa memeriksa dokumen pendukung lainnya seperti STNK agar perjalananmu aman. Dokumen kecil seperti ini seringkali terlupakan ketika menyewa kendaraan.  

5.    Memiliki kunci ganda

Agar liburanmu tidak terganggu hal-hal yang tidak diinginkan, mintalah kunci ganda pada penyedia jasa sewa untuk meningkatkan pengamanan kendaraan. Tempat wisata kerap menjadi daerah yang rawan kejahatan, oleh karena itu sebaiknya kamu mencegahnya agar merasa tenang ketika meninggalkan kendaraan sewaan di tempat parkir wisata.

6.    Jangan tinggalkan barang berharga

Terakhir, jangan tinggalkan barang-barang berharga mu di dalam kendaraan agar terhindar dari tindak kejahatan. Tentu kamu tidak ingin kan liburanmu jadi kacau hanya karena lupa membawa barang berharga? Kamu bisa membawa barang-barang tersebut ketika kamu turun dari kendaraan ataupun dapat ditinggal di tempatmu menginap. Ingat, saat berlibur pun keselamatan dan keamanan lah yang terpenting.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut