5 Negara Termiskin di Dunia, Apa Saja?

0
534
5 Negara Termiskin di Dunia, Apa Saja?

Ada banyak faktor yang membuat suatu negara dikatakan sebagai negara termiskin di dunia. Bank Dunia sendiri mengklasifikasikan suatu negara sebagai negara miskin berdasarkan Gross National Income (GNI) atau Pendapatan Nasional Bruto (PNB) negara tersebut.

Mengutip World Population Review, ada beberapa negara yang mendapat predikat negara termiskin di dunia. Faktanya, kebanyakan dari negara ini terletak di benua Afrika. Lalu negara mana saja yang masuk ke dalam kategori negara termiskin di dunia?

1. Burundi

Burundi merupakan negara di Afrika Timur dengan jumiah penduduk sebanyak 11,89 juta pada 2020. Nilai PNB sekitar 270 dolar AS per kapita Sekitar 90 persen dari hampir 12 juta warganya bergantung pada pertanian.

2. Somalia

Negara yang juga terletak di kawasan Afrika ini memiliki penduduk sekitar 15,89 juta dan tumbuh 2,92 persen setiap tahunnya. Pertumbuhan penduduk yang cepat memberikan tekanan pada perawatan kesehatan yang buruk dan ketidakstabilan di negara itu. Nilai GNI nya sekitar 310 dolar AS per kapita.

3. Mozambik

Tingkat GNI Mozambik diketahui hanya sebesar 460 dolar AS per kapita. Negara di yang terletak di bagian tenggara Afrika ini memiliki tantangan untuk memastikan akses ke fasilitas kesehatan dan pendidikan warganya terpenuhi.

4. Madagaskar

Pertumbuhan penduduknya yang cepat tanpa diiringi dengan infrastruktur kesehatan dan pendidikan yang mumpuni membuat Madagaskar menjadi salah satu negara di Afrika yang cukup miskin. Bagaimana tidak, tingkat GNI Madagaskar saja hanya mencapai angka 480 dolar AS per kapita.

5. Sierra Leone

Sektor pertanian menyumbang sebanyak 58 persen dari PDB negara. Sementara itu, tingkat GNI negara di barat Afrika ini sekitar 490 dolar AS per kapita. Angka kelahiran yang tinggi menjadi penyebab tingkat pertumbuhan yang substansial di negara ini.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut